Home Bisnis 4 Tips Mendapatkan Sumber Dana Di Luar Negeri untuk...

4 Tips Mendapatkan Sumber Dana Di Luar Negeri untuk Modal Bisnis

4 Tips Mendapatkan Sumber Dana Di Luar Negeri untuk Modal Bisnis – Ada banyak cara untuk mendapatkan dana bagi bisnis kamu.

Kamu bisa mendapatkan sumber dana di luar negeri atau dalam negeri tergantung dari apa yang kamu inginkan serta butuhkan.

Tentu, sumber dana di dalam dan luar negeri bisa saja berbeda cara mendapatkannya. Terlebih jika kamu ingin mendapatkan sumber dana di luar negeri.

Bisa jadi perjalaannya lebih sulit, karena tentu saja akan penuh dengan birokarasi dan hukum serta aturan yang harus dijalankan, karena hubungannya sudah antar negara.

Maka dari itu, sebelum melakukan hal ini kamu harus sudah yakin dengan ide, konsep serta strategi bisnis yang akan dijalankan.

Bahkan akan lebih baik jika kamu sudah memiliki toko online atau bisnis startup yang telah berjalan, karena hal tersebut sangat layak mendapatkan sumber dana di luar negeri.

Nah, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan sumber dana di luar negeri. Yuk, lihat selengkapnya!


4 Tips Mendapatkan Sumber Dana Di Luar Negeri untuk Modal Bisnis

1
Saat Berhadapan dengan Investor Asing

pinjaman uang

Tidak jauh berbeda dengan sumber dana pada umumnya, ketika ingin mendapatkan sumber dana di luar negeri, maka yang perlu kamu perhatikan adalah sikap dari investor tersebut.

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua investor benar-benar memperhatikan bisnis yang kamu jalankan.

Seorang investor apalagi investor asing akan lebih teliti dalam melihat dan menilai perusahaan kamu secara mendalam.

“Bagaimana budaya yang tertanam pada perusahaan?”, “Apakah citranya baik?”, “Apakah kamu sebagai pemilik bisnis, bisa yakin mengembangkan bisnis dengan maksimal ke depannya?”, Bagaimana keuntungan yang dihasilkan ke depannya?”. Kira-kira seperti itu.

Oleh sebab itu, perbaiki tampilan dan suasana kinerja bisnis kamu agar memberikan kesan positif pada investor.

Nah dari sisi kamu sebagai pemilik bisnis, juga harus bisa memberikan keyakinan kepada calon investor dengan percaya diri.

Jika memang kamu memiliki tujuan atau mimpi yang ingin dicapai bersama dengan bisnis yang kamu akan bangun nantinya, pastikan hal tersebut realistis dan terukur visi-misinya.

Perlu kamu ketahui juga bahwa tidak mudah untuk bisa menemukan investor asing yang mau bekerja sama bengan bisnis startup lokal.

Selain hal di atas, investor asing juga sangat menginginkan keuntungan. Mereka tidak akan fokus tentang seluk beluk perusahaan kecuali memang dibutuhkan.

Investor asing tentunya lebih peduli seberapa banyak yang akan ia dapatkan ketika ia sudah memberikan dana segarnya pada perusahaan.

2
Cobalah Mengikuti Kompetisi Bisnis

pinjaman jangka panjang-2

Saat ini, tidak hanya di Indonesia melainkan juga di dunia internasional mengadakan kompetisi bisnis yang menawarkan hadiah berupa sejumlah sebagai modal untuk bisnis.

Tentu, mengikuti kompetisi bisnis internasional dapat memberikan banyak manfaat kepada kamu, karena kamu akan belajar banyak hal melalui hal ini.

Jadi, selain investor asing, mengikuti kompetisi bisnis juga bisa dijadikan cara untuk mendapatkan sumber dana di luar negeri.

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk ikut kompetisi bisnis di mana kamu akan berkompetisi dengan para pengusaha lain dari berbagai belahan dunia.

Ketika kamu ingin mencari dana segar untuk investasi maka sebaiknya kamu pahami dengan baik tentang aturan kompetisi bisnis yang tersebut.

Kamu bisa memulai dengan membawa proposal bisnis, karena biasanya peserta kompetisi bisnis akan memulai dengan pembuatan profil atau proposal yang akan menunjukkan gambaran singkat dari bisnis yang kamu jalani.

3
Mengajukan Utang Luar Negeri

pinjaman jangka panjang

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa perusahaan merupakan ladang investasi yang paling menguntungkan jika dibandingkan dengan jenis investasi lain.

Namun, untuk mengembangkannya tentu membutuhkan modal. Jika kamu mencari sumber dana di luar negeri, maka mengajukan utang bisa dijadikan salah satu cara.

Ya, selain investor asing, mengikuti ajang kompetisi bisnis, mengajukan utang merupakan salah satu cara untuk mendapatkan dana segar bahkan bisa dikatakan, utang adalah salah satu cara tercepat untuk mendapatkan dana segar untuk bisnis kamu.

Maka tidak sedikit perusahaan yang mencari hutang untuk menyegarkan kondisi bisnis kamu saat ini.

Namun perlu kamu pahami dengan baik adalah utang bisa saja memiliki bunga yang tinggi sehingga perusahaan kamu bukannya maju dengan dana hutang tersebut, malahan yang ada justru keangkrutan.

Jika bunga terus naik, maka kamu akan mengalami kesulitan dalam melunasi hutang tersebut. Perhatikan dengan baik ketika mengadakan hutang.

