Dibelahan dunia ini, masih ada banyak orang yang memiliki sifat dermawan atau disebut juga sebagai Filantropi lantaran cita-cita mereka yang ingin dunia ini menjadi lebih baik. Mereka tidak menggunakan pinjaman murah untuk bisa memberi apa yang mereka miliki. Mereka bahkan memberikan kekayaan mereka secara cuma-cuma untuk kemajuan umat manusia. Artinya, uang yang mereka miliki murni disumbangkan agar kehidupan manusia mendatang lebih baik lagi. Berikut tokoh filantropi kelas dunia.

Bill Gates

Semua pasti setuju jika Bill Gates dijadikan sosok paling kaya dan paling dermawan sepanjang abad ini. Business Insider juga sepakat bahwa Bill Gates adalah sosok filantropi yang paling dermawan. Kekayaan yang ia sumbangkan mencapai USD 27 Miliar. Bill Gates adalah pebisnis, investor, penulis serta mantan CEO Microsoft. Sekarang, ia telah menjabat sebagai Ketua Direksi Microsoft. Sejak tahun 1995, ia masih menjadi orang yang paling kaya di dunia sampai tahun 2007 dan tahun 2009. Tahun 2008 ia menempati urutan ketiga.

Carlos Slim Helu

Carlos adalah seorang pengusaha sekaligus filantropis. Ia menjabat sebagai CEO Teléfonos de México serta América Movil yakni perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi. Ia sendiri telah menyabet posisi paling puncak dari deretan orang terkaya di dunia menurut Forbes. Kekayaannya pada tahun 2011 adalah USD 74 Miliar. 2012 sempat turun menjadi USD 69 Miliar dan tahun 2013 naik ke angka USD 73 Miliar.

Warren Buffet

Ia adalah seorang pengusaha dan investor yang lahir pada tanggal 30 Agustus 1930 di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat. Pada tahun 2013, posisinya turun satu peringkat dibandingkan tahun 2012 walau pada saat itu kekayaannya naik dari USD 50 Miliar menjadi USD 53,5 Miliar. Ia juga merupakan sosok yang sangat dermawan. Strategi investasi dan bisnis dari Warren Buffet juga banyak dipakai dalam pengembangan bisnis oleh pebisnis-pebisnis lain.

Charles Koch Koch

Ia adalah seorang pengusaha asal Amerika. Ia juga merupakan sosok filantropis yang bahkan sangat fantastis. Posisi Koch di deretan orang terkaya di dunia tahun 2012 silam ada di urutan ke 18 dengan jumlah kekayaan USD 25 miliar. Tahun 2013, kekayaannya meningkat ke angka USD 34 Miliar. Ia merupakan sosok panutan bagi pengusaha lain yang terus bekerja keras namun tidak lupa akan karakternya sebagai seorang filantropis.

David Koch David

Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa ia masih memiliki ikatan darah dengan Chales Koch Koch. Ya, ia adalah adik Charles. Ia juga sosok pebisnis yang filantropis. Bahkan, ia merupakan seorang aktivis politik. Dua saudara ini memiliki perusahaan bernama Koch Industries. Kekayaannya di tahun 2012 mencapai USD 31 Miliar sedangkan di tahun 2013 menjadi USD 34 Miliar USD. Walau namanya belum masuk deretan orang terkaya versi Forbes, tentu ia merupakan sosok pengusaha kelas dunia yang sangat dermawan.

Li Ka Shing

Ia lahir pada tanggal 13 Juni 1928. Ia adalah seorang pengusaha asal Honkong. Di Hongkong, ia adalah sosok orang yang paling kaya menempati urutan pertama serta di Asia Timur. Majalah Forbes bahkan mengatakan bahwa Shing merupakan sosok keturunan China yang paling kaya di dunia. Tahun 2013, kekayaannya mencapai USD 31 Miliar dan posisinya sebagai orang terkaya di dunia terus naik.

Sir John Templeton

Ia adalah orang yang sangat kaya yang juga memiliki sikap dermawan luar biasa. Komitmennya sungguh mulia lantaran sepertiga dari kekayaannya ia sumbangkan untuk kemajuan kehidupan manusia terutama di bidang ilmu pengetahuan. Ia sendiri ingin agar hasil penelitian yang sudah ia biayai dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan umat manusia hingga bisa dirasakan sampai ratusan tahun kedepan.

Jadi, dengan memberi bukan berarti jumlah kekayaan kita akan berkurang. Mereka telah mencontohkannya karena di antara kekayaan kita juga terdapat hak milik mereka yang membutuhkan. Namun, yang perlu digarisbawahi adalah kita tak perlu mengambil pinjaman murah atau menunggu kaya terlebih dahulu untuk bisa saling berbagi. Apa yang kita miliki saat ini, bisa juga dibagikan kepada orang lain agar lebih bermanfaat serta orang lain dapat merasakan manfaatnya juga.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.