7 Latihan yang Membantu Seseorang untuk Mengingat Lebih Mudah –  Otak yang berfungsi dengan baik memungkinkan seseorang untuk melakukan semua fungsi kognitif dan tubuh dengan lancar dan efisien. Sayangnya, kemampuan otak akan terus menurun seiring dengan bertambahnya usia.

Jika saat ini Anda sering melupakan sesuatu hal, itu bisa menjadi pertanda yang mengkhawatirkan. Namun, ada beberapa latihan sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya ingat dan kekuatan fungsi otak.

Melakukan latihan untuk otak sangat bermanfaat seperti yang ditunjukkan oleh sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Neurology.

Orang dewasa yang melakukan latihan fisik secara teratur seperti bersepeda atau jogging cenderung tidak terpengaruh oleh penyakit otak yang berhubungan dengan terbatasnya daya ingat dan mobilitas.

Baca juga: Belajar dan Bekerja dengan Optimal Menggunakan Metode 90 Menit, Mau Mencobanya?

Begitu juga dengan mereka yang melakukan latihan otak secara teratur untuk menjaga otak tetap sehat dan tajam.

Melatih otak akan meningkatkan kemampuan kreatif dan bisa memberikan Anda keunggulan kompetitif dalam pekerjaan yang dilakukan.

Nah, untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh latihan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya ingat dan kemampuan otak.

7 Latihan yang Membantu Seseorang untuk Mengingat Lebih Mudah

Mengambil Rute Perjalanan yang Berbeda

liburan sendiri pasar jalan

Latihan yang sangat sederhana untuk dilakukan, dimana Anda hanya perlu mengambil rute yang berbeda dalam setiap perjalanan.

Melakukan hal ini akan membuat Anda dipaksa untuk melibatkan banyak indera agar bisa menemukan jalan di sekitar dan membuat otak menjadi lebih waspada.


Mengulanginya dengan Keras

belajar-buku-pendidikan-kuliah - 7 Tipe Pembelajar Ini Mendeskripsikan Diri Anda

Agar bisa dengan mudah mengingat sesuatu yang telah dibaca, didengar, atau dilakukan, ulangi hal tersebut dengan suara yang keras. Misalnya saja, mengulangi dengan keras nama seseorang yang baru saja bertemu dan berkenalan dengan Anda.


Mendengarkan Saat Membaca

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (14) - 5 Cara Produktif dalam Mengoptimalkan 24 Jam Sehari! - Ternyata, 5 Kebiasaan yang Membuat Bahagia Sangat Mudah Dilakukan - 7 Tipe Pembelajar Ini Mendeskripsikan Diri Anda - 5 Kualitas Introvert Membuat Mereka Mampu Menjadi Pemimpin Besar

Penelitian dilakukan oleh University of Puerto Rico terhadap 137 siswa yang berbahasa spanyol. Semua siswa tersebut diberikan buku berbahasa Inggris untuk dibaca.

Namun, sebagian kelompok siswa membaca buku sambil mendengarkan buku versi audio. Hasilnya adalah para siswa yang membaca sambil mendengarkan apa yang dibaca mampu mengingat lebih baik daripada siswa yang hanya membaca teks .

Hal di atas dapat terjadi karena siswa yang membaca dan mendengarkan melibatkan lebih banyak indera dan inilah yang membantu pikiran mereka untuk mengingat lebih banyak.


Bermain Catur

10 Cara Bersenang-Senang Tanpa Uang, Yuk Berhemat! - catur - board games

Tips selanjutnya yang bisa diterapkan adalah lakukan permainan yang bisa mengasah keterampilan berpikir. Anda bisa memainkan games strategi, bermain catur, atau permainan berbasis angka seperti Sudoku untuk menjaga otak tetap bugar.


Mempelajari Alat Musik

8 Manfaat Tak Terduga Saat Mempelajari Instrumen Musik

Sebuah studi menunjukkan bahwa mempelajari sesuatu hal yang baru dan kompleks dalam jangka waktu lama sangat bermanfaat untuk menjaga otak tetap sehat.

Baca juga: 8 Manfaat Tak Terduga Saat Mempelajari Instrumen Musik


Bermain Olahraga yang Baru

olahraga lari teman

Anda juga bisa memainkan olahraga yang memanfaatkan pikiran dan tubuh secara bersamaan, seperti golf, yoga, dan tenis. Olahraga seperti itu tidak hanya meningkatkan kebugaran fisik saja, tetapi juga bisa menjaga kebugaran mental.


Mempelajari Bahasa Asing

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari

Mulailah mendaftar di kursus bahasa asing di sekitar tempat Anda tinggal. Selain bisa menambah keterampilan berbahasa, belajar bahasa asing juga bisa membantu untuk mempertajam otak juga.

Hal yang penting untuk diingat adalah jangan lupa menyisihkan uang untuk biaya kursus yang akan diikuti. Jangan sampai biaya yang mahal menghalangi Anda untuk mengikuti kursus bahasa asing yang diminati.

Baca juga: Cerdas Berbahasa Asing dengan Menerapkan 7 Cara Ini

Jika saat ini tidak memiliki dana untuk membayar biaya kursus, Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut.

KoinPintar bisa membantu Anda dengan pinjaman dana khusus pendidikan yang menawarkan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan.

Baca juga: 8 Alasan Mengapa Mengikuti Impian Itu Penting Dilakukan

Tidak hanya itu saja, masa pembayaran pinjaman juga bisa dilakukan sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka secara langsung.

Kemudahan yang ditawarkan oleh KoinPintar tersebut bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk mengikuti kursus yang diinginkan. Sehingga Anda bisa mengasah keterampilan menjadi lebih baik dan di satu sisi bisa mempertajam otak serta meningkatkan daya ingat.

Segera lakukan 7 latihan yang telah kami sampaikan di atas untuk membantu menjaga kesehatan mental dan memperbaiki daya ingat yang menurun secara alami.

Semoga bermanfaat!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.