5 Alasan Kenapa Pebisnis Pemula Sering Mengalami Kegagalan – Memiliki bisnis yang sukses dan berkembang adalah impian banyak orang.

Sesungguhnya untuk mencapai kesuksesan tersebut membutuhkan sebuah strategi dan keseriusan.

Sebagai pebisnis pemula Anda harus bisa membagi waktu dan tenaga yang lebih untuk membangun bisnis baru Anda.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Agar  Menjadi Pebisnis Multitasking yang Hebat!

Namun tak jarang para pebisnis baru melupakan rencana keuangan dalam bisnisnya. Jangan sampai Anda sebagai pebisnis pemula melupakan hal-hal tersebut. Nah, ini adalah 5 alasan kenapa pebisnis pemula sering mengalami kegagalan.


5 Alasan Pebisnis Pemula Sering Mengalami Kegagalan

1Tidak Merencanakan Pengeluaran Tak Terduga

5 Alasan Kenapa Pebisnis Pemula Sering Mengalami Kegagalan

Pebisnis pemula sering melupakan masalah pengeluaran tak terduga ketika membuat rencana keuangan. Hal tersebut dapat berimbas kegagalan dan sulit mendapatkan keuntungan.

Baca Juga: 7 Tips Sukses Menjalani Bisnis Sesuai Passion

Penting bagi pebisnis pemula untuk mempersiapkan dan merencanakan dana untuk hal-hal tak terduga agar tidak terjadi kerugian ataupun over budgeting.

Mengalokasikan dana untuk biaya tak terduga sangat berguna pada masa-masa sulit dan membantu menjaga bisnis tetap bertahan selama masa-masa sulit tersebut.


2Membuat Rencana Keuangan yang Terstruktur

5 Alasan Kenapa Pebisnis Pemula Sering Mengalami Kegagalan

Sangat penting bagi pebisnis pemula untuk memastikan keseimbangan antara pemasukan, pengeluaran, utang dan keuntungan.

Karena, banyak sekali pebisnis yang gagal untuk mengatur keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran.

Baca Juga: 5 Kunci Penting Membuat Konten yang Tepat untuk Bisnis Online

Karena pengaturan keuangan yang kurang matang, sering terjadi ketidak seimbangan dimana pengeluaran lebih banyak dibanding pemasukan.

Atau terlalu banyak hutang dan tidak cukup ekuitas sehingga menciptakan krisis pada keuntungan.


3Membuat Matrik yang Salah

3 Alasan Pentingnya Melakukan Financial Check Up Sejak Dini (3)

Sering sekali pebisnis pemula hanya memfokuskan pada harga produk dan perkiraan pemasukan saja dibandingkan membuat perhitungan detail mengenai penghasilan pendapatan, laba bersih & arus keuangan.

Baca Juga: 5 Cara Efektif untuk Memulai Bisnis Online Shop Anda

Hal ini sebenarnya sangat penting, sebagai pebisnis sebaiknya mempelajari bagaimana membuat pembukuan dengan matrik yang benar.

Sehingga semua keuangan yang masuk dan keluar bahkan perkembangan bisnis Anda pun akan terlihat jelas.


4Tidak Memiliki Strategi yang Tepat

5 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Dari Gaji ’15 Koma’ - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini! - tips investasi untuk anak muda - kegagalan bisnis - cara mengatur keuangan

Sering sekali pebisnis pemula tidak memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara mengatur keuangan agar tidak terjadi besar pasak daripada tiang.

Yang terjadi adalah Anda akan terkesan terburu-buru bertindak karena tidak membuat rencana keuangan yang matang, sehingga dapat terjadi kerugian.

Untuk menghindari hal ini, Anda harus memahami seberapa matang bisnis Anda dan mengetahui apakah memang sudah saatnya untuk menambahkan modal pada bisnis yang Anda kelola.

Baca Juga: 5 Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Makanan

Namun jika memang Anda sudah menyusun strategi dan perhitungan yang tepat. Ketika Anda rasa memang benar-benar membutuhkan pinjaman modal tambahan, Anda dapat mengajukan pada platform yang memiliki sistem P2P Lending seperti di KoinWorks.

Anda bisa mendapatkan modal tambahan yang cepat dan mudah, mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar. Dengan bunga flat 0,75% hingga 1,67% per bulan, Anda bisa dengan mudah mengembangkan bisnis yang sedang Anda jalani.


5Tidak Fokus Terhadap Rencana Bisnis yang Telah Dibuat

5 Alasan Kenapa Pebisnis Pemula Sering Mengalami Kegagalan

Pebisnis pemula sering mengabaikan aspek keuangan dan akuntansi dari bisnis mereka dan sering hanya terfokus pada semangat, praktik dan bagaimana mewujudkan visi & misi dari rencana bisnis saja.

Baca Juga: Tips Jitu Memasarkan Produk Anda dengan Teknik Soft Selling

Kurangnya perhatian terhadap aspek keuangan dapat menyebabkan kerugian dan ketidakstabilan usaha. Oleh karena itu, Anda harus seimbangan antara rencana keuangan dan semangat untuk menjalankan bisnis yang sukses.

Itulah beberapa alasan mengapa pebisnis pemula sering mengalami kegagalan. Sebisa mungkin Anda harus menghindari hal-hal yang telah disebutkan di atas.

Jangan sampai kegagalan terjadi juga pada bisnis impian yang telah Anda rencanakan. Semoga menolong Anda untuk mewujudkan kesuksesan pada bisnis Anda!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

1 KOMENTAR

  1. Terimakasih informasinya.. Tips ini sangat berguna bagi pemula untuk mereka pelajari agar bisnis menjadi sukses dan menghasilkan sebuah keutungan yang besar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.