Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Cara Mendapatkan dan Memanfaatkan Data Konsumen Bisnis Kopi

Cara Mendapatkan dan Memanfaatkan Data Konsumen Bisnis Kopi

·
4 menit
Cara Mendapatkan dan Memanfaatkan Data Konsumen Bisnis Kopi

Konsumen adalah salah satu aset terpenting dalam sebuah bisnis kopi. Semakin banyak jumlah konsumen yang loyal terhadap suatu produk, maka semakin baik pula masa depan bisnis kopi kamu.  Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui cara mendapatkan dan memanfaatkan data konsumen bisnis kopi milik kamu. 

Pengertian Data Konsumen

Data konsumen adalah kumpulan informasi setiap konsumen yang pernah mencicipi atau membeli produk kopi kamu.  Data konsumen meliputi nama, nomor telepon, alamat rumah, dan alamat email. 

Selain itu, data konsumen juga dapat berupa riwayat pembelian, jadwal janji temu, riwayat percakapan, dan beberapa hal yang menjadi kebutuhan konsumen. kamu bisa memanfaatkan data konsumen untuk kepentingan bisnis kopi kamu.  

Umumnya dalam mengelola data konsumen, kamu membutuhkan software atau aplikasi database pelanggan seperti CRM. Salah satu contoh software CRM adalah kontak yang mampu menyimpan, melihat, dan mengelola data konsumen secara lebih mudah.

CRM akan menampilkan data pelanggan atau konsumen secara 360 derajat yang berisikan semua informasi kontak, aktivitas terakhir kontak, dan deals.

Manfaat Data Konsumen

Mempunyai data konsumen bisa memberikan beberapa manfaat untuk bisnis kopi kamu.  Suatu bisnis umumnya meminta saran dan masukan terhadap pelayanan dan produk yang kamu jual. Memanfaatkan data konsumen, bisa membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memperbaiki bisnis kopi kedepannya.

Mempunyai data konsumen dapat membantu bisnis kopi untuk selalu terhubung dengan para konsumen kopi. Hal ini akan sangat membantu untuk membangun loyalitas para konsumen dan memberikan peluang terjadinya bisnis yang berulang.

Konsumen yang sering melakukan pembelian bisa kamu hubungi dan kamu identifikasi untuk memberikan penawaran spesial. Selain itu, data konsumen juga akan membantu mengidentifikasi konsumen yang telah lama tidak melakukan pembelian produk kamu. 

Memanfaatkan data konsumen akan sangat membantu segmentasi pelanggan dengan cara memberikan penawaran spesifik yang dapat menarik mereka kembali.

Cara Mendapatkan Data Konsumen

Sebelum memanfaatkan data konsumen, kamu harus tahu bagaimana cara mendapatkan data tersebut? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan data konsumen bisnis kopi milikmu :

1. Mengumpulkan Data Saat Pameran

Ketika bisnis kopi milik kamu membuka stand di sebuah pameran, ini merupakan kesempatan terbaik untuk mendapatkan data calon konsumen. kamu dapat meminta pengunjung yang mampir ke stand kopi kamu untuk mengisi data di buku tamu. Selain itu, kamu juga dapat memberikan souvenir atau diskon untuk pengunjung yang bersedia mengisi buku tamu tersebut.

2. Menampilkan Form Opt-In di Website

Pada halaman sebuah situs web biasanya ada kotak kecil atau halaman yang berisi formulir untuk mengisi alamat email pengunjung. Itulah yang dinamakan form opt-in. kamu bisa menampilkan form tersebut, jika bisnis kopi kamu memiliki situs website resmi untuk mendapatkan data konsumen. 

Form opt-in yang kamu tampilkan bisa menambahkan ebook gratis, voucher diskon kopi, materi secara berkala, dan lain-lain. Supaya pengunjung website tertarik untuk mengisi formulir tersebut. Agar kamu bisa memanfaatkan data konsumen tersebut untuk kepentingan bisnis kopi kamu. 

3. Membuat Website dengan Hosting dan Domain Sendiri

Cara mendapatkan data konsumen selanjutnya adalah dengan membuat website menggunakan hosting dan domain bisnis kopi kamu.  Seperti yang kamu ketahui sebelumnya, untuk menampilkan form opt-in, kamu harus memiliki situs website.

