9 hal yang Wajib Anda Tahu Mengenai Dunia Penjualan – Menjual adalah hasil akhir yang didapatkan melalui beberapa proses. Sebuah proses biasanya bisa berlangsung secara cepat, maupun secara lambat.

Semakin besar kesepakatan yang dibuat, maka semakin lama waktu yang dibutuhkan dan semakin banyak rintangan yang harus Anda lalui.

Baca Juga: 7 Cara Memasarkan Bisnis Anda Tanpa Perlu Modal Besar

Sebagian orang menganggap pekerjaan menjual adalah pekerjaan tersulit yang ada, karena Anda dituntut untuk mampu meyakini orang dalam membuat pilihan yang diinginkan.

Untuk menjadi seorang penjual yang handal bahkan ada ribuan buku yang mengajarkan “cara menjual” dan kursus pelatihan yang tersedia di mana-mana di seluruh dunia.

Baca Juga: 7 Hal yang Wajib Dilakukan Dari Sekarang Jika Anda Ingin Menjadi Milyarder

Namun, terlepas dari semua hal tersebut sesungguhnya semua yang perlu Anda ketahui tentang penjualan benar-benar bermuara pada aturan sederhana berikut ini:

9 hal yang Wajib Anda Tahu Mengenai Dunia Penjualan

1. Mengkhususkan Diri Dalam Menjual Satu Hal

ekspansi bisnis

Gagasan bahwa seorang penjual yang hebat dapat menjual sesuatu kepada siapa pun sama bodohnya dengan gagasan bahwa musisi virtuoso dapat memainkan instrumen apa pun.

Baca Juga: Penting Untuk Diketahui, Ini 4 Tipe Bisnis yang Memiliki Masa Depan Cerah

Semakin Anda mengkhususkan diri dalam hal produk, layanan, dan industri, semakin besar kemungkinan Anda berhasil menjual.

Dengan mengkhususkan diri menjual satu hal saja akan membuat Anda menjadi seorang penjual yang handal, karena tentunya product knowledge yang dimiliki sudah sangat luas.

2. Menciptakan Daftar Prospek Pelanggan Anda

mencatat pengeluaran

Saat Anda menjual, hal terakhir yang Anda inginkan atau butuhkan adalah daftar besar prospek pelanggan.

Baca Juga: Mau Membuat Feedback Negatif Menjadi Profit? Baca Tips Berikut!

Anda hanya ingin menghabiskan waktu pada prospek yang mungkin akan membeli. Karena itu, semakin ketat daftar target Anda, semakin besar kemungkinan Anda akan menemukan seseorang yang benar-benar tertarik.

3. Lakukan Penelitian Terlebih Dahulu

mengembangkan bisnis online - riset pasar

Jangan pernah menghubungi calon pelanggan sebelum Anda memeriksa profil LinkedIn orang tersebut, meneliti perusahaan, industrinya, dan menemukan setidaknya satu alasan bagus mengapa calon pelanggan harus berbicara dengan Anda, hari ini.

4. Percakapan

Tips Keuangan Untuk Anak Millennial: Mempersiapkan Keuangan di Masa Depan

Tujuan awal Anda bukan untuk menjual tapi untuk masuk ke percakapan dan mengetahui apakah prospek dapat menjadi calon pelanggan.

Baca Juga: Hindari Bermain Aman, Ini 4 Hal yang Harus Dihindari dalam Mengembangkan Bisnis

Proses percakapan juga menjadi masa pengenalan dan mengenali si calon prospek. Semakin banyak informasi yang bisa didapatkan, semakin mudah Anda menjual produk yang tentunya dikaitkan dengan apa yang menjadi permasalahan prospek.

Biasanya setelah melakukan percakapan, Anda akan dengan mudah menemukan permasalahan apa yang sedang dialami oleh calon pelanggan, dan bisa Anda atasi.

5. Jadilah Seseorang, Bukan Wiraniaga

Tips Mendapatkan Penghasilan Tambahan - Dengan tuntutan hidup sekarang, dimana semua harga menjadi serba mahal maka sudah seharusnya jika Anda mampu mencari sumber pendapatan tambahan. - freelancer

Sama sekali tidak ada yang salah dengan menjual untuk mencari nafkah atau harus menjual agar perusahaan Anda atau Anda menjadi sukses.

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa Sebaiknya Anda Tidak Memberikan Diskon Terlalu Berlebihan

Namun, kebanyakan orang tidak menyukai perilaku apa pun yang berbau ruang pamer. Jadilah diri sendiri, tawarkan produk atau jasa yang Anda jual secara tulus tanpa terfokus kepada uang yang didapatkan.

6. Memenuhi Prospek Dengan Cepat

menciptakan portofolio investasi

Saat Anda masuk ke percakapan, tujuan Anda adalah untuk mengetahui apakah prospek itu memiliki kebutuhan akan penawaran Anda dan uang untuk membelinya.

Baca Juga: Apa Itu Platform eCommerce dan Fungsinya?

Jika tidak, hilangkan prospek itu dari daftar Anda. Jangan membuang waktu Anda terlalu lama dengan orang yang salah.

7. Fokus Pada Pelanggan

instant delivery - pengiriman cepat

Ketika Anda menilai kebutuhan apa yang paling penting, selalu berfokuslah kepada kebutuhan dari calon pelanggan Anda.

Baca Juga: Ingin Bisnis Semakin Menguntungkan? Lakukan 5 Tips Ini Agar Penjualan Bisnis Online Meningkat

Tugas Anda adalah membantu calon pelanggan memenuhi kebutuhan tersebut. Ingat, jangan berfokus kepada kebutuhan Anda, namun berfokuslah kepada kebutuhan calon pelanggan dan ciptakan solusi dengan tulus.

Dengan melakukan ini, orang tidak akan merasa bahwa Anda sedang menjual, mereka akan menganggap Anda sebagai pemilik solusi atas masalahnya.

8. Beradaptasi Dengan Proses Pembelian

Gunakan Cicilan Kartu Kredit 0% Tenor 3 Bulan, 6 Bulan Atau 12 Bulan.

Menjual bukanlah sesuatu yang dapat Anda lakukan terhadap pelanggan. Ini adalah sesuatu yang Anda lakukan untuk pelanggan.

Baca Juga: 7 Tips Promosi Jitu Khas Anak Muda, Supaya Bisnis Online Anda Menjadi Terkenal!

Hal ini berarti memahami bagaimana pelanggan membeli barang yang Anda jual dan memberikan bantuan sesuai kebutuhan untuk melakukan pembelian.

9. Membangun Hubungan Jangka Panjang

profit - keuntungan investasi - keuntungan bisnis

Satu-satunya cara untuk membuat penjualan lebih mudah adalah dengan membangun lingkungan Anda, bukan hanya kontak tapi juga orang-orang yang telah Anda bantu secara pribadi menjadi lebih sukses.

Baca Juga: Tanpa Perlu Meminjam Ke Bank, 6 Cara Ini Dapat Membantu Anda Mendapatkan Modal Usaha

Dalam hal ini, menjual kepada orang yang merasa memiliki hubungan dekat dengan Anda akan sangat mudah dibandingkan menjual kepada orang yang tidak mengenal Anda.

Jadi, pastikan Anda membangun hubungan jangka panjang yang baik dengan banyak orang untuk dapat menopang penjualan di kemudian hari.

Nah, itu adalah 9 hal yang wajib Anda tahu mengenai dunia penjualan. Menjual adalah suatu tindakan yang mudah apabila dapat dilakukan secara tepat.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Bisnis Online Anda dapat Menguasai Teknik Pemasaran yang Tepat

Tunjukan ketulusan dan tonjolkan solusi kepada calon pelanggan jika Anda ingin penjualan yang dilakukan berhasil.

Semakin hebat Anda dalam melakukan 9 hal di atas, maka semakin banyak pula konsumen yang akan membeli produk atau jasa dari Anda.

Apabila kemudian Anda membutuhkan modal usaha guna pengembangan bisnis, Anda juga dapat mengajukan pinjaman melalui KoinWorks yang saat ini hadir sebagai platform P2P Lending yang telah terdaftar di OJK.

Baca Juga: Proses Pengajuan Pinjaman dan Tips Agar Pinjaman Bisnis Anda di KoinWorks Disetujui

KoinWorks dapat memberikan Anda pinjaman modal usaha secara mudah kapan saja dan dimana saja hingga Rp 500 juta, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Jangan pernah batasi kemajuan bisnis Anda dengan alasan keterbatasan modal. Mari ciptakan perkembangan bisnis yang lebih luar biasa lagi!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?