Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Digital Marketing untuk Membangun Brand dan Penjualan Bisnis Skincare

Digital Marketing untuk Membangun Brand dan Penjualan Bisnis Skincare

·
4 menit
Digital Marketing Untuk Bisnis Skincare

Dari sekian banyak bidang bisnis, skincare atau produk perawatan kulit kini memiliki peluang besar di pasaran dan siap mendatangkan kesuksesan. Kamu mungkin jadi salah satu dari mereka yang tertarik mendalami bisnis skincare. Selain karena menjadi bagian pengguna produk, kamu menyadari betapa menariknya bisnis yang satu ini.

Pada beberapa tahun terakhir, produk dan brand skincare lokal ciptaan anak bangsa memang berhasil menyita perhatian masyarakat. Bahkan masyarakat umum banyak yang ikut tertarik untuk menggunakannya. Bukan hanya harga yang lebih terjangkau, produk-produk perawatan kulit Tanah Air juga memiliki kualitas yang tidak kalah dengan kualitas produk buatan luar, Korea dan Jepang misalnya.

Terjun dalam Dunia Bisnis Skincare dengan Memanfaatkan Peluang

Jika kamu memang tertarik untuk terjun berbisnis bidang ini, ada banyak hal yang perlu kamu pelajari, sekaligus terapkan. Tidak sekadar menciptakan produk berkualitas saja, tetapi kamu harus pula mampu memahami bagaimana penerapan digital marketing atau pemasaran digital dalam membangun brand skincaremu sendiri.

Pastinya di era yang serba mengandalkan kemajuan teknologi seperti sekarang, pemasaran digital merupakan bagian dari kesuksesan suatu bisnis. Apa saja yang harus dilakukan dalam membangun brand skincare dengan mengandalkan digital marketing?

Utamanya kamu harus bisa memanfaatkan peluang yang ada. Dari mana peluang tersebut datang? Tidak semua dari kita bisa menyadari keberadaan peluang dan memanfaatkannya. Peluang datang saat kamu sadar terhadap kemungkinan-kemungkinan yang sedang dan akan terjadi di waktu ke depan.

Termasuk dalam bidang bisnis produk perawatan kulit. Peluang bisnis di bidang ini terlihat jelas karena permintaan yang terus tinggi. Korea Selatan dan Jepang menjadi dua negara yang berhasil membantu buka peluang bisnis skincare jadi lebih luas, begitupun dengan produk buatan dalam negeri.

Gunakan Media Sosial untuk Mengenalkan Produk

Digital marketing tidak bisa lepas dari keberadaan media sosial. Penggunaan media sosial yang hampir mencakup semua kalangan usia dan di berbagai daerah membuat wadah digital ini jadi sebuah cara dalam mengenalkan sebuah brand. Sebagai pengguna skincare, tentu kamu lebih mudah mendapat informasi terbaru seputar brand dan produk melalui media sosial, bukan?

Oleh karenanya, untuk bangun bisnis skincare kamu harus bisa gunakan media sosial dengan sangat optimal. Ada banyak ragam media sosial yang banyak dipakai oleh masyarakat, seperti Instagram, Facebook, TikTok, Twitter, dan lain-lain. 

Seiring berjalannya waktu, kemunculan berbagai media sosial baru sangat mungkin terjadi. Mau tidak mau kamu harus selalu mengikuti perkembangan media sosial dan bagaimana masyarakat dalam pemakaiannya.

  • Layanan Iklan Media Sosial

Tahukah bahwa setiap media sosial memiliki layanan iklan atau promosi berbayar? Kamu pun bisa menggunakan layanan tersebut untuk mempermudah mengenalkan brand skincaremu. Perlu kamu pahami, di setiap kegiatan bisnis membutuhkan sejumlah modal yang digunakan dalam mengoptimalkan pemasaran.

Selain gunakan media sosial yang jatuhnya ‘gratis’, kamu bisa lebih optimalkan penggunaannya dengan memakai berbagai layanan yang disediakan pihak media sosial. Selain media sosial, Google yang berupa platform dan situs pencarian terbesar di dunia juga memiliki layanan Google Ads.

  • Konten Menarik Melalui YouTube

YouTube sebagai sebuah wadah berbagi konten dalam bentuk video juga jadi media sosial untuk berinteraksi masyarakat. Pada dunia bisnis skincare di era digital seperti sekarang, YouTube menjadi wadah yang memiliki impact besar dalam membangun brand, juga mengenalkan produk-produknya.

Bisa dikatakan, bahwa YouTube berperan besar membuat masyarakat umum tertarik dengan pemakaian produk perawatan kulit dari berbagai brand. Mulai dari brand luar negeri, brand lokal, hingga cara efektif dalam pemakaian produk-produk tersebut.

