Home » Blog » Bisnis & UKM » Mengenal Platform Amazon Web Service

Mengenal Platform Amazon Web Service

·
2 menit

Perusahaan startup seperti Amazon memang sudah tidak asing lagi. Bahkan, bisa dikatakan bahwa Amazon adalah salah satu perusahaan start up yang ada di dunia. Setiap pebisnis start up tentu ingin memiliki perusahaan seperti Amazon walaupun bisa jadi untuk memenuhi impiannya kemudian pinjaman serbaguna juga digunakan. Pastinya, yang membuat Amazon besar adalah karena berbagai kelebihannya dalam bertransaksi serta berbagai layanan yang diberikan.

Salah satu layanan Amazon yang akan dibahas adalah Amazon Web Service. Layanan ini sebenarnya sudah dari tahun 2002 namun saat ini baru booming seiring banyaknya perusahaan yang membutuhkan infrastruktur cloud. Ya, Amazon Web Service adalah layanan yang memberikan penggunanya untuk memanfaatkan cloud sebagai tempat menyimpan data yang terintegrasi juga mudah untuk dikustomisasi. Jadi, kamu masih bisa melakukan atau menambahkan  kreativitas dalam menggunakan layanan ini.

Macam-Macam Layanan Amazon Web Services

Jika diperhatikan, maka ada 5 layanan yang diberikan oleh Amazon Web Services, yakni

Layanan Komputasi: Layanan ini secara khusus dibuat untuk memberikan layanan infrastruktur bagi pengguna yang hendak menggunakan Amazon guna melakukan komputasi layaknya clustered server. Server tersebut disebut juga sebagai instance. Kamu dapat memiliki 1 instance atau lebih yang kemudian bisa disebar ke semua data center milik Amazon. Kamu juga bisa melakukan kustomisasi instance-instance tersebut sesuai dengan keinginan kamu.

Contoh Layanan Komputasi adalah;

  • Amazon Elastic Compute Cloud (EC2)
  • Elastic Load Balancing
  • Amazon Elastic Map Reduce

Layanan Penyimpanan: Layanan ini secara khusus dibuat untuk memberikan layanan infrastruktur bagi pengguna yang hendak menggunakan Amazon guna melakukan penyimpanan. Kamu bisa menggunakan layanan ini sebagai media backup atau Content Delivery Network / CDN. Data kamu nantinya akan disimpan secara aman, cepat juga bisa diandalkan.

Contoh Layanan Penyimpanan adalah;

  • AWS Storage Gateway
  • Amazon Simple Storage Service (S3)
  • Amazon CloudFront
  • Amazon Elastic Block Store (EBS)

Layanan Basis Data: Layanan ini secara khusus dibuat untuk basis data. Basis data kamu akan disimpan di Cloud nantinya. Sehingga kamu dapat mengakses data tersebut dimana saja dengan aman, terpercaya serta cepat. Jika kamu adalah pengembang aplikasi web, layanan ini sangat berguna untuk menghemat waktu ketika melakukan konfigurasi serta replikasi data.

Contoh Layanan Basis Data adalah;

  • Amazon SimpleDB
  • Amazon Relational Database Service (RDS)
  • Amazon ElastiCache
  • Amazon DynamoDB

Layanan Jaringan: Layanan digunakan secara khusus untuk mengatur jaringan layanan-layanan yang ada di dalam dan di luar cloud. Jadi, antar layanan-layanan tersebut akan menggunakan layanan Jaringan ini. Contoh, ada DNS Server yang akan membuat Kamu mudah untuk melakukan konfigurasi DNS website domain. Harganya juga terjangkau sedangkan aksesnya sangat cepat.

Contoh Layanan Jaringan adalah;

  • Amazon Route 53
  • Amazon Virtual Private Cloud (VPC)

Layanan Aplikasi: Layanan ini dibuat oleh Amazon guna melengkapi layanan-layanan yang lain.

Contoh Layanan Aplikasi adalah;

  • Amazon CloudSearch
  • Amazon Simple Queue Service (SQS)
  • Amazon Simple Workflow Service (SWF)
  • Amazon Simple Email Service (SES)
  • Amazon Simple Notification Service (SNS)

Selain macam-macam layanan di atas, Amazon Web Services juga sebenarnya masih memiliki berbagai layanan lainnya. Namun, bagi kamu yang ingin menggunakan layanan cloud utama dari Amazon, cukup mengetahui dari berbagai layanan yang sudah disebut di atas. Dari sini, jika kamu memiliki website, toko online, perusahaan start up atau bisnis lain yang berhubungan dengan cloud atau layanan di atas, kamu bisa menggunakan Amazon Web Services ini. Bahkan kamu bisa mengandalkannya untuk mempermudah berbagai urusan bisnis terkait.

Harga layanan ini bisa dikatakan cukup terjangkau karena akan memberikan kamu banyak kemudahan dalam mengelola bisnis. Kamu tidak perlu merasa dipusingkan dengan kebutuhan biaya hanya untuk menggunakan layanan ini. Memang, tergantung keputusan dan kondisi keuangan perusahaan. Bisa saja ada perusahaan yang juga menggunakan pinjaman serbaguna untuk mendapatkan layanan di atas. Kebutuhan kamu akan cloud dan berbagai layanan lainnya yang sudah disebut di atas bisa mempermudah semua urusan bisnis Anda terutama yang berhubungan dengan cloud.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat