Ada banyak cara untuk mendapatkan dana untuk perusahaan Anda. Anda bisa mendapatkan dana baik dari dalam maupun luar negeri tergantung dari apa yang Anda inginkan. Tentu, sumber dana di dalam dan luar negeri bisa saja berbeda. Sebelumnya, Anda sudah harus menentukan investasi yang paling menguntungkan sebelum mencari sumber dana. Jika Anda sudah yakin dengan ide bisnis yang Anda jalankan bahkan bisa saja Anda memiliki toko online atau bisnis startup yang sangat layak mendapatkan dana asing.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan sumber dana di luar negeri.

Investor asing

Tidak jauh berbeda dengan sumber dana pada umumnya. Ketika Anda ada di luar negeri dan ingin mendapatkan sumber dana, maka yang perlu Anda perhatikan adalah sikap dari investor tersebut. Tidak semua investor benar-benar memperhatikan bisnis yang Anda jalankan. Investor apalagi investor asing akan lebih teliti dalam melihat dan menilai perusahaan Anda. Oleh sebab itu, perbaiki tampilan dan suasana kinerja perusahaan Anda agar memberikan kesan positif pada investor.

Tidak mudah untuk bisa menemukan investor asing yang mau bekerja sama bengan bisnis startup lokal. Investor asing juga sangat menginginkan keuntungan. Mereka tidak akan fokus tentang seluk beluk perusahaan kecual memang dibutuhlkan. Investor asing tentunya lebih peduli seberapa banyak yang akan ia dapatkan ketika ia sudah memberikan dana segarnya pada perusahaan.

Kompetisi bisnis

Saat ini, tidak hanya di Indonesia melainkan juga di dunia internasional dimana kompetisi bisnis selalu menawarkan hasil atau hadiah sebagai modal untuk bisnis Anda. Tentu, mengikuti kompetisi bisnis internasional dapat memberikan banyak manfaat kepada Anda. Anda akan belajar banyak hal. Jadi, selain investor asing sebagai sumber dana, kompetisi bisnis juga bisa dijadikan cara untuk mendapatkan dana segar. So, Tidak ada salahnya untuk ikut kompetisi bisnis dimana Anda akan berkompetisi dengan para pengusaha lain dari berbagai belahan dunia.

Oleh sebab itu, ketika Anda ingin mencari dana segar untuk investasi maka sebaiknya Anda pahami dengan baik tentang aturan kompetisi bisnis yang tersebut. Anda bisa memulai dengan membawa proposal bisnis. Biasanya peserta kompetisi bisnis akan memulai dengan pembuatan profil atau proposal yang akan menunjukkan gambaran singkat dari bisnis yang Anda jalani. Tentu, ada banyak hal untuk dipahami ketika hendak ikut dalam kompetisi bisnis.

Hutang

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa perusahaan merupakan ladang investasi yang paling menguntungkan jika dibandingkan dengan jenis investasi lain. Namun, untuk mengembangkannya tentu membutuhkan modal. Jika Anda mencari sumber dana di luar negeri, maka hutang bisa dijadikan salah satu cara. Ya, selain investor asing, mengikuti ajang kompetisi bisnis, hutang merupakan salah satu cara untuk mendapatkan dana segar bahkan bisa dikatakan, hutang adalah salah satu cara tercepat untuk mendapatkan dana segar untuk bisnis Anda.

Maka tidak sedikit perusahaan yang mencari hutang untuk menyegarkan kondisi bisnis Anda saat ini. Yang perlu Anda pahami dengan baik adalah hutang bisa saja memiliki bunga yang tinggi sehingga perusahaan Anda bukannya maju dengan dana hutang tersebut, malahan yang ada justru keangkrutan. Jika bunga terus naik, maka Anda akan mengalami kesulitan dalam melunasi hutang tersebut. Perhatikan dengan baik ketika mengadakan hutang.

Hibah

Tidak sedikit perusahaan lokal yang mendapatkan dana hibah dari luar negeri. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan dana hibah dari luar negeri. Namun, cara ini tidaklah mudah karena tidak semua investor akan memberikan dananya secara cuma-cuma tanpa adanya timbal balik yang menguntungkan juga. Walau sulit, bukan berarti mustahil. Carilah informasi tentang dana hibah. Bisa saja Anda tertarik dan menemukan cara untuk mendapatkan hibah.

Maka, dari beberapa cara di atas, Anda sudah tahu cara mendapatkan dana segar di luar negeri. Dana segar dari pihak luar merupakan hal yang penting untuk dikaji. Pasalnya akan ada banyak manfaat ketika Anda sudah muilai fokus mencara dana segar ini. Bisa saja Anda mendapatkan dana hibah yang tak terbayangkan sebelumnya. Persiapkan proposal Anda dan buatlah para pemilik dana ‘terhipnotis’ dengan apa yang Anda sampaikan.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

9 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.