Lalu apakah ada alternatif lain?

Tak perlu jauh-jauh mendapatkan sumber dana di luar negeri, karena di dalam negeri kamu bisa memanfaatkan solusi pinjaman modal bisnis KoinBisnis dari KoinWorks, Super Financial App.

Di sini kamu bisa mendapatkan dana untuk bisnis hingga Rp2 Miliar, selain itu tak perlu khawatir karena bunga yang ditawarkan juga rendah, mulai dari 0,75% per bulan.

Pengajuan pinjaman kamu nantinya akan diberikan dengan menggunakan sistem peer-to-peer lending. Tak perlu khawatir karena produk peer-to-peer lending dari KoinWorks saat ini telah berizin penuh dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tertarik? Yuk, mulai ajukan sekarang di sini.

4
Menggunakan Dana Hibah

Cara Membuat SIUP

Tidak sedikit perusahaan lokal yang mendapatkan dana hibah dari luar negeri. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan dana hibah dari luar negeri.

Namun, cara ini tidaklah mudah karena tidak semua investor akan memberikan dananya secara cuma-cuma tanpa adanya timbal balik yang menguntungkan juga.

Walau sulit, bukan berarti mustahil. Carilah informasi tentang dana hibah, bisa saja kamu tertarik dan menemukan cara untuk mendapatkan hibah.


Nah, dari beberapa cara di atas, kamu sekarang sudah tahu cara mendapatkan dana segar di luar negeri. Dana segar dari pihak luar merupakan hal yang penting untuk dikaji.

Pasalnya akan ada banyak manfaat ketika kamu sudah mulai fokus mencara dana segar ini. Bisa saja kamu mendapatkan dana hibah yang tak terbayangkan sebelumnya.

Selalu ingat untuk persiapkan proposal kamu dan buatlah para pemilik dana ‘terhipnotis’ dengan apa yang kamu sampaikan.

Semoga berhasil, ya!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Firda Nur Asmita
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

27 KOMENTAR

    • Hai Asep!

      Jika kamu ingin mengembangkan usaha dan ingin didanai, Kami sarankan kamu mendownload aplikasi KoinWorks di Playstore atau Appstore ya untuk mengajukan pinjaman. Agar usaha kamu semakin berkembang nantinya😊

    • Adakah para dermawan yang mau bantu saya untuk modali ternak kodok karna di wilayah saya sangat berpotensi untuk betenak kodok.. kalo ada tolong wa saya no.081237116070

  1. Sy Sambinah sedang menjalani usaha handycraft dari baha eceng gondok.tetapi kekurangan modal operasional dan semoga ada yg sudi memberikan sy modal buat memproduksi stock karena permintaan menurun gara2 virus corona

    • Halo Sambinah!

      Kalau kamu memiliki usaha yang sudah berjalan dan membutuhkan modal usaha, kamu bisa mengajukan pinjaman KoinBisnis lho. Caranya silakan pilih menu KoinBisnis yang tersedia di halaman utama pada Super Financial App KoinWorks dan isi data-data yang diperlukan buat mengajukan pinjamannya guna memenuhi berbagai kebutuhan pribadi kamu!

      Terima kasih telah mengunjungi blog kami 😊

  2. saya luqman saya sudah membangun sebuah usaha di bidang jasa percetakan digital saya membutuhkan modal semoga da orang yang mau membantu mengembangkan usaha saya

    • Halo Luqman!

      Kalau kamu memiliki usaha yang sudah berjalan dan membutuhkan modal usaha, kamu bisa mengajukan pinjaman KoinBisnis lho. Caranya silakan pilih menu KoinBisnis yang tersedia di halaman utama pada Super Financial App KoinWorks dan isi data-data yang diperlukan buat mengajukan pinjamannya guna memenuhi berbagai kebutuhan pribadi kamu!

      Terima kasih telah mengunjungi blog kami 😊

  3. Saya ingin membangun rumah (ukuran tanah 15 x 10 m), karena covid 19 suami dirumahkan. Kami tidak tidak mampu membayar uang sewa rumah lagi. Mohon membantu saya untuk mewujudkan membangun rumah. Alamat email saya : wwwidorini@gmail.com. Terimakasih sebelumnya. Semoga Tuhan memberkati.

    • Hai Roflin!

      Saat ini kami menyediakan jenis pinjaman Koin Bisnis yaa yang bisa membantu kamu dalam mengembangkan modal usaha kamu. Jika kamu tertarik, kamu bisa daftar dulu sebagai Akun Bisnis melalui aplikasi KoinWorks. Nantinya kamu cukup isi saja data-data serta dokumen yang diperlukan buat pengajuannya. Lalu kalau ada yang mau ditanyakan lebih lanjut, boleh hubungi kami melalui email di support@koinworks.com yaa.

      Terima kasih telah mengunjungi blog kami 😊

    • Hello Rinaldo!

      Saat ini kami menyediakan jenis pinjaman Koin Bisnis yang bisa menjadi solusi kamu dalam mengembangkan modal usaha. Jika kamu tertarik, kamu bisa daftar dulu sebagai Akun Bisnis melalui Super Financial App KoinWorks. Nantinya kamu cukup isi saja data-data serta dokumen yang diperlukan buat pengajuannya. Lalu kalau ada yang mau ditanyakan lebih lanjut, boleh hubungi kami melalui email di support@koinworks.com yaa.

      Terima kasih telah mengunjungi blog kami 😊

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Apa itu KoinWorks?

Baca
X