Ide Bisnis Rumahan Ini Cocok Untuk Seorang Difabel

Ide Bisnis Rumahan Ini Cocok Untuk Seorang Difabel

Ide Bisnis Rumahan Ini Cocok Untuk Seorang Difabel – Memiliki keterbatasan fisik tidak menghalangi seseorang untuk mencapai kata ‘sukses’. Bahkan banyak juga orang-orang difabel yang bahagia berkat kesuksesan bisnis mereka.

Tidak perlu merasa sedih karena tidak bisa bekerja di dalam kantor atau perusahaan besar, karena pada kenyataannya masih banyak ide bisnis yang bisa dijalani untuk menambah penghasilan.

Para difabel juga tidak perlu beranjak dari rumah untuk memproduksi dan memasarkan produk/jasa. Manfaatkan saja media-media online untuk membeli bahan baku dan sebagai sarana pemasaran.

Baca juga: Yuk, Simak Perjalanan 5 Pengusaha Muda Indonesia yang Mendunia!

Serta, jangan terlalu sungkan untuk meminta bantuan dari keluarga atau orang terdekat. Ingat, setiap manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan bantuan