Home » Blog » Bisnis & UKM » Cara Menghasilkan Uang dari Facebook, Instagram dan Twitter

Cara Menghasilkan Uang dari Facebook, Instagram dan Twitter

·
4 menit
tips hailkan uang di fb ig dan twitter

Media sosial menjadi suatu platform yang paling populer digunakan oleh banyak pengguna. Adanya peningkatan jumlah penggunaan platform, membuatnya menjadi sumber pendapatan utama bagi beberapa orang.

Tidak ketinggalan pula pelaku bisnis. Mereka menggunakan platform media sosial dan memanfaatkannya sebagai media pemasaran secara maksimal untuk memperluas bisnis mereka. Harapannya akan membuat bisnis menjadi besar. ini bisa terjadi karena media sosial sifatnya global.

Berikut adalah beberapa cara menghasilkan uang dari facebook, instagram dan twitter sebagai bagian dari media sosial.


Monetisasi followers yang Kamu miliki

Banyak pelaku bisnis ataupun influencer yang sudah exist di media sosial. Mereka punya followers yang mengikuti konten yang mereka buat. Ini tandanya adalah followers tersebut tertarik dengan dunia mereka, produk ataupun pekerjaan.

Jika Kamu adalah seseorang yang sudah memiliki followers tetapi ingin membuat lebih banyak bisnis dari akun media sosial Kamu, maka Kamu perlu menarik lebih banyak followers. Kamu perlu mempelajari bagaimana cara membuat mereka tertarik untuk mengikuti Kamu.

Cara yang dapat dilakukan di dunia media sosial yang kompetitif adalah dengan membuat konten yang menarik bagi pengunjung. Lakukan engagement dengan followers Kamu setelahnya.

Konten yang menarik adalah strategi media sosial yang bisa Kamu gunakan untuk memasarkan produk Kamu. Buat pengunjung biasa menjadi sasaran untuk membantu mencapai tujuan monetisasi media sosial Kamu.


Promosikan skills yang Kamu miliki

Apa skills Kamu? Apakah menggambar, menulis, memasak, membuat video, desain, atau bernyanyi? Kamu pasti memiliki setidaknya satu keterampilan dalam diri Kamu. Ketika Kamu mencari uang di media sosial, Kamu perlu mengidentifikasi keterampilan Kamu dan menggunakannya untuk menarik sasaran pemasaran Kamu.

Inti utamanya adalah untuk membuat sasaran terkesan dengan Kamu. Sasaran yang terkesan dengan Kamu akan lebih mudah dalam membeli apa yang Kamu tawarkan. Mereka juga akan lebih mudah membagikan video Kamu, karena itulah yang mereka sukai dari Kamu.

Kamu bisa membuat video dan menggunakan keterampilan tersebut untuk kemudian di posting pada Facebook, Instagram, dan Twitter. Ketika orang menyukai konten Kamu, mereka akan dengan sukarela membagikannya dengan teman-teman mereka melalui platform jejaring sosial yang sama atau media lain yang mereka miliki.

Sasaran juga akan mudah kembali dan penasaran, konten apa lagi yang kali ini Kamu buat.


Jadilah seorang influencer

Kamu akan melihat bahwa ada banyak influencer di Instagram, Facebook dan Twitter yang banyak dihasilkan dari apa yang mereka unggah, baik melalui caption, gambar, atau video.

Menjadi influencer memang tidak mudah. Ini membutuhkan banyak waktu dan usaha yang keras untuk dapat menghasilkan ide-ide kreatif dan mengunggahnya dengan alat visual pendukung. Orang yang tertarik memang akan mudah kembali lagi ke akun Kamu.

Mereka yang tertarik akan menjadi followers Kamu.

Apa yang bisa Kamu lakukan? Kamu bisa berbicara tentang motivasi dan menyebarkan nilai-nilai positif jika itu adalah bidang Kamu. Influencer terbaik juga datang dari orang yang memiliki bakat atau ahli dalam bidang tertentu, misalnya fashion, kecantikan, ataupun seni.

Cara lain yang bisa Kamu lakukan adalah dengan posting hal apa yang Kamu sukai, misalnya travelling, review buku, review film, dan sebagainya. Kamu dapat memilih topik apa pun yang ingin Kamu kerjakan, itu tergantung pada apa keunggulan Kamu.