Buatlah konten menarik di YouTube sebagai satu bentuk pemasaran digital. Kamu bisa membuat channel brandmu sendiri, maupun manfaatkan channel-channel kategori beauty care yang sudah dulu ada.

  • Andalkan Para Influencer

Keberadaan para influencer tidak bisa lepas dari suksesnya membangun brand bisnis skincare lokal lho! Bila zaman dulu membuat iklan berkualitas dengan melibatkan artis-artis terkenal untuk tayang di televisi jadi kegiatan pemasaran yang efektif, kini influencer menggantikannya.

Siapa itu influencer? Mereka yang memiliki pengaruh besar dalam perubahan dan kemajuan melalui internet. Karena memiliki pengaruh besar, para influencer jadi pilihan terbaik dalam membangun sebuah brand, tidak hanya bisnis skincare saja, tetapi bidang lainnya.

Kamu bisa andalkan para influencer yang menurutmu memiliki pengaruh terbesar dan selalu berhasil menyita perhatian masyarakat, khususnya dalam kategori kecantikan, seperti beauty vlogger.

  • Menyediakan Produk di Berbagai E-Commerce

Aktivitas digital marketing juga tidak jauh dari keberadaan e-commerce yang saat ini jadi wadah berbelanja sebagian masyarakat. Dengan menyediakan produk-produk di berbagai e-commerce, maka masyarakat jadi lebih mudah membeli produk tersebut.

Ada banyak program menarik yang ditawarkan masing-masing e-commerce, seperti program gratis ongkir dan voucher potongan harga, sampai voucher cashback.

Selain gunakan e-commerce, kamu bisa pula menyediakan website brand skincaremu sendiri yang termasuk halaman khusus untuk para konsumen membeli langsung melalui website sebagai bentuk membangun kepercayaan bersama para konsumen.

  • Amati dan Perhatikan Brand Pesaing

Untuk memasarkan dan bangun sebuah brand, mengamati juga memperhatikan brand pesaing adalah langkah yang harus selalu kamu lakukan. Karena bisnis skincare sendiri kini sudah cukup menjamur, berbagai macam brand dengan produk-produk unggulannya bersaing di pasaran, kamu perlu mengamati pergerakan yang ada.

Mengamati pergerakan bisnis sesama brand skincare pun bisa membuat Anda mengetahui produk seperti apa yang dibutuhkan masyarakat. Misalnya, produk perawatan khusus kulit berjerawat dengan bahan utama centella asiatica yang cocok untuk kulit sensitif. Pasti sebagian besar brand akan bersaing menghadirkan produk yang dibutuhkan tersebut.

  • Mengedepankan Kualitas Tanpa Batas

Menghadirkan produk sesuai kebutuhan masyarakat dengan harga terjangkau tanpa memperhatikan kualitas sama saja seperti ‘menjebak’ mereka. Kamu juga pasti hilang minat ketika mendapatkan produk perawatan kulit yang ternyata memiliki kualitas buruk dan memberi hasil yang tidak sesuai ekspektasi, kan?

Maka dari itu, agar brand yang kamu dirikan memiliki image baik bagi masyarakat, bahkan bisa jadi brand andalan yang selalu mereka cari, kedepankanlah kualitas produk. Produk berkualitas baik akan selamanya memiliki tempat di hati para masyarakat, hingga menjadi benda konsumsi wajib.

Ide yang Selalu Fresh

Memasarkan dan bangun bisnis brand skincare harus disertai ide-ide ajaib. Mendirikan bisnis pada era modern dengan kemajuan teknologi yang pesat menuntut para pebisnis untuk mampu ciptakan berbagai ide hebat dan selalu fresh.

Ide yang tidak tertinggal zaman, memberi banyak manfaat dan kegunaan, juga terbukti bisa menarik perhatian masyarakat, sampai ke seluruh dunia. Kamu bisa membentuk tim kreatif bagi bisnismu yang terdiri dari orang-orang kreatif. Bersama idenya yang out of the box.

Ketika mulai bisnis, baik bisnis skincare atau juga bidang lainnya, sikap berani dan tidak mudah menyerah pun jadi kunci kesuksesan dari bisnis itu sendiri. Bangun bisnis skincaremu dengan menerapkan rancangan strategi digital marketing yang efektif untuk datangkan lebih banyak keuntungan, serta membawamu jadi pebisnis sukses.

 

Reina
Menulis merupakan hobi yang sudah saya sukai sejak SMA, bergabung dengan berbagai komunitas penulis sejak 2015. Menjadikan tulisan sebagai media untuk berbagi informasi terhadap pembaca merupakan karya bagi saya, karena bisa memberikan kontribusi dalam pengembangan pribadi dan bisnis mereka.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat