10 Perusahaan Ritel Terbesar di Dunia, Apa Saja?

perusahaan ritel terbesar di dunia

Apa saja perusahaan ritel terbesar di dunia?

Perusahaan ritel adalah perusahaan yang menjual barang atau jasa kepada konsumen dalam jumlah satuan atau eceran. 

Biasanya, konsumen dari bisnis tersebut adalah seseorang yang akan mengonsumsi atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan secara pribadi dan tidak untuk diperjualbelikan kembali.

Melansir dari Investopedia, KoinWorks telah merangkum 10 perusahaan ritel terbesar di dunia berdasarkan pendapatannya di tahun 2022.

Apa saja?

Simak artikel ini hingga akhir, ya!


1. Walmart Inc

Saat ini, Walmart Inc tercatat sebagai urutan pertama perusahaan ritel terbesar di dunia dengan pendapatan $600.1 miliar.

Walmart  merupakan perusahaan ritel asal Amerika yang dikenal pula sebagai toko Walmart di Timur. 

Hingga kini, perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1962 ini telah memiliki 10.566 toko di 24 negara, lho. 

Sementara untuk produk yang dijual, Walmart menyediakan berbagai macam barang dagangan dan pakaian jadi, perlengkapan rumah tangga, buku, perhiasan, makanan dan minuman, persediaan farmasi, serta peralatan otomotif. 

Lengkap banget, ya? 


2. Amazon

Tentunya, kamu sudah cukup familiar dengan perusahaan ritel terbesar di dunia yang satu ini, bukan? 

Amazon merupakan perusahaan e-commerce asal Amerika Serikat yang didirikan pada Juli 1994 silam oleh Jeff Bezos

Saat itu, Bezos merintis Amazon di garasi rumahnya yang terletak di Washington DC, Amerika Serikat (AS) hanya dengan modal 10.000 dolar AS, lho. 

Lebih lanjut, saat itu ia memiliki tujuan untuk membangun bisnis toko buku kecil-kecilan di mana buku-buku tersebut bisa menjangkau konsumen di seluruh dunia. 

Namun, siapa sangka?

Kini, Amazon telah bertransformasi menjadi raksasa e-commerce yang tak hanya menawarkan buku, tetapi juga berbagai produk lainnya, seperti kebutuhan sehari-hari, isi ulang ponsel belanja, isi ulang DTH, tagihan listrik dan air, konten hiburan digital, Amazon Prime, layanan cloud Amazon Web Services (AWS) dan masih banyak lagi. 

Keren banget, ya? Modal 10.000 dollar AS sukses mengantarkan Amazon menjadi perusahaan yang memiliki pendapatan $502.2 miliar di tahun 2022. 

Bahkan, kesuksesan Amazon mampu mengantarkan Bezos menjadi salah satu orang terkaya di dunia, lho. 


3. Costco Wholesale Corporation

Berdasarkan laporan pendapatannya di tahun 2022, Costco masuk dalam peringkat keempat perusahaan ritel terbesar di dunia dengan total pendapatan yang diperoleh mencapai $231 miliar. 

Costco Wholesale Corporation atau yang dikenal juga dengan Costco merupakan perusahaan multinasional asal Amerika yang didirikan pada 1976.

Perusahaan yang berkantor pusat di Washington, AS ini menjual berbagai produk, mulai dari makanan, elektronik, otomotif, hobi, alat outdoor, pakaian, kesehatan, hingga furniture

Hingga kini, Costco Wholesale Corporation telah memiliki 804 gudang yang tersebar di seluruh dunia, mulai dari Amerika Serikat, Puerto Rico, Kanada, Meksiko, Jepang, dan masih banyak lagi.


4. Home Depot

Sesuai namanya, perusahaan ritel terbesar di dunia yang selanjutnya merupakan perusahaan pengecer perbaikan rumah. 

Perusahaan yang berkantor pusat di Atlanta ini didirikan pada 6 Februari 1978 oleh Bernard Marcus, Arthur Blank, Ron Brill, dan Pat Farah.

Home Depot menawarkan berbagai peralatan, produk perlengkapan konstruksi, dan layanan.

Hingga kini, home depot telah memiliki toko yang tersebar di Amerika Serikat hingga luar Amerika Serikat, seperti Kanada, Meksiko, China, Inggris, hingga Amerika Selatan. 


5. JD.com Inc

Pernah dengar JD.ID?

Perusahaan perdagangan elektronik tersebut merupakan bagian dari Jingdong Mall atau yang dikenal dengan JD.com, lho. 

Awalnya, perusahaan ini didirikan dengan nama 360buy oleh Richard Liu pada tahun 1998 sebagai toko fisik yang menjual produk optik magnet di Beijing, China. Selain itu, alasan Richard mendirikan bisnis ini adalah untuk fokus di bidang teknologi dan direct selling.  

Kemudian, pada tahun 2008 Richard mengembangkan bisnisnya dengan mendirikan JD Mall yang memperjualbelikan berbagai barang elektronik dengan model e-commerce.

Perkembangan ini berhasil mengantarkan perusahaan ini mendapat penghargaan Gross Merchandise Value yang mencapai US$20.7 triliun, lho. 

Hingga pada tahun 2013, Jingdong Mall memutuskan untuk mengganti nama 360buy menjadi JD.com. Menariknya, hal tersebut membuat bisnis lebih berkembang, lho.

Bahkan, Jingdong Mall berhasil masuk dalam jajaran perusahaan ritel terbesar di dunia dengan pendapatan $141,30 miliar di tahun 2022. 


6. The Krogen Co.

The Krogen Co merupakan perusahaan ritel terbesar di dunia yang mengoperasikan supermarket, toko multi-departemen, toko perhiasan, hingga toko serba ada di Amerika Serikat.

Lebih lanjut, merek-merek yang berada di bawah naungan perusahaan ini, di antaranya Big K, Pick-n-Save, Heritage Farm, Simple Truth, dan Simple Truth Organic. 

Selain itu The Krogen Co. juga memproduksi dan mengolah beberapa makanan yang dijual di supermarketnya.

Dilansir dari sumber yang sama, total pendapatan The Krogen Co. mencapai $146.5 miliar di tahun 2022, lho.  


7. Walgreens Boots Alliance Inc

Walgreens Boots Alliance merupakan perusahaan ritel yang menyediakan layanan toko obat terutama di Amerika Serikat dan Eropa. 

Perusahaan ritel terbesar di dunia ini memiliki apotek dengan nama merek Walgreens dan Duane Reade. 

Sementara itu, Wallgreen Boots Alliance juga melakukan ekspansi secara internasional dengan mengoperasikan toko ritel yang menjual produk dengan merek termasuk No7, Boots Pharmaceuticals, Botanics, Liz Earle, dan Soap & Glory. 

Tak hanya itu, Walgreens juga mengoperasikan bisnis grosir, yang memasok obat-obatan, produk perawatan kesehatan lainnya, dan layanan terkait kepada dokter, pusat kesehatan, dan rumah sakit.

Di tahun 2022, Walgreens diketahui telah mendapatkan pendapatan hingga $132.7 miliar, lho.


8. Alibaba Group

Siapa, sih, yang tak kenal perusahaan teknologi yang satu ini?

Alibaba Group merupakan perusahaan teknologi multinasional asal Tiongkok yang didirikan pada tahun 1999 oleh Jack Ma dan 17 rekannya

Saat itu, Alibaba berambisi untuk menjadi marketplace pertama yang memfasilitasi transaksi dalam jumlah besar.

Tak membutuhkan waktu lama, pada bulan Oktober di tahun yang sama Alibaba mendapat pendanaan sebesar USD 5 juta dari konsorsium investor. 

Tahun demi tahun berjalan, Alibaba semakin sukses dalam mengembangkan bisnisnya dan meraih sederet prestasi. Salah satunya masuk dalam jajaran perusahaan ritel terbesar di dunia dengan total pendapatan di tahun 2022 mencapai $131,4 miliar. 

Tak hanya itu, sang pendiri, Jack Ma pun turut masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia, lho. 


9. Target Corporation

Perusahaan ritel terbesar di dunia yang terakhir adalah Target Corporation. 

Target Corporation merupakan jaringan pusat perbelanjaan di Amerika yang juga salah satu pengecer terbesar di Amerika Serikat.

Awalnya, perusahaan yang berkantor pusat di Minneapolis, Minnesota ini didirikan pada Januari 1962 sebagai Divisi Diskon Minneapolis Dayton Company. 

Hingga pada tahun 2021, Target telah memiliki 1.926 toko yang tersebar di Amerika Serikat. 

Apa saja yang dijual oleh perusahaan ini?

Barang-barang yang dijual oleh Target Corporation di antaranya, tempat tidur, makanan, kecantikan dan kesehatan, pakaian dan aksesoris, elektronik, furnitur, peralatan olahraga, perhiasan, dan lain sebagainya. 

Berdasarkan pendapatannya di tahun 2022, Target Corporation telah mengantongi hingga $108,7 miliar, lho. 

Tak heran jika perusahaan ini masuk dalam jajaran perusahaan ritel terbesar di dunia. 


10. Lowe’s Companies

Lowe’s Companies, Inc. adalah perusahaan ritel terbesar di dunia yang bergerak di bidang perbaikan rumah. 

Perusahaan yang didirikan pada tahun 1946 ini mengoperasikan rantai toko ritelnya di Amerika Serikat dan Kanada. 

Selain itu, perusahaan yang berbasis di Mooresville, North Carolina ini juga merupakan pengecer perbaikan rumah terbesar kedua di Amerika Serikat, setelah Home Depot, lho. 

Lowe’s menawarkan berbagai macam produk untuk perbaikan rumah, termasuk peralatan, perkakas, perangkat keras, kayu, dan bahan bangunan. 

Tak hanya itu, perusahaan ini juga menyediakan layanan pemasangan untuk produk seperti atap, dinding, dan lantai, serta layanan perbaikan dan pemeliharaan melalui program MyLowe.


Nah, itulah 10 perusahaan ritel terbesar di dunia berdasarkan pendapatannya di tahun 2022. 

Kamu juga bisa, lho, mengikuti jejak perusahaan di atas dengan mendirikan bisnismu sendiri. 

Tak perlu khawatir dengan kekurangan modal, ‘kan ada pinjaman modal usaha dari KoinBisnis.

Terlebih KoinBisnis menawarkan bunga cicilan rendah, yaitu 0,75%-1,67% per bulan yang pastinya ramah untuk calon pebisnis. 

Yuk, ajukan pinjaman usaha di KoinBisnis!

Kunjungi KoinLearn!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.