2 Jenis Pinjaman Online Cepat Cair KoinWorks

3 Jenis Pinjaman Online Cepat Cair KoinWorks

3 Jenis Pinjaman Online Cepat Cair KoinWorks – Seperti yang diketahui, KoinWorks menyediakan pinjaman online cepat cair untuk berbagai keperluan.

Mulai dari keperluan bisnis, hingga keperluan pribadi (khusus untuk karyawan/pegawai). Pinjaman-pinjaman tersebut sudah terjamin aman karena telah lulus sertifikasi ISO.

Mengingat KoinWorks secara resmi sudah terdaftar di OJK sejak tahun 2017 dengan nomor registrasi S-1862/NB.111/2017 dan beranjut mendapat izin dari OJK di tahun 2019 dengan nomor izin KEP-125/D.05/2019.

Selain itu, KoinWorks juga didukung oleh Mandiri Capital dan East Venture yang merupakan investor dari Tokopedia dan Traveloka.

Hal seperti ini bisa menjadi bukti bahwa pinjaman online di KoinWorks sudah terjamin aman dan terpercaya.

Kini, saatnya kamu mengetahui lebih jelas mengenai beberapa jenis layanan pinjaman cepat cair yang dimiliki oleh KoinWorks. Simak yuk!


1. KoinBisnis: Pinjaman Online Tanpa Ribet untuk UKM

loan koinbisnis - required documents - Jenis Pinjaman Online Cepat Cair

Layanan pinjaman KoinWorks yang pertama adalah KoinBisnis.

Di mana KoinBisnis ini diperuntukkan bagi para pebisnis yang membutuhkan tambahan dana sebagai modal pengembangan UKM yang dijalani atau untuk keperluan bisnis lainnya.

Jangan khawatir, kamu bisa mengajukan pinjaman KoinBisnis hingga Rp2 miliar dan tenor hingga 2 (dua) tahun lamanya.

Tentunya tanpa ribet dan tanpa agunan (jaminan).


Jenis Pinjaman KoinBisnis

a. Invoice Financing

Pinjaman online cepat cair pada kategori invoice financing digunakan untuk menjaga arus kas agar terus berjalan dengan semestinya.

Tujuannya supaya kamu masih bisa memutar uangnya untuk membayar supplier, menggaji karyawan, membeli bahan baku, dan melanjutkan aktivitas produksi lainnya selagi menunggu piutang dari pelanggan dibayar.

Lalu, mengapa bisnis perlu ajukan pinjaman invoice financing?

Saat sebuah bisnis menjual barang atau jasanya kepada pelanggan besar seperti retailer besar atau wholeseller, mereka tidak akan langsung membayar kontan melainkan dengan berutang.

Utang tersebut masuk ke dalam utang jangka pendek. Namun, tetap saja, ketika utang tersebut belum dibayar, bisnis tidak dapat menjalankan operasionalnya dengan maksimal.

Bahkan, beberapa bisnis mungkin tidak bisa melanjutkan produksi dan penjualan sama sekali tanpa adanya arus kas dari utang tersebut.

Apa syarat utama pengajuannya?

Pemilik bisnis hanya perlu mengajukan invoice-nya saja, yang digunakan sebagai bukti pegangan untuk piutang yang belum terbayarkan.

Perspektif untuk Lender (Pendana):

  • Invoice financing merupakan jenis pinjaman dengan risiko terendah dari pendanaan KoinWorks.
  • Risikonya sangat rendah, imbal hasil yang didapat juga lebih rendah daripada jenis pinjaman bisnis lainnya.
  • Invoice financing merupakan pinjaman dengan tenor paling singkat.
  • Bisnis yang telah memiliki langganan besar memiliki kemungkinan yang sangat tinggi untuk membayar utangnya beserta imbal hasil.
  • Mayoritas peminjam merupakan pemilik dari bisnis yang telah berjalan cukup lama dan memiliki banyak pelanggan loyal, serta operasional yang sangat baik.
b. Inventory Purchase

Pinjaman pada kategori inventory purchase akan membantuk bisnis untuk mengisi arus kas.

Dengan tujuan melanjutkan produksi, pembayaran ke supplier, atau menyetok bahan baku produksi ketika barang yang telah diproduksi belum dapat terjual.

Apa bedanya dengan invoice financing?

Invoice financing adalah pinjaman untuk mengisi arus kas untuk barang atau jasa yang sudah terjual dengan jaminan invoice-nya, sedangkan inventory purchase adalah pinjaman untuk mengisi arus kas ketika barangnya belum terjual.

Perspektif untuk Lender (Pendana)

  • Pinjaman lebih berisiko dibandingkan dengan invoice financing. Sebagai gantinya, imbal hasil yang didapat akan lebih besar.
  • Bisnis yang membutuhkan pinjaman seperti ini biasanya adalah B2C, di mana pelanggan biasa melakukan pembelian eceran.
  • Kemungkinan dapat menjual habis seluruh produknya sebelum gudang penuh atau kemungkinan produk menyusut (jika bisa expired) akan lebih kecil daripada bisnis jenis invoice financing.
c. Business Expansion

Pinjaman pada kategori business expansion diberikan kepada UKM yang telah memiliki fondasi bisnis yang cukup kuat untuk mengembangkan bisnisnya lebih jauh lagi.

Dalam arti memiliki rekam jejak bisnis yang bagus, laporan keuangan yang plus, usia bisnis yang lebih panjang, dan potensi cakupan pelanggan yang lebih luas.

Jenis-jenis pengembangan bisnis yang biasa dilakukan yaitu:

  1. Merekrut karyawan lebih banyak lagi, biasanya untuk bisnis yang produknya berupa jasa.
  2. Menambah cabang di lokasi baru.
  3. Menambah peralatan baru, biasanya untuk pabrik.
  4. Meluncurkan jenis produk baru. 

Mengapa bisnis perlu ajukan pinjaman business expansion?

Jika kamu memiliki peluang untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi, lakukanlah, ajukan pinjaman sebagai pendukung ide kamu itu.

Jangan sia-siakan kesempatan sekecil apa pun. Selagi bisnis kamu mampu untuk berkembang, lakukanlah maka kamu tidak akan menyesal di kemudian hari.

Perspektif untuk Lender (Pendana)

  • Pinjaman ini merupakan pinjaman bisnis KoinWorks dengan risiko tertinggi dan tenor terlama, dengan imbal hasil yang juga paling tinggi di antara pinjaman bisnis lainnya.
  • Faktor kemungkinan berhasilnya jauh lebih kecil daripada pinjaman bisnis invoice financing dan inventory purchase.

Syarat Umum Pengajuan Pinjaman KoinBisnis Cepat Cair Tanpa Ribet

Sebelum benar-benar mengajukan pinjaman bisnis di KoinWorks, berikut beberapa syarat dan dokumen yang harus kamu siapkan terlebih dahulu.

  • Bisnis kamu sudah berjalan selama minimal 2 tahun.
  • Domisili bisnis ada di area Jabodetabek. Apabila berada di luar area Jabodetabek, mohon coba platform kami kembali di kemudian hari atau hubungi layanan pelanggan KoinWorks untuk memastikannya.
  • Menentukan rincian usaha, berupa informasi dasar dan informasi keuangan selama 1 tahun terakhir. Semakin banyak yang kamu berikan, semakin mudah dan cepat proses evaluasi dari pihak KoinWorks.
  • Menentukan tujuan pinjaman, dengan memberitahu alasannya juga. Jika kamu memiliki kutipan harganya, silakan diunggah.
  • Menulis rincian pemilik, dengan memberitahu tentang diri kamu, informasi keuangan kamu, dan jangan lupa unggah informasi mengenai identitas kamu.
  • Apabila bisnis kamu berjalan melalui salah satu platform marketplace mitra KoinWorks, kamu bisa melakukan pengajuan melalui platform tersebut dan dapatkan bunga yang lebih rendah.

 

Selain itu, pastikan juga bahwa kamu:

  • Berusia 21 tahun ke atas.
  • Memiliki rekening bank di Indonesia.
  • Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki KTP.
  • Memiliki sumber pendapatan tetap.
  • Tidak memiliki utang yang tidak terlunasi.

Untuk lebih jelasnya mengenai dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan pinjaman KoinBisnis, perhatikan tabel di bawah ini.

Perorangan Perusahaan
KTP KTP Direktur/Pemilik
NPWP (bila pengajuan diatas 50jt) NPWP Perusahaan
Kartu Keluarga (bila menikah) Akta Perubahan Perusahaan (terbaru)
Mutasi Rekening 3 bulan terakhir Mutasi Rekening 3 bulan terakhir
Laporan Keuangan

Semakin lengkap informasi yang kamu berikan, maka semakin tinggi kesempatan pengajuan pinjaman kamu untuk disetujui.

Ada pula bunga pinjaman yang harus kamu bayarkan yaitu 0,75% – 1,67% setiap bulannya.

Bila pengajuan pinjaman kamu disetujui, maka akan ada pengenaan Biaya Persetujuan Kredit sebesar 2% – 4%, Asuransi Jiwa Allianz sebesar 0.24%, dan Biaya Administrasi sebesar Rp100.000.


Panduan Untuk Memulai Pengajuan Pinjaman KoinBisnis

Kamu bisa mulai mengajukan pinjaman modal bisnis lewat beberapa langkah mudah berikut ini.

cara pengajuan pinjaman di koinbisnis - Jenis Pinjaman Online Cepat Cair

Keterangan:

  1. Ajukan pinjaman secara online dengan melengkapi formulir yang disediakan serta unggah dokumen yang dibutuhkan, langsung melalui aplikasi KoinWorks.
  2. Selesaikan proses pendaftaran dengan melengkapi data yang diperlukan. Sebagai bagian dari proses verifikasi, tim KoinWorks akan menghubungi kamu untuk mencocokkan data dan memproses lebih lanjut.
  3. Setelah pengajuan disetujui, pinjaman kamu akan diterbitkan ke dalam platform KoinWorks untuk kemudian didanai oleh ratusan ribu Pendana aktif. Kamu bisa memantau proses pendanaan melalui dasbor di aplikasi KoinWorks.
  4. Jika prosesnya telah mencapai 100% atau setidaknya 80% dalam jangka waktu 8 hari, maka pinjaman akan langsung dicairkan ke rekening bank Anda.
  5. Saatnya bayar cicilan. Bayar cicilan kamu tepat waktu lewat virtual account bank pilihan kamu. Jika kamu ingin melakukan pelunasan lebih awal, KoinWorks tidak akan mengenakan biaya tambahan, lho!
Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang


2. KoinGaji: Pinjaman Salary Advance untuk Karyawan 

koinemployee-5

KoinGaji merupakan solusi bagi perusahaan yang ingin memberikan salary advance untuk karyawannya saat membutuhkan dana tunai secara cepat.

Dengan menggunakan KoinGaji, fasilitas salary advance yang diberikan perusahaan kepada karyawan, tidak akan membebani arus kas perusahaan.

Adapun, Salary Advance sendiri bisa sangat efektif untuk membantu karyawan, lho dalam memenuhi kebutuhan dana darurat yang mereka miliki.

Bukan lagi menjadi rahasia kalau adanya masalah keuangan, akan membuat produktivitas karyawan menurun.

Nah, supaya karyawan tetap bisa memberikan performa yang baik untuk mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan, memberikan solusi atas masalah keuangan mereka dengan fasilitas salary advance bisa menjadi pilihan.

Salary Advance nantinya bisa dipergunakan karyawan untuk memenuhi segala kebutuhan pribadinya.

Kebutuhan tersebut meliputi dana pernikahan, renovasi rumah, keperluan darurat, kebutuhan sekolah anak, pembelian barang, dan kebutuhan pribadi lainnya.

Ada pula beberapa partner perusahaan yang telah bekerja sama dengan KoinGaji untuk membantu memenuhi kebutuhan karyawan perusahaan, termasuk GreatDay dan Finansialku.

Beberapa Partners KoinGaji

Sama seperti KoinBisnis, pinjaman KoinGaji juga tidak memerlukan kartu kredit serta agunan (jaminan).

Persyaratannya pun cukup mudah, mengingat KoinGaji telah bekerja sama secara langsung dengan pihak atau perusahaan pemberi kerja.

Lalu, apa manfaatnya bagi karyawan dan perusahaan?

  • Karyawan:
    • Tingkatkan fokus, produktivitas, dan kinerja karyawan.
    • Membantu untuk tetap menjaga arus kas perusahaan.
    • Semua proses akan ditangani oleh KoinWorks.
    • Tidak perlu khawatir dengan keamanannya, KoinWorks telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.
  • Perusahaan:
    • Berbagai kebutuhan finansial, seperti bisnis dan pribadi bisa terpenuhi dengan segera.
    • Proses peminjaman mudah, karena pinjaman yang di dapatkan melalui perusahaan itu sendiri.
    • Suku bunga yang terjangkau.
    • Proses pencairan yang juga cepat.

Adapun pinjaman KoinGaji menurut perspektif lender (pendana), yaitu:

  • Memiliki risiko lebih rendah daripada KoinPintar.
  • Peminjam KoinGaji dapat dipastikan memiliki pekerjaan yang aman karena sudah bekerja sama dengan perusahaan di mana tempat peminjam bekerja.

Salary Advance KoinGaji

Pinjaman online cepat cair ini berkaitan dengan gaji yang kamu dapatkan setiap bulannya.

Kamu dapat menerima gaji lebih awal hingga 80% dari jumlah total gaji bulanan. Sehingga kamu tidak perlu lagi menunggu hingga akhir bulan.

Pembayaran dilakukan secara otomatis pada saat penerimaan gaji, di mana langsung ada pemotongan oleh HR senilai pinjaman dan biaya tambahan.

Perlu diketahui, tidak ada bunga dalam pinjaman online ini, yang ada hanya biaya tetap atau biaya administrasi tambahan.

 

II. Syarat Umum Pengajuan Pinjaman Karyawan Cepat Cair Tanpa Ribet

Untuk karyawan bisa mengajukan pinjaman KoinGaji, perusahaan harus melakukan kerjasama terlebih dahulu dengan KoinWorks.

Kamu bisa mengisi form di bit.ly/koingajiform dan tim kami akan segera menghubungi kamu.

Setelah ketentuan yang diharuskan telah selesai terpenuhi, karyawan bisa mengajukan salary advance melalui aplikasi KoinWorks dengan mudah.


Panduan Untuk Memulai Pengajuan Pinjaman KoinGaji

  • Unduh Aplikasi KoinWorks
  • Lakukan registrasi, dan lengkapi dokumen yang diperlukan
  • Akses KoinGaji melalui beranda
  • Isi form yang tersedia
  • Unggah pesyaratan dokumen yang diperlukan untuk melanjutkan proses aplikasi
  • Tim KoinWorks akan menghubungi untuk mengkonfirmasi permohonan pinjaman
  • Setelah disetujui, dana akan dicairkan ke rekening karyawan, 1×24 jam.

 

Ketahui Panduan KoinGaji Lainnya


Bagaimana? Masih bingung dengan proses pengajuan pinjaman online di KoinWorks? Kamu bisa langsung menghubungi layanan pelanggan KoinWorks di 085592013102 atau melalui email [email protected].

Untuk mengetahui panduan lainnya mengenai KoinWorks’ Super Financial App, baca artikel di bawah ini:


Dapatkan berbagai informasi seputar Daily dan Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Firda Nur Asmita

Firda Nur Asmita

As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.