Memulai Bisnis Percetakan Dari Perencanaan Hingga Operasional

·
4 menit
Bisnis Percetakan

Percetakan adalah salah satu usaha yang tidak akan pernah sepi pengunjungnya hingga tak heran jika bisnis ini banyak dilakukan oleh pebisnis pemula.

Walaupun semakin hari semakin banyak orang yang membuka bisnis ini, namun pasar bisnis ini sangat besar sehingga memiliki peluang yang besar. 

Apalagi di era saat ini, kebutuhan akan promosi memang sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan.

Semua bentuk promosi bahkan membutuhkan media dari percetakan.

Intinya, dimanapun dan kapanpun kamu pergi maka kamu akan bisa menjumpai produk percetakan. 

Bisnis percetakan saat ini makin berkembang dengan adanya digital printing.

Digital printing adalah salah salah satu peluang usaha paling popular saat ini.

Pasalnya, teknik percetakan ini memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan yang konvensional. 

Untuk proses pengerjaan dari teknik percetakan digital printing ini memang jauh lebih cepat dengan kualitas hasil yang sangat maksimal.

Selain itu, ada banyak sekali varias produknya, sehingga untuk kamu yang memulai bisnis digital printing akan lebih fleksibel untuk mendapatkan pasar yang lebih luas. 

Usaha bisnis percetakan digital ini memang mulai berkembang dan akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini.

Sehingga peluang usaha ini juga akan semakin terbuka lebar untuk kamu yang berencana untuk memulai usaha percetakan. 

Nah untuk kamu yang akan memulai bisnis percetakan.

Sebenarnya ada beberapa hal yang harus di ketahui dalam Memulai Bisnis Percetakan Dari Perencanaan Hingga Operasional.


Perencanaan Bisnis Percetakan

Sebuah rencana dalam bisnis percetakan setidaknya memiliki lima komponen penting sehingga bisa merepresentasikan ke arah mana bisnis kamu akan dibangun.

Perencanaan yang tepat maka akan memberikan hasil sasaran yang efektif dan efisien. 

Target Market

Dalam membuat sebuah rencana hal pertama yang sangat penting bagi kamu yang harus dipertimbangkan adalah siapa target market.

Dalam bisnis percetakan tentu saja target market kamu ada perusahaan dan instansi pemerintah yang memang membutuhkan jasa dan produk percetakan.

Selain itu jenis usaha UMKM dan individu juga bisa menjadi target market kamu.

Menentukan target market akan mempermudah untuk kamu membuat tujuan usaha yang akan dicapai dan rencana ke depannya. 


Perencanaan Lokasi

Perencanaan lokasi salah satu hal yang sangat penting.

Kamu harus menentukan dimana lokasi yang dirasa strategi dan memiliki banyak sekali aktivitas manusia.

Lokasi ini bisa menjadi salah satu tempat yang baik untuk memulai bisnis. 

Untuk bisnis percetakan misalnya pastikan kawasan ini dekat dengan perusahaan, instansi pemerintahan serta sekolah yang mungkin bisa menjadi target konsumen kamu.

Dengan mengambil lokasi yang yang tepat maka diharapkan nantinya akan ada banyak pelanggan yang tertarik sehingga usaha kamu juga akan berkembang.


Perencanaan Modal Awal

Modal awal dalam sebuah bisnis percetakan harus kamu pertimbangkan dengan matang. Apakah modal ini dari diri sendiri atau investasi dari orang lain.

Serta perhitungkan dengan detail mengenai biaya – biaya yang harus dikeluarkan di awal serta perlengkapan apa saya yang memang dibutuhkan.

Dengan demikian maka kamu juga akan lebih mudah untuk mengatur keuangan dan mempertimbangkan pengembalian modal dengan tepat. 


Perencanaan Struktur dan Tanggung Jawab

Dalam sebuah bisnis usaha, baik itu besar dan kecil maka sangat penting tetap membuat perencanaan untuk struktur dan tanggung jawab dalam menjalankan bisnis.

Tujuannya adalah untuk membuat bisnis yang dijalankan juga akan menjadi lebih lancar.

Setidaknya setiap orang yang bertanggung jawab dalam peranan di struktur perusahaan sudah memahami tugasnya masing – masing.

Baik pimpinan dan staff setidaknya sudah memahami peranan mereka di dalam sebuah perusahaan. 

Pentingnya struktur organisasi dalam perusahaan bertujuan untuk membantu mengembangkan perusahaan untuk menjadi lebih baik.

Usahakan untuk kamu memperkerjakan staff yang memang sudah berpengalaman. Sehingga pengerjaan pekerjaan bisnis akan jauh lebih mudah untuk dilakukan. 


Perencanaan Strategi Bisnis

Merencanakan strategi bisnis percetakan adalah satu hal yang tak kalah penting.

Untuk strategi bisnis yang kamu lakukan.

Setidaknya kamu menyesuaikan dengan target market kamu sehingga promosi yang kamu lakukan akan sesuai dengan target market kamu. 

Promosi yang bisa kamu lakukan bisa dengan banyak cara misalnya dengan brosur, banner, atau bisa juga dengan memanfaatkan media online.

Melakukan promosi sesuai target market akan memudahkan pelanggan kamu datang ke outlet percetakan miliki kamu.

Dengan demikian maka calon pelanggan lain akan mengikuti. 


Operasional dalam bisnis percetakan

Jika semua perencanaan bisnis sudah kamu lakukan dengan baik.

Selanjutnya adalah masalah sistem operasional yang harus kamu perhatikan.

Beberapa hal yang harus kamu pahami dalam sistem operasional ini diantaranya adalah:

Aspek Produksi

Proses yang bisa ditampilkan dalam proses produksi dan proses pelayanan terhadap konsumen menjadi satu hal penting.

Dalam tahap mengerjakan, pastikan jika pelanggan langsung melihat proses desainnya. Sehingga pelanggan akan mengetahui dan memahami apakah nanti desainnya sudah sesuai dengan apa yang diharapkan atau belum. 

Dalam hal ini, sistem operasional perusahaan diharapkan bisa menjaga kualitas produksinya dan harus fokus dalam mengerjakan pekerjaannya.

Langkah yang efektif dalam menanggapi permintaan pelanggan menjadi penting.

Biasanya dalam aspek produksi hal yang sangat dibutuhkan selain pelayanan pelanggan adalah peralatan dan perlengkapan yang memadai. 


Aspek Sumber Daya Manusia

Dalam pengelolaan percetakan setidaknya aspek SDM menjadi satu hal yang paling penting, karena merekalah yang akan menjalani perusahaan. Ada beberapa hal yang ada dalam aspek SDM diantaranya:

  • Pengorganisasian, ini terdiri dari susunan anggota kerja dalam perusahaan percetakan. Di dalam perusahaan setidaknya ada manager, finance, design grafis, teknisi, marketing dan Customer Service. Masing – masing tentu saja memiliki peranannya sendiri – sendiri, pastikan masing – masing sudah memahami tugas dan tanggung jawabnya. 
  • Pengarahan, ini hal yang sangat penting dalam manajemen perusahaan. Karena fungsinya sangat penting membuat perusahaan terus berkembang dalam jangka panjang sehingga pengarahan ada baiknya dilakukan oleh pemimpin yang tegas namun tidak mengancam. 
  • Pengendalian adalah salah satu aktivitas yang sangat penting untuk sebuah perusahaan. Jika sebuah perusahaan tidak dikendalikan dengan baik maka perusahaan akan mudah terjebak dalam sebuah masalah dan tidak menutup kemungkinan jika nantinya perusahaan akan gulung tikar. 
  • Pengadaan memiliki fungsi yang sangat penting dimana karyawan dapat di gantikan dengan karyawan baru yang lebih kompeten, dengan motivasi yang baru serta dengan semangat baru dari karyawan ini. Jika ada pemikiran baru dalam sebuah perusahaan maka akan ada peluang jika perusahaan ini akan lebih maju dan disiplin untuk mendapatkan tujuannya. 
  • Pengembangan, dalam menjalankan program operasional di Aspek Sumber Daya Manusia ini memang ada kaitannya pengembangan menjadi sangat penting. Dengan pengembangan akan membuat tujuannya menjadi lebih terarah. Setidaknya perusahaan akan melakukan pekerjaan sesuai dengan urutan, prioritas dan membuat target serta bisa mencapai satu hal dengan lebih terorganisir. 
  • Walaupun karena ada perkembangan teknologi tentu saja nantinya akan ada perubahan yang terjadi. Namun perencanaan yang tepat dalam pengembangan menjadi sangat penting untuk membuat perusahaan bisa kembang dengan baik. 

Aspek Keuangan

Aspek keuangan menjadi hal tak kalah penting dalam operasional. Karena ini akan mencangkup segala hal dalam perusahaan.

Mulai dari modal awal yang diperlukan dalam membuka usaha, perlengkapan, gaji karyawan, keuntungan setiap bulan hingga pengeluaran – pengeluaran yang ada di dalam perusahaan. 

Semua harus memiliki cash flow yang baik agar perusahaan bisa terus berkembang dengan baik ke depannya.

Sistem operasional dalam aspek keuangan yang tidak tepat bisa memberikan dampak gulung tikar pada perusahaan percetakan.

Apabila kamu mengalami kendala terkait pinjaman modal usaha, KoinWorks melalui KoinBisnis hadir sebagai solusi untuk pengembangan bisnismu.

KoinBisnis merupakan salah satu produk unggulan dari KoinWorks yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan pinjaman modal usaha sampai dengan Rp. 2 Miliar. 

Yuk, kembangkan bisnis bersama KoinBisnis dari KoinWorks.


Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih