Bermimpi ingin melebarkan sayap bisnis hingga ke tingkat lebih tinggi di pasar Asia? Ya, setiap pengusaha harus memiliki mimpi untuk terus mengembangkan bisnisnya. Apalagi jika ingin ambil bagian di kancah pasar Asia. Terkadang, pengusaha juga mengambil kredit mikro dengan tujuan untuk melebarkan bisnis. Namun, tentunya, jika modalnya dari berhutang sudah ada resiko yang harus disiapkan seperti bunga dan pengembaliannya. Ada juga yang bertahap untuk mendapatkan modal guna mengembangkan bisnis hingga ke pasar Asia.

Lalu, strategi yang bagaimana yang bisa membuat pasar atau bisnis Anda sukses di kancah pasar Asia? Coba perhatikan strategi sederhana tapi efektif berikut ini.

Efisiensi bisnis

Jika Anda berniat untuk menembus pasar Asia, maka sudah tentu efesiensi bisnis harus dilakukan dari mulai pemasokan barang sampai dengan rantai distribusi. Jika semua itu dilakukan, maka modal perusahaan bisa dipangkas. Artinya, keuntungan bisa lebih banyak lagi. Menurut riset yang dilakukan pada November 2013 oleh Atradius Payment Practices Barometer menyatakan bahwa lebih dari separuh dari responden yang disurvei, yang berada di Hong Kong, Singapura, Taiwan, India serta Indonesia mengatakan bahwa cash flow sudah menjadi masalah terbesar guna meningkatkan profit serta memperbaiki produktivitas.

Setiap pengusaha yang ingin terjun ke pasar Asia memang harus memiliki pandangan yang jeli serta pemikiran yang terbuka untuk mencoba metode pendekatan lain yang lebih baik dalam mengukur tingkat efisiensi bisnis. Ketika bisnis dapat berjalan efisien, maka produktivitas akan meningkat. Cobalah bergabung ke dalam komunitas bisnis atau bertanya kepada mereka yang sudah terjun ke bisnis Asia tentang bagaimana cara meningkatkan efisiensi bisnis untuk memangkas modal.

Menentukan jaringan bisnis dengan melihat karakteristik pasar

Pasar Asia, memang terlihat sepintas memiliki kesamaan. Namun, pasar Asia juga memiliki karakteristik yang tidak sama antara satu tempat dengan tempat yang lain. Hal ini bisa dilihat dari minat pasar terhadap barang tertentu, regulasi pasar yang dituju, bahkan sampai pada kebutuhan operasional yang bisa juga berbeda. Oleh sebab itu, membuat jaringan bisnis yang efisien dan baik itu penting karena dapat membantu Anda mengenal lebih dalam tentang minat pasar di masing-masing tempat.

Sebuah riset mungkin diperlukan guna memetakan pasar seperti dari sisi kebudayaan, minat, pertumbuhan ekonomi, daya beli konsumen dan lain sebagainya termasuk juga melihat jumlah pesaing yang ada di pasar yang akan dituju. Riset seperti ini penting untuk melihat potensi bisnis. Jika riset menunjukkan positif, maka Anda bisa lebih antusias lagi untuk meningkatkan kualitas produk bahkan modifikasi produk juga perlu agar pasar dapat menerimanya.

Teknologi pembayaran

Strategi ini penting untuk dilakukan. Saat ini, kecepatan transaksi bagi pengusaha apalagi jika usaha tersebut menembus pasar Asia atau internasional, maka kecepatan transaksi sudah menjadi kebutuhan wajib. Sebelumnya, transaksi dilakukan secara manual atau konvensional. Namun, saat ini, sudah ada banyak teknologi yang mendukung akses transaksi yang cepat seperti sistem pembayaran online dengan menggunakan internet atau perangkat mobile.

Oleh sebab itu, pengusaha harus melek teknologi terkini sehingga segala hal bentuk teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung bisnis bisa dikuasai. Maka, kecepatan transaksi atau sistem pembayaran termasuk juga sistem penukaran mata uang asing bisa dilakukan secara cepat. Ada teknologi perbankan yang bisa digunakan baik untuk transaksi maupun untuk proses konversi mata uang asing secara otomatis. Sehingga, pihak konsumen di luar Indonesia bisa membayar dengan mata uang mereka kemudian yang masuk di rekening Anda adalah mata uang rupiah.

Jika Anda lebih suka menggunakan fasilitas pembayaran online seperti PayPal, maka sudah seharusnya Anda dan konsumen paham tentang sistem pembayaran online ini. Tentunya, semua tergantung dari kesepakatan bersama tentang metode transaksi mana yang akan digunakan. Pastikan bahwa baik Anda dan konsumen menggunakan metode pembayaran yang mudah dan tidak berbelit serta menguasai bagaimana melakukan transaksi secara online.

Dengan begitu, target untuk menembus pasar Asia bisa dicapai dalam kurun waktu yang tidak lama. Anda juga tidak membutuhkan banyak dana untuk melaksanakan strategi ini sehingga kredit mikro yang ditawarkan kepada Anda bisa saja tidak terpakai. Sebaiknya, strategi yang disebut disini dibahas kembali dengan orang-orang yang terlibat dalam bisnis agar .


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.