Website bisa menjadi sebuah platform untuk menarik calon konsumen yang sedang mencari informasi. Oleh karena itu, kamu harus menyediakan jawabannya di halaman website bisnis kopi kamu.  Tampilkan beragam informasi dan artikel yang berhubungan dengan kopi.

Agar penikmat kopi tidak hanya melihat beragam produk kopi kamu,  namun juga bisa menambah wawasan tentang kopi. Jika website kamu mendapatkan trafik tinggi, pasti banyak juga yang akan mengisi formulir opt-in. Sehingga, kamu bisa memanfaatkan data konsumen tersebut untuk mempromosikan bisnis kopi milik kamu. 

4. Memiliki Alamat Email sesuai Nama Bisnis Kopi

Ketika kamu sudah memiliki situs website bisnis kopi yang sesuai dengan nama kedai kopi kamu.  Selanjutnya, alamat email kamu juga harus sesuai dengan nama bisnis kopi tersebut. Hal ini merupakan tindakan lanjutan dari pembuatan website dan form opt-in.

Supaya setelah kamu mendapatkan alamat email calon konsumen, kamu bisa mengirimkan pesan ke alamat email mereka dengan email tersebut. Sehingga, calon konsumen bisa cepat mengetahui bahwa email tersebut dari kedai kopi milik kamu. 

Cara Memanfaatkan Data Konsumen Bisnis Kopi

Data konsumen adalah cara sebuah bisnis agar selalu terhubung dengan para konsumen untuk memberikan pelayanan terbaik. Berikut ini beberapa cara untuk memanfaatkan data konsumen bisnis kopi dengan baik:

1. Mengidentifikasi Pembeli

Setiap pembeli produk kopi pasti mempunyai perbedaan. Sebagian konsumen dapat memberikan banyak keuntungan, tetapi ada juga yang hanya membeli kopi untuk menghabiskan waktu. Bisnis kopi kamu pasti akan berfokus kepada konsumen yang dapat memberikan keuntungan.

Memanfaatkan data konsumen bisa berguna untuk mengidentifikasi pembeli yang melakukan pembelian secara regular dan dapat mendorong untuk melakukan cross-sell. Informasi tersebut bermanfaat untuk membantu mengalokasikan sumber daya yang lebih baik dan mengelola workflow bisnis kopi kamu. 

2. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Menyimpan data konsumen akan membuat bisnis kopi kamu memperoleh loyalitas pelanggan. Informasi para konsumen yang tersimpan bisa kamu manfaatkan untuk berkomunikasi dengan konsumen secara lebih personal.

Jika kamu memberikan pengalaman membeli secara lebih personal, maka bisnis kopi akan jauh lebih mudah mendapatkan loyalitas dari para konsumen.

3. Mempercepat dan Meningkatkan Close Deal

Memanfaatkan data konsumen berupa informasi kontak, percakapan, touchpoint dengan perusahaan, deals, dan janji temu. Bisa kamu gunakan untuk menargetkan calon pembeli secara lebih spesifik

Data konsumen tersebut sangat membantu sales force untuk lebih memberikan usaha dan waktu terhadap peluang deals yang sangat potensial.

4. Mengurangi Customer Churn

Data konsumen tidak hanya menyimpan informasi konsumen yang eksisting, namun tersedia juga informasi konsumen yang tidak pernah lagi melakukan pembelian dalam jangka waktu tertentu.

Sehingga, kamu bisa memanfaatkan data konsumen tersebut untuk memahami interaksi yang sebelumnya terjadi. Agar bisa mencegah customer churn pada masa yang akan datang.

Informasi data konsumen juga dapat kamu gunakan untuk melihat insight dan pola perilaku konsumen lainnya. Sehingga dapat mencegah konsumen beralih ke pesaing bisnis kopi kamu. 

Selain itu, bisnis kopi kamu juga bisa menangani masalah konsumen lebih cepat. Agar konsumen bisa merasa lebih dipahami dan merasakan pengalaman lebih baik. Walaupun masalah tersebut bisa saja tidak dapat terselesaikan.

Sudah Siap Untuk Mempraktekkan Cara Mendapatkan dan Memanfaatkan Data Konsumen Bisnis Kopi?

Seperti itulah beberapa cara untuk mendapatkan dan memanfaatkan data konsumen bisnis kopi milik kamu.  Semoga bisa bermanfaat untuk masa depan bisnis kopi kamu dan bisa segera kamu praktekkan untuk mencapai target omset yang kamu harapkan.

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat