Home » Blog » Investasi & Keuangan Pribadi » Apa itu Wire Transfer, Fungsi, Serta Cara Menggunakannya

Apa itu Wire Transfer, Fungsi, Serta Cara Menggunakannya

·
4 menit
Apa itu Wire Transfer, Fungsi, Serta Cara Menggunakannya

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, transaksi keuangan pun juga sudah semakin canggih dan global.

Oleh karena itu, sekarang melakukan transfer uang atau menerima transfer uang dari luar negeri bukanlah hal yang sulit lagi.

Misalnya, kamu yang sekarang tinggal di Indonesia ini, sangat mungkin memiliki pelanggan atau klien dari luar negeri, atau sebaliknya.

Sehingga mengharuskan kamu untuk melakukan proses transaksi pembayaran antar negara.

Hal tersebut dapat dengan mudah kamu lakukan melalui wire transfer. Nah, bagi kamu yang belum tahu apa itu wire transfer, fungsi dan cara menggunakannya, maka kamu bisa simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Wire Transfer?

Secara singkat, wire transfer adalah suatu transaksi transfer uang antar bank di lain negara. Istilah wire transfer ini pasti sudah tidak asing lagi, apabila kamu merupakan seseorang yang senang melakukan forex trading atau kamu adalah orang yang berprofesi sebagai rater.

Mengapa? Karena sudah pasti kamu akan memerlukan wire transfer untuk melakukan pembayaran atau menerima pembayaran dari luar negeri.

Contohnya, apabila kamu berprofesi sebagai seorang rater yang menetap di Indonesia, dan kamu ingin menerima pembayaran dari perusahaan kamu yang ada di Perancis, maka bank kamu yang ada di Indonesia bisa menerima uang transfer dari perusahaan kamu yang ada di Perancis tersebut.

Proses transfer uang antar bank berbeda negara tersebutlah yang disebut dengan proses wire transfer.

Contoh lainnya agar kamu lebih mengerti apa itu wire transfer adalah, misalnya saja kamu bekerja sebagai WNI yang bekerja di Taiwan, kamu ingin mengirimkan yang pada saudara kamu yang ada di Jakarta.

Maka, kamu bisa melakukan transfer melalui bank kamu yang ada di Taiwan, dan bank saudara kamu yang ada di Jakarta akan menerima uang tersebut.

Fungsi Wire Transfer

Dari pengertian wire transfer diatas, pasti kamu sudah bisa menyimpulkan fungsi dari wire transfer.

Ya, fungsi wire transfer adalah untuk melakukan transaksi transfer uang antar bank di lain negara. Jadi, dengan adanya wire transfer ini, kamu bisa dengan mudah melakukan atau menerima transfer dari luar negeri.

Wire transfer ini bisa dibilang cukup penting keberadaannya, karena ada banyak sekali masyarakat Indonesia yang bekerja di luar negeri atau yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri.

Ada nya wire transfer tersebut pasti sangat memudahkan mereka dalam melakukan transaksi transfer uang dari atau kepada keluarga mereka yang ada di Indonesia.

Dan lebih bagusnya lagi, kegiatan transaksi tersebut secara tidak langsung bisa berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Bank apa saja di Indonesia yang bisa Melayani Wire Transfer?

Bagi kamu yang ingin melakukan wire transfer, kamu sudah bisa melakukannya hampir di semua bank yang ada di Indonesia.

Waktu pemrosesannya pun juga tidak terlalu lama, dalam kurun waktu satu hingga empat hari kerja biasanya uang kamu sudah tiba dengan selamat pada bank penerima.

Waktu yang digunakan untuk memproses transaksi transfer bank lintas negara tersebut juga tidak tergantung pada jauh dekatnya negara tujuan atau negara asal.

Namun, hal tersebut akan tergantung pada sudah ada atau belum nya kerja sama yang dilakukan oleh bank yang melakukan pengiriman dan bank yang akan menerima.

Apabila memang belum ada kerjasama antara dua bank tersebut, maka proses transfer tersebut haruslah terlebih dahulu melalui bank penghubung.

Hal yang dibutuhkan untuk Melakukan Wire Transfer

Proses pengiriman uang melalui wire transfer memang tidaklah sulit, namun ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum kamu melakukannya.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai apa itu wire transfer, fungsi dan cara menggunakannya, ada baiknya kamu juga tahu apa saja hal yang harus dipersiapkan untuk melakukan wire transfer.

Dalam mengirim uang melalui wire transfer, kamu bisa melakukannya dengan uang tunai, akan tetapi alangkah lebih baiknya jika kamu memiliki rekening tabungan pada bank tempat kamu ingin melakukan pengiriman wire transfer.

Hal tersebut berguna untuk memudahkan proses pengiriman, dan juga agar bank tidak mengalami kesulitan mendapatkan data mu sebagai pengirim jika nanti dibutuhkan.

Oleh karena itu kamu tidak perlu lagi pergi ke money changer. Contohnya, apabila uang yang ingin kamu transfer dalam bentuk rupiah, dan ingin mengirim uang ke US dalam nominal US dollar atau USD, maka kamu bisa mengirimkan uang tersebut dalam bentuk rupiah saja.

Nantinya, bank sendirilah yang akan melakukan konversi secara otomatis, yang mengacu pada kurs yang digunakan oleh masing-masing bank.

Untuk biaya, ada dua macam biaya yang akan dikenakan berdasarkan dua kategori, yaitu:

  • Full amount

Disini penerima akan menerima uang secara full. Contohnya jika kamu mengirim uang sebesar 200 USD, maka pihak penerima juga akan menerima uang sejumlah 100 USD.

Dengan demikian, biaya pengiriman akan dibayarkan oleh pihak pengirim, biaya yang dibebankan biasanya berkisar antara $20 hingga $30 yang dibayar dimuka.

  • Non full amount

Disini penerima harus bersedia dananya dipotong untuk biaya pengiriman. Disini pihak penerima akan dikenakan biaya sekitar $15, namun biaya pada tiap-tiap bank nya berbeda.

Jadi, sebelum kamu melakukan pengiriman, lebih baik kamu berunding dulu dengan pihak penerima. Apakah kamu akan menggunakan wire transfer yang bersifat full amount atau non full amount.

Ketahui kode SWIFT bank terlebih dahulu

Sebelum kamu melakukan wire transfer, kamu harus terlebih dahulu mengetahui kode SWIFT bank.

Kode ini berguna untuk membawa data yang mengangkut pesan antara dua lembaga perbankan atau keuangan.

Dengan adanya kode ini kedua bank yang bersangkutan bisa melakukan pertukaran data dengan aman yang sudah pasti terjaga rahasia dan juga integritasnya.

Setiap bank yang ada di dunia ini pasti memiliki masing-masing kode SWIFT. Oleh karena itu, pastikan kamu mengetahui kode SWIFT masing-masing bank penerima dan juga pengirim sebelum kamu melakukan transaksi.

Bagaimana Cara menggunakan Wire Transfer?

Bagi kamu yang ingin tahu bagaimana cara menggunakan wire transfer atau mengirim uang melalui wire transfer ke luar negeri, maka kamu bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini:

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan kamu sudah memiliki data penerima dengan lengkap.

Data tersebut meliputi negara penerima, nama penerima, kurs yang berlaku pada bank kamu, nama bank penerima, nama bank penerima, nomor telepon penerima.

Setelah kamu memiliki berbagai data diatas, maka kamu bisa langsung pergi ke bank. Kamu harus membawa buku rekening, ATM, dan juga kartu identitas.

Kemudian, kamu bisa mengisi slip transfer antar bank, pastikan kamu mengisi data dengan benar.

Apabila kamu mengalami kesulitan, maka kamu bisa meminta tolong CS untuk membantumu.

Selanjutnya, ketika proses wire transfer selesai, maka kamu harus menyimpan bukti transfer. Kemudian, kamu bisa menginformasikan kepada penerima bahwa uang nya sudah kamu transfer.

Tunggulah hingga pengiriman dana selama satu hingga empat hari kerja. Apabila dalam jangka waktu satu minggu belum kamu konfirmasi dari pihak penerima, maka kamu bisa melakukan pengecekan ke bank dimana kamu melakukan wire transfer.

Apabila kamu salah dalam mengisi data, jangan khawatir karena dana yang kamu kirim bisa kembali ke rekening asal yang ada di Indonesia.

Demikianlah hal yang perlu kamu tahu tentang apa itu wire transfer, fungsi dan cara menggunakannya. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin melakukan wire transfer.

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat