Home Bisnis Bisnis Jadi Laris Manis Berkat Merchandise yang Menarik

Bisnis Jadi Laris Manis Berkat Merchandise yang Menarik

Bisnis Jadi Laris Manis Berkat Merchandise yang Menarik – Ketika kamu memiliki suatu bisnis dan ingin menjalankan suatu promosi untuk menarik minat para pelanggan, apakah pernah terbesit dipikiranmu untuk membuat suatu merchandise?

Kamu sendiri, apakah pernah mendapatkan merchandise yang menarik pada suatu produk yang kamu beli? Seperti card holder, notes sampai gantungan kunci.

Tidak hanya dalam hal promosi, merchandise juga biasa diberikan oleh suatu perusahaan kepada konsumennya sebagai pendukung dalam suatu acara, dan merchandise biasanya diberikan secara cuma-cuma atau gratis.

Biasanya pada merchandise tersebut tersematkan logo dari brand perusahaan yang bersangkutan. Namun, merchandise ini tidak hanya bisa dilakukan oleh perusahaan besar kok.

Kamu yang memiliki bisnis kecil-kecilan juga bisa memberikan merchandise untuk konsumenmu. Dengan begitu, kamu berpeluang untuk menarik minat para konsumen baru pada produkmu lho.


Bisnis Jadi Laris Manis Berkat Merchandise yang Menarik

#1 Pentingnya Merchandise Bagi Pebisnis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kehadiran merchandise bisa menjadi ajang untuk menarik konsumen baru pada bisnismu.

Bisa dibilang, bahwa merchandise efektif sebagai promosi untuk meningkatkan brand awareness pada bisnis.

Lantas, seberapa pentingkah peran merchandise sebagai promosi dalam kemajuan bisnis kamu? Berikut penjelasannya.


I. Sebagai Daya Tarik Konsumen

Tak dipungkiri semua orang tentunya akan senang jika mendapatkan segala sesuatu atau pernak-pernik yang unik. Terlebih lagi jika merchandise yang diberikan bisa berguna di kehidupan sehari-hari.

Sebagai contoh, seorang ibu rumah tangga yang mendapatkan merchandise piring cantik pada suatu pembelian produk tentunya akan sangat bermanfaat baginya.

Salah satu kecenderungan konsumen dalam membeli suatu produk, yaitu untuk mendapatkan merchandise yang ditawarkan oleh brand tertentu.

Hal ini menunjukkan bahwa merchandise memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen. Jadi, jika kamu memiliki bisnis, kamu bisa memanfaatkan cara ini untuk mengenalkan produk usahamu maupun mendorong peningkatan penjualan.


II. Mendorong Terjadinya Daya Saing Produk

Persaingan pasar yang semakin ramai, memang sudah tidak bisa dihindari lagi. Terlebih lagi persaingan antara brand lokal dengan luar yang saat ini sedang marak terjadi.

Oleh karena itu, kamu harus mampu untuk memberikan nilai tambah yang bisa menjadi pembeda antara produkmu dengan produk pesaing.

Dalam hal ini, merchandise bisa menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian target pasarmu.

Nilai lebih tersebut, akan dilihat konsumen sebagai keunggulan dan daya tarik. Sehingga konsumen jadi terdorong untuk membeli produkmu.


III. Wujud Apresiasi Kepada Konsumen

Ketika bisnis kamu sudah mulai dikenal dan disukai oleh masyarakat, inilah saatnya kamu memberikan apresiasi kepada mereka. Karena tanpa konsumen bisnismu hanya akan sia-sia, bukan?

Kamu bisa mengadakan suatu program yang kemudian kamu bisa menyertakan merchandise di dalamnya.

Sebab, dengan memberikan merchandise kepada konsumen, secara tidak langsung kamu sudah menghargai mereka karena telah setia menggunakan produk usahamu.


IV. Media Promosi Jangka Panjang

Dalam pemberian merchandise untuk konsumen biasanya dalam berbentuk suatu barang yang bisa digunakan dalam jangka panjang.

Hal ini berarti konsumen akan lebih mudah untuk mengingat brand bisnismu yang tertera pada merchandise tersebut.

Jika dibandingkan dengan promosi dalam bentuk booklet atau brosur, merchandise tentunya lebih efektif dan unggul. Karena, merchandise memiliki daya guna yang lebih lama.

Sehingga ketika konsumen membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan, mereka akan mempertimbangkan untuk membeli produkmu lagi. Tujuan kamu untuk meningkatkan penjualan pun bisa tercapai.


#2 Merchcandise yang Populer dan Disukai Konsumen

Terdapat beragam jenis merchandise yang bisa kamu pilih sebagai promosi bisnismu. harga dan kegunaannya pun bervariasi.

Biasanya untuk mendapatkan harga yang relatif murah, kamu harus memesannya dalam jumlah yang banyak.

Berikut ini adalah beberapa jenis merchandise yang populer digunakan sebagai bentuk promosi dan disukai oleh konsumen.


I. Kaos

Bisnis Jadi Laris Manis Berkat Merchandise yang Menarik

Kamu bisa memilih kaos berkerah atau kaos tak berkerah sebagai merchandise bisnismu. Pada kaos tersebut, kamu bisa menambahkan logo brand atau tagline dengan desain sablon yang menarik.

Pemberian merchandise kaos ini cocok ketika kamu mengadakan promosi dalam suatu acara jalan sehat, car free day atau sepeda gembira.

Kamu bisa membagikan kaos ini untuk konsumen yang telah memenuhi ketentuan promo khusus, misalnya pembelian dalam jumlah tertentu, pembelian produk baru dan sebagainya.


II. Topi

Bisnis Jadi Laris Manis Berkat Merchandise yang Menarik

Pemilihan topi sebagai merchandise untuk promosimu juga tepat. Pilihlah topi berbentuk baseball cap, karena bentuk tersebut umum digunakan oleh berbagai kalangan. Tak lupa untuk meletakkan logo brand bisnismu di topi tersebut.

Menjadikan topi sebagai merchandise tentunya bisa bermanfaat bagi konsumen. Seperti penggunaan agar terhindar dari panas matahari dan lainnya.


III. Tote Bag

Bisnis Jadi Laris Manis Berkat Merchandise yang Menarik

Tote bag atau tas jinjing biasanya paling banyak dicari oleh konsumen lho. Terlebih lagi jika tote bag tersebut memiliki desain yang menarik dan daya tahan yang kuat.

Pada merchandise, biasanya tote bag terbuat dari bahan kain kanvas. Keuntungan bagi kamu ketika memilih tote bag sebagai merchandise adalah dari seri harganya. Karena biaya produksi tote bag terbilang cukup murah.


IV. Mug atau Tumbler

Bisnis Jadi Laris Manis Berkat Merchandise yang Menarik

Mug atau tumbler seringkali dipilih sebagai souvenir di beragam acara. Mug dan tumbler menjadi salah satu merchandise favorit karena sifatnya yang tahan lama dan bisa digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari.

Maka dari itu, mug atau tumbler merupakan salah satu merchindase yang juga banyak peminatnya. Terlebih lagi jika kualitas dan desainnya menarik, konsumen tentunya akan semakin semangat untuk mendapatkannya.


V. Alat Tulis

Bisnis Jadi Laris Manis Berkat Merchandise yang Menarik

Pada alat tulis kamu bisa memilih notes atau pulpen yang mana sering digunakan oleh berbagai kalangan.

Selain itu, alat tulis juga bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu anggaran merchandisemu masih terbatas.

kamu bisa memberikan alat tulis tersebut sebagai hadiah atau ucapan terima kasih kepada konsumen yang terlibat dalam suatu kegiatan. Misalnya kegiatan seminar atau workshop.


VI. Gantungan Kunci

Bisnis Jadi Laris Manis Berkat Merchandise yang Menarik

Opsi lain selain alat tulis yang bisa menghemat budget merchandise-mu, adalah dengan memilih gantungan kunci.

Selain biaya produksi yang terjangkau, gantungan kunci juga bernilai tahan lama, tidak mudah rusak dan bisa dibuat mengikuti desain yang diinginkan.

Desain yang menarik tentunya akan membuat merchandise ini semakin disukai oleh konsumen.


VII. Travel Bag atau Koper

Bisnis Jadi Laris Manis Berkat Merchandise yang Menarik

Bagi kamu yang memiliki perusahaan biro perjalanan, kamu bisa memilih merchandise eksklusif satu ini.

Memang, akan dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit untuk pembelian koper atau travel bag sebagai merchandise. Tetapi, sesekali memberikan kebahagiaan untuk konsumen tidak ada salahnya, bukan?

Kamu bisa membuat koper atau travel bag yang senada dengan warna identik brand bisnismu. Kamu pun bisa memberikan merchandise ini dengan syarat dan ketentuan tertentu bagi konsumen.


#3 Tips Memilih Mercandise

Bisnis Jadi Laris Manis Berkat Merchandise yang Menarik

Sebelum merencanakan pembuatan merchandise, ada baiknya untuk memikirkan baik-baik jenis merchandise seperti apa yang cocok untuk pasar bisnismu. Kenali terlebih dahulu karakter konsumenmu agar fungsi merchandise lebih optimal.

Misalnya, jika konsumen kamu didominasi oleh anak-anak, maka merchandise yang tepat bisa berupa mainan atau tempat makan, yang didesain seusai dengan usia mereka.

Sementara itu, jika konsumenmu mayoritas adalah pekerja, kamu bisa memilih merchandise berupa tumbler, tote bag atau alat tulis.

Selain itu, perhatikan kualitas bahan merchandise yang kamu gunakan. Seringkali karena ingin menekan biaya produksi, akhirnya kamu memilih marchindase dengan bahan yang tidak berkualitas.

Karena, kualitas merchandise tentunya akan mempengaruhi penilaian konsumen terhadap produkmu. Merchandise yang berkualitas akan memberikan kesan positif, sebaliknya kualitas yang buruk akan memicu kesan negatif dan ketidakpercayaan terhadap produkmu.


Berikut tadi adalah penjelasan mengenai merchandise yang bisa kamu jadikan sebagai bentuk promosi produk bisnismu.

Namun, tak dipungkiri bahwa melakukan suatu promosi pada bisnis memang diperlukan anggaran tambahan, yang mana hal tersebut seringkali tidak terpikirkan sebelumnya.

Untuk menghindari penggunaan anggaran pribadi atau budget produksi utama ketika akan melakukan suatu promosi, kamu bisa membuat anggaran khusus untuk promosi atau marketing. Namun, jika anggaran yang kamu miliki cukup terbatas dan memerlukan dana tambahan tidak perlu khawatir.

Kamu bisa mendapatkan dana tambahan guna promosi produk usahamu di KoinBisnis dari KoinWorks. 

Di KoinBisnis kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha mulai dari nominal Rp10 juta – Rp2 miliar dengan bunga flat terjangkau yaitu sebesar 0,75% – 1,67% setiap bulannya. Menarik, bukan?

Dengan begini, kamu bisa melakukan promosi usahamu tanpa harus menganggu budget lainnya.

Selamat mencoba.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

2 KOMENTAR

    • Hi Nono!

      Kamu bisa mendapatkan saldo KOIN sebesar Rp.350.000.- lho dari setiap teman yang berhasil kamu ajak untuk daftar di KoinWorks menggunakan kode referral kamu dan melakukan pendanaan. Yuk segera ajak teman-temanmu untuk bergabung. Kalau ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, kamu bisa hubungi kami melalui email di support@koinworks.com.

      Terima kasih telah mengunjungi blog kami 😊

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Apa itu KoinWorks?

Baca
X