KMG atau Kredit Multiguna merupakan salah satu produk perbankan yang memberikan fasilitas pinjaman dimana peminjam diharuskan untuk memberikan jaminan. Taksiran harga atau nilai dari jaminan tersebut sangat berpengaruh terhadap besarnya pinjaman yang dapat diperoleh oleh si peminjam. Pada umumnya nilai jaminan kredit multiguna harus bernilai sama atau bahkan lebih besar dari jumlah pinjaman yang diajukan, dan tidak semua benda atau harta milik bisa dijadikan jaminan untuk kredit multiguna ini. Dari jaminan milik peminjam tersebut pihak bank dapat menaksir limit kredit multiguna yang akan dicairkan, sehingga jumlah pinjaman yang diberikan oleh jenis pinjaman ini relatif lebih besar dan fleksible. Anda bisa mengajukan kredit multiguna ini kepada pihak penyedia layanan KMG seperti lembaga perbankan dan lembaga multifinance. Kedua lembaga ini merupakan lembaga keuangan yang menyediakan layanan kredit multiguna dengan proses persetujuan aplikasi dan penerapan suku bunga yang berbeda.

Limit pinjaman yang diberikan oleh kredit mulitguna ini bisa mencapai hingga milyaran rupiah. Selama peminjam masih dalam periode pengembalian pinjaman, maka jaminan yang diberikan tersebut akan diamankan oleh pihak bank. Beberapa jaminan-jaminan kredit yang dapat menjadi agunan kredit multiguna diantaranya, sertifikat tanah, sertifikat rumah atau bangunan, pesawat terbang atau kapal laut, kendaraan bermotor, mesin-mesin pabrik, dan jaminan-jaminan bernilai tinggi lainnya. Agar lebih jelas, mari kita bahas satu persatu mengenai bentuk jaminan kredit multiguna berikut ini :

  1. Sertifikat Tanah

Tanah merupakan harta atau aset tidak bergerak yang memiliki nilai jual tinggi. Tanah juga biasanya dijadikan sebagai bentuk investasi berharga karena memiliki harga jual yang selalu meningkat setiap tahunnya. Bahkan saat kurs rupiah mengalami fluktuasi yang tidak menentu, tanah akan tetap menjadi aset yang banyak diminati oleh banyak orang. Anda bisa menggunakan aset tanah yang Anda miliki sebagai jaminan untuk kredit multiguna ini. Namun satu hal yang perlu Anda ketahui, bahwa tanah yang bisa digunakan sebagai agunan atau jaminan kredit multiguna ini adalah tanah yang telah memiliki sertifikat hak milik (SHM) sehingga bisa dipertanggungjawabkan secara hukum, baik hak milik, hak guna usaha, maupun hak pakai atas tanah negara.

  1. Sertifikat Rumah atau Bangunan

Rumah atau bangunan yang bisa dijadikan sebagai agunan atau jaminan adalah rumah tinggal, gedung kantor, hotel, rumah susun, pabrik, dan bangunan bernilai tinggi lainnya. Syarat yang harus Anda penuhi jika ingin mengajukan jaminan berupa rumah atau bangunan ini adalah rumah atau bangunan yang Anda miliki tersebut telah dilengkapi dengan dokumen-dokumen berkekuatan hukum seperti surat Izin Mendirikan Bangunan atau IMB serta keterangan pelunasan Pajak Bumi Bangunan atau PBB

  1. Mesin Pabrik

Mesin pabrik yang bisa Anda jadikan jaminan kredit multiguna adalah mesin pabrik yang masih layak guna dan memiliki nilai yang disesuaikan dengan kondisi serta usia mesin pabrik tersebut. Jadi jika Anda ingin mengajukan mesin pabrik sebagai bentuk jaminan pinjaman Anda maka Anda harus memastikan bahwa mesin pabrik tersebut masih dalam kondisi baik dan masih bisa digunakan.

  1. Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor merupakan aset yang umum dimiliki oleh semua kalangan masyarakat sehingga kendaraan bermotor tidak dianggap sebagai barang berharga oleh sebagian orang. Dengan begitu Anda pun dapat dengan mudah menggunakan kendaraan bermotor sebagai jaminan kredit multiguna. Beberapa jenis kendaraan bermotor yang bisa Anda jadikan jaminan pinjaman adalah mobil dan sepeda motor dengan syarat kendaraan bermotor tersebut telah dilengkapi dengan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor atau BPKB.

5.. Pesawat Terbang atau Kapal Laut

Pesawat terbang atau kapal laut merupakan benda berharga yang bisa Anda jadikan sebagai jaminan kredit multiguna asalkan telah memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan. Pesawat terbang atau kapal laut yang memungkinkan untuk dijadikan sebagai jaminan kredit multiguna adalah pesawat atau kapal yang memiliki ukuran di atas 20 meter kubik yang diikat dengan hipotek. Hipotek adalah kredit yang diberikan atas dasar jaminan berupa benda tidak bergerak. Itulah beberapa contoh jenis jaminan yang bisa Anda berikan pada pihak penyedia kredit multiguna. Untuk mengajukan pinjaman jenis ini, pastikanlah Anda memilih jenis jaminan dan pihak penyedia KMG yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

1 KOMENTAR

  1. Terima kasih info tentang ini sangat bermanfaat.
    Semoga website ini terus menyajikan info yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.