Tips Memulai Bisnis Kue Ulang Tahun

tips memulai bisnis kue ulang tahun

Memulai bisnis kue ulang tahun bisa jadi salah satu pilihan usaha untuk kamu yang doyan membuat kue di dapur. Untuk tahu peluang dan bagaimana memulai bisnis kue ulang tahun ini, berikut ini adalah ulasannya.

Peluang memulai bisnis kue ulang tahun

Bisnis kue ulang tahun belakangan ini memang memiliki daya tarik yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan karena kue ulang tahun merupakan salah satu jenis kue yang bisa digunakan untuk banyak kepentingan.

Saat ini banyak orang lebih menghargai momen penting dalam hidupnya, hal ini membuat kue banyak digunakan sebagai alat untuk merayakan momen penting tersebut. Tidak hanya digunakan untuk merayakan ulang tahun saja, kue ulang tahun juga cocok untuk memberikan ucapan selamat terhadap pencapaian dalam hidup seseorang.

Hal inilah yang menyebabkan kue ulang tahun menjadi salah satu jenis produk yang sangat menguntungkan untuk dijual atau digunakan untuk memulai usaha. Dengan menggunakan kue ulang tahun, kamu juga bisa memulai banyak jenis usaha seperti yang akan kami bahas di subbab selanjutnya.


Jenis bisnis kue ulang tahun untuk dicoba

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, saat ini ada banyak sekali jenis bisnis kue ulang tahun yang bisa kamu coba. Jenis bisnis ini antara lain adalah:

  • Bisnis kue ulang tahun rumahan

Salah satu cara memanfaatkan kue ulang tahun untuk bisnis kamu adalah dengan membuat bisnis kue ulang tahun dengan level rumahan. Biasanya bisnis kue ulang tahun rumahan ini adalah bisnis ibu-ibu rumah tangga atau ibu pekerja yang memiliki kemampuan memasak terutama baking.

Bisnis rumahan ini umumnya didasarkan dari mulut ke mulut atau dipopulerkan dengan menggunakan sosial media. Biasanya jarang orang tahu bahwa sebuah rumah menjalankan bisnis ini. hal ini disebabkan karena rumah tidak akan memiliki tanda seperti kios. Pasalnya semua produk dibuat dengan sistem pre order jadi tidak ada stok.


Hal penting untuk memulai bisnis kue ulang tahun rumahan

Untuk kamu yang ingin membuat bisnis kue tart rumahan salah satu hal yang penting untuk memulai bisnis kue ulang tahun perumahan ini adalah mengenai cara pemasarannya. Karena pemasaran kue ulang tahun yang dibuat dengan system rumahan ini hanya dari mulut ke mulut, maka kamu harus memastikan kualitas kue ulang tahun yang kamu buat sesuai dengan standar yang diharapkan konsumen.

Misalnya kamu memiliki lingkungan pemasaran perkantoran, maka pastikan kamu bisa membuat kue ulang tahun dengan kualitas tinggi. Mulai dari bahan yang kamu gunakan hingga rasa yang bisa kamu hasilkan harus sangat nikmat agar konsumen tersebut merekomendasikan kue ulang tahun kamu pada konsumen lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa membuat pemasaran dengan menggunakan sosial media. Pemasaran dengan menggunakan sosial media akan membantu kamu lebih mudah menjangkau pasar yang luas.

Akan tetapi jika kamu mau produk kamu populer di sosial media, lakukan endorsement dan berikan review jujur dari konsumen kamu. Memberikan informasi berupa review jujur akan membuat konsumen kamu lebih percaya dengan kue ulang tahun yang sudah kamu buat.

Salah satu masalah utama dari bisnis kue tart rumahan ini adalah biasanya kue ulang tahun yang dibuat dengan level rumah tangga harganya lebih mahal. Hal ini merupakan salah satu efek dari pembelian bahan baku dalam jumlah kecil.


  • Bisnis cafe

Jenis bisnis kue ulang tahun lainnya yang bisa kamu coba adalah bisnis cafe. Jika kamu memiliki kemampuan untuk memasak kue dan juga gemar membuat kopi, maka bisnis cafe bisa jadi cafe bisa jadi pilihan kamu.

Dengan memulai bisnis cafe, kamu bisa menjual kopi dan juga kue tart dengan banyak model menarik. Kamu juga bisa menjual kue dalam bentuk slice sehingga kue kamu bisa dibeli dengan harga yang lebih murah dan menjangkau semua orang.

Menjual kue dalam bentuk potongan memang lebih menguntungkan karena kamu bisa membuat 1 kue saja dengan banyak hiasan. Konsumen yang membutuhkan hidangan manis tapi tidak dalam jumlah banyak juga bisa membeli kue potongan agar harganya tidak terlalu mahal.


Hal penting untuk memulai bisnis kue di cafe

Jika kamu ingin membuat cafe untuk menjual kue ulang tahun dalam bentuk potongan, salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah pastikan kamu juga bisa membuat minuman pendamping yang berkualitas. Pastikan minuman yang terbuat memiliki rasa yang premium sehingga dapat membedakan produk kamu dengan produk lainnya.

Kue yang kamu buat juga baiknya didekorasi dengan baik sehingga menarik mata calon konsumen kamu. Kamu juga bisa membuat produk kue ulang tahun yang populer seperti kue tart Bento yang memiliki ukuran kecil tapi modelnya seperti kue tart utuh.

Jika kamu ingin membuat cafe untuk menjual minuman dan juga kue ulang tahun, pastikan kamu tahu trend. Hal ini penting untuk menarik perhatian dari generasi milenial yang gemar membuat konten. Pemasaran dari konten inilah yang akan sangat menguntungkan bagi bisnis cafe kamu.


  • Bisnis toko kue

Jenis bisnis kue ulang tahun terakhir yang bisa kamu coba adalah bisnis toko kue. Bisnis toko kue atau cake and bakery merupakan salah satu jenis bisnis yang paling umum untuk menjual cake atau kue tart. Bisnis ini mungkin akan membutuhkan banyak tenaga dalam pembuatan kuenya.

Biasanya khusus toko kue akan membutuhkan banyak varian kue yang berbeda. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian konsumen. Makin banyak varian kue, maka makin besar daya tarik toko kue yang kamu miliki dan makin besar juga keuntungan yang akan kamu dapatkan.


Hal penting untuk memulai bisnis kue berupa toko kue

Pilihan terakhir yang bisa kamu coba adalah membuka toko kue. Jika kamu ingin membuat bisnis toko kue, kamu tidak hanya memerlukan modal yang besar. Tapi kamu juga membutuhkan tenaga yang besar untuk memulainya.

Jika kamu ingin membuat sebuah toko kue, kamu tidak hanya harus memiliki kemampuan membuat kue tart tapi juga kue yang lainnya. Akan lebih baik jika kamu menggunakan jasa pastry chef untuk membuat resep-resep baru di toko kue kamu. Sayangnya, jika kamu menggunakan jasa pastry chef untuk membuat resep kue di toko kamu, kamu harus siap untuk membayar tersebut dengan harga yang cukup mahal ya!

Jika kamu memang belum memiliki modal yang besar, maka membuat kue ulang tahun dengan level bisnis rumahan bisa menjadi pilihan kamu. Selain membutuhkan modal yang lebih ringan, kamu juga bisa membangun pasar yang kuat untuk toko kue kamu di masa depan.

Cara ini akan membuat nama baik sebagai pembuat kue tart dengan kualitas tinggi, jika sudah punya nama memulai bisnis kue ulang tahun dengan level toko cake and bakery di masa depan bukan hal yang sulit untuk dilakukan.

 

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Miko

Miko

Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.