Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » 6 Cara Efektif untuk Menjaga Loyalitas Konsumen Bisnis Hijab

6 Cara Efektif untuk Menjaga Loyalitas Konsumen Bisnis Hijab

·
3 menit
bila konsumen bisnis hijab loyal, mereka akan terus berbelanja di tokomu

Tak ada bisnis yang berjalan tanpa hadirnya konsumen atau pengguna produk dan jasa kamu.

Agar sebuah bisnis tetap beroperasi dengan sehat dan berkelanjutan, perlu beberapa cara dan strategi bisnis yang perlu pelaku usaha lakukan. Tak ketinggalan juga dengan bisnis hijab.

Mempertahankan kepuasan pelanggan dapat tergolong dalam upaya menunjang kelangsungan bisnis hijab.

Apabila konsumen puas dengan produk atau pelayanan kamu, maka tak heran jika konsumen tersebut loyal dengan usaha kamu.

Mencari konsumen lama memang perlu usaha. Begitu pun menjaga loyalitas konsumen hijab juga tak semudah kelihatannya.


Cara Menjaga Loyalitas Konsumen Bisnis Hijab

Di dalam suatu hubungan pertemanan, orang cenderung akan bertahan jika punya rasa kepemilikan antar satu dengan yang lainnya. Bagaimana cara memupuk rasa memiliki antar dua pihak yang saling berhubungan? 

Ada banyak faktornya, mulai dari adanya interaksi secara terus menerus, bentuk perhatian, nilai pertemanan, hubungan saling menguntungkan, dan lain sebagainya.

Memberikan kepuasan dan wujud perhatian kepada seorang pembeli akan menumbuhkan perasaan senang di hati pembeli. 

Dengan begitu, konsumen akan merasa bahwa dirinya telah diperhatikan oleh orang lain sehingga akan timbul rasa percaya dan kecintaan seseorang dengan produk yang dia beli tadi. 

Lalu, apa saja upaya yang dapat kamu usahakan dalam rangka mempertahankan atau menjaga kesetiaan pelanggan terhadap bisnis hijab kamu? Simak beberapa caranya berikut ini:

1. Memberikan Hadiah untuk Pelanggan Setia

Cara menjaga loyalitas konsumen hijab yang pertama adalah memberi hadiah untuk konsumen lama. Upaya ini adalah bentuk penghargaan atau apresiasi dari pebisnis kepada orang yang telah lama mempercayakan kebutuhan hijabnya di toko yang sama. 

Kamu dapat menerapkan cara pertama ini kepada konsumen yang memiliki rekam jejak pembelian produk dalam waktu yang cukup lama.

Melalui pemberian hadiah tersebut, kamu telah menunjukkan kepada konsumen bahwa mereka itu berharga bagi kamu juga bisnis hijabmu. 

Orang yang merasa bahwa dirinya telah dihargai oleh pihak yang lain, biasanya cenderung memiliki inisiatif untuk mempertahankan hubungan mereka secara otomatis.

Cara ini sangat berperan dalam mempererat hubungan baik antara pebisnis dan konsumen.

2. Mengadakan Kontes Hijab Berhadiah atau Sejenisnya

Mengadakan acara kontes hijab berhadiah juga menjadi salah satu upaya dalam menjaga loyalitas konsumen hijab dan menggaet konsumen baru agar tahu dengan bisnis hijabmu.

Pengadaan kontes itu sendiri sudah menjadi upaya pengenalan brand kepada masyarakat secara lebih luas. 

Kontes hijab berhadiah tersebut tentu akan berpotensi membuat banyak orang ingin terlibat di dalamnya dan memberikan upaya maksimalnya untuk bisa memenangkan acara tersebut.

Bahkan cara ini merupakan salah satu teknik marketing yang efektif untuk meningkatkan penjualan.

Dilansir dari PAPER Blog, Google Primer pernah menyatakan bahwa pengadaan kontes berhadiah dinilai efektif untuk menyumbang lead bisnis sampai dengan 75 persen.

3. Memberi Nama Fanbase Unik untuk Konsumen Hijab Kamu

Pemberian nama unik ini merupakan bentuk kedekatan antara pebisnis hijab dengan konsumennya.

Selain itu, penetapan nama fanbase ini bisa menjadi sebuah identitas khusus yang hanya dimiliki oleh komunitas pelanggan bisnis hijab kamu. Adanya unsur eksklusivitas biasanya membuat seseorang merasa istimewa.

4. Mengadakan Kuis untuk Semua Konsumen

Mengadakan kuis atau bentuk permainan lain adalah salah satu wujud perhatian pelaku bisnis terhadap setiap konsumennya. Upaya ini bisa jadi cara lain yang efektif untuk menarik konsumen baru dan menjaga loyalitas konsumen hijab yang lama.

Cara ini mungkin tidak memberikan hasil pasti bahwa konsumen tertentu akan datang kembali ke toko hijab kamu.

Meski demikian, konsumen-konsumen tersebut suatu saat nanti akan menjadi potential buyer dan pelanggan tetap di kemudian hari. Setidaknya mereka sudah kenal dengan brand atau toko hijab yang kamu miliki.

5. Berikan Kemudahan dalam Bertransaksi

Jika ingin konsumen hijabmu setia dengan produk kamu, maka terapkanlah cara transaksi yang mudah dan tidak menyulitkan setiap pembeli.

Rata-rata orang akan cenderung kapok jika selama membeli hijab di suatu toko rasanya seperti dipersulit khususnya dalam hal transaksi.

Oleh karena itu, penting bagi kamu selaku pemilik bisnis hijab untuk membuat sistem transaksi sesederhana mungkin agar tidak menyulitkan diri sendiri dan para pembeli.

Melalui sistem transaksi yang mudah tentu akan membuat konsumen nyaman dan betah berlama-lama jadi pelanggan tetap.

6. Membangun Komunitas Hijab

Salah satu cara menjaga loyalitas konsumen hijab selanjutnya adalah dengan menginisiasi pembentukan komunitas hijab untuk kalangan perempuan muslimah.

Sebagai pebisnis hijab, kamu dapat memfasilitasi terbangunnya komunitas dan mengikat anggota komunitas tersebut secara emosional dan rasa kekeluargaan.

Tujuan utama dari terbentuknya komunitas hijab bukan semata-mata sebagai ajang pemasaran dan promosi produk hijab tertentu secara terselubung. 

Sebagai penginisiasi kamu dapat mengajak setiap anggota komunitas untuk bisa saling bercerita, berdiskusi tentang isu tertentu, dan saling berbagi hal-hal positif lainnya antar satu sama lain.


Hal Utama yang Diperlukan untuk Menjaga Loyalitas Konsumen Hijab

Cara mempertahankan pelanggan bisnis adalah dengan fokus memberikan pelayanan maksimal dan buatlah setiap pembeli puas dengan produk dan pelayanan kamu.

Pengalaman belanja yang menyenangkan adalah satu cara untuk membuat setiap pelanggan setia dengan bisnis hijab kamu.

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat