3 Cara Mudah Mencari Ide Bisnis Bagi Para Pengusaha Muda

mobil-baru-tujuan finansial-untung-masa depan-5 Tanda Gaji Bulanan Anda Ternyata Belum Cukup

3 Cara Mudah Mencari Ide Bisnis Bagi Para Pengusaha Muda – Selepas kuliah, tidak semua anak muda ingin bekerja di perusahaan. Sebagian orang memilih untuk berbisnis sendiri. Entah membuka kedai kopi, menjual baju, mendirikan agensi kecil-kecilan, dan sebagainya.

Nah, apakah Anda termausk yang lebih ingin berbisnis sendiri? Jika iya, apa sih kesulitan yang dihadapi ketika memulai bisnis untuk kali pertama?

Baca juga: Hati-Hati Memulai Bisnis dengan Pacar, Ini 3 Risikonya

Ya, hambatan modal, lokasi usaha, hingga kendala operasional menjadi beberapa hambatan yang sering ditemui.

Namun, ada kendala lain yang tidak kalah menyulitkan para pengusaha muda saat hendak memulai usaha, yakni mencari ide bisnis.

Tenang, berikut ini ada 3 cara mudah mencari bisnis untuk Anda. Selamat mencoba!

3 Cara Mudah Mencari Ide Bisnis Bagi Para Pengusaha Muda

Jangan Malas Melakukan Riset dan Analisis Tren

Kemampuan riset harus dimiliki setiap orang.

Riset dan analisis tren merupakan salah satu pondasi utama yang mesti Anda lakukan ketika sedang mencari ide bisnis.

Bagaimana melakukan riset dan analisis tren? Pertama, Anda bisa menyebarkan kuesioner kepada target market Anda. Kemudian, olahlah hasil kuesioner tersebut menjadi data yang mampu mendukung bisnis Anda kelak.

Selanjutnya, amatilah bisnis apa saja yang sedang naik daun saat ini. Bisnis kedai kopi kecil-kecilan? Bisnis coworking space?

Jangan lupa untuk menganalisis potensi bisnis yang hendak Anda jalani. Pikirkan apakah bisnis tersebut bisa berjalan lama, bagaimana saingannya, berapa jumlah modal yang dibutuhkan, di mana lokasi usha yang tepat, dan sebagianya.


Mulailah dengan Hobi yang Anda Gemari

7 Peluang Bisnis Menjanjikan di Bulan Ramadhan yang Bisa Anda Coba

Masih bingung ingin berbisnis apa? Langkah selanjutnya saat sedang mencari ide bisnis adalah mengidentifikasi hobi apa sih yang Anda gemari. Jika senang menulis, tawarkan jasa Anda kepada klien yang membutuhkan artikel, teks iklan, naskah film, dan sebagainya.

Anda senang memasak? Cobalah untuk membuka katering rumahan. Tawarkan masakan Anda kepada tetangga, teman kantor, atau promosikan di media sosial.

Anda senang mengelola sesuatu? Mengapa tidak memberikan layanan event organizer. Bahkan, bisnis Anda terbilang fleksbel, lho!


Belajarlah dari Banyak Sumber

sukses - senang - bahagia - karyawan kantoran - pebisnis (9)

Hal-hal di sekitar Anda memiliki banyak potensi untuk diajdikan sumber pembelajaran bisnis Anda. Di YouTube misalnya, tinggal search materi bisnis dan Anda bisa mendapatkannya dengan mudah, juga gratis.

Baca juga: 8 Situs Rekomendasi Untuk Mencari Ide Bisnis

Anda juga bisa mengikuti berbagai seminar bisnis yang diadakan. Bahkan, Anda bisa ngobrol-ngobgol langsung dengan para pengusaha lainnya yang sudah lebih dulu sukses!

Intinya, banyak jalan menuju Roma. Banyak jalan pula menuju kesuksesan bisnis. Jangan pernah menyerah untuk menjalani bisnis Anda sendiri.

Nah, dalam menjalankan bisnis ke depannya, kendala lain mungkin bisa Anda hadapi. Misalnya, modal usaha.

Jangan khawatir! Anda bisa mendapatkan pinjaman modal usaha dengan cepat dan mudah lewat platform P2P Lending seperti KoinWorks yang sudah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh OJK.

Anda bisa memeproleh pinjaman mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar, dengan bunga mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Bagaimana, tertarik untuk meningkatkan kesuksesan bisnis Anda lewat modal usaha dari KoinWorks?

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.