Jika Kamu merasa bahwa Kamu bisa menjadi influencer dengan adanya bakat dalam diri Kamu, maka lakukanlah. Jadilah influencer yang memberikan edukasi dan inspirasi bagi orang lain.


Jual produk atau jasa Kamu

Media sosial bisa digunakan supaya Kamu bisa terhubung dengan orang-orang yang tertarik untuk membeli produk yang Kamu tawarkan. Platform ini menjadi basis kumpulan pelanggan yang besar. Ada banyak grup jual beli yang bisa digunakan untuk tujuan ini.

Kamu dapat menjual produk atau jasa Kamu disana dan mendapatkan uang. Kamu juga bisa menggunakan influencer sebagai marketing Kamu.

Pastikan produk dan jasa Kamu dipresentasikan dengan cara yang kreatif dan menarik. Kamu bisa menggunakan fitur siaran langsung Facebook atau Instagram untuk menawarkan produk Kamu secara nyata kepada sasaran yang potensial.

Sebagai contoh, jika Kamu memiliki usaha home industry, entah pakaian, catering, snack, atau kerajinan tangan lainnya, maka Kamu harus menampilkan semua produk tersebut pada halaman media sosial Kamu. Buat konten yang menarik di mata pengunjung.

Ini juga harus didukung dengan gambar atau video yang memiliki kualitas baik. Kamu bisa menggunakan jasa profesional jika tidak memiliki fasilitas pendukung. Jadi, sasaran akan lebih mudah tertarik dengan produk atau jasa Kamu.


Gunakan affiliate link

Affiliate link adalah salah satu cara menghasilkan uang dari facebook, instagram dan twitter yang bisa Kamu coba.

Pelaku bisnis yang ingin memasarkan merek atau produk mereka, biasanya berafiliasi dengan orang yang berbeda. Affiliate link adalah dengan cara memposting suatu link yang terhubung dengan produk yang dijual oleh pelaku bisnis lain, supaya pengunjung pada media sosial Kamu akan tertarik untuk mengklik link tersebut.

Jika pengunjung Kamu mengklik link tersebut, maka Kamu akan mendapatkan uang sebagai mitra afiliasi. Konsep di balik afiliasi adalah memperkenalkan produk ke pasar yang lebih luas. Ini adalah cara yang dilakukan oleh pelaku bisnis untuk menargetkan sasaran tertentu karena mitra afiliasi akan menjangkau pengunjung lain yang lebih besar untuk mengunjungi link tersebut.


Gunakan postingan bersponsor

Kita berada pada zaman di mana iklan bisa lebih efektif karena bantuan dari media sosial. Bayangkan jika sampai saat ini masih menggunakan media cetak, televisi, atau radio, maka jangkauannya pun hanya sebatas lintas daerah saja.

Kamu bisa berinvestasi menggunakan postingan bersponsor untuk menjangkau sasaran yang lebih besar dalam beberapa menit saja.

Jika Kamu berencana untuk membuat media sosial menjadi media pemasaran, maka Kamu bisa membuat konten yang menarik dan menggunakan postingan bersponsor untuk menarik lebih banyak pelanggan dan menghasilkan banyak uang.

Platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter dengan basis pengunjung besar ini bisa Kamu jangkau. Pengguna media sosial tersebut akan membantu halaman media sosial Kamu menjadi lebih besar, konsumen pun akan lebih mudah didapatkan.


Rajin update trend

Perbarui media sosial Kamu dengan update perkembangan dunia saat ini. Masalah ini bisa Kamu sisipkan pada konten yang Kamu buat. Ini juga bisa menjadi strategi pemasaran yang baik karena Kamu menjadi bagian dari tren yang berkembang di media sosial saat ini.

Sebagai contoh, Kamu bisa mengikuti tagar yang sedang tren. Ini akan membuat akun Kamu lebih mudah di-notice orang lain.

Manfaatkan topik yang sedang tren juga akan memberikan kesan positif pada orang-orang yang mengunjungi halaman media sosial Kamu. Mereka akan terkesan dengan postingan Kamu yang informatif. Akun Kamu juga akan lebih mudah ditemukan oleh orang lain.

Ini adalah salah satu strategi pemasaran yang digunakan banyak influencer. Hasilnya, mereka akan lebih mudah dijangkau, dibandingkan mengunggah topik yang sedang tidak populer.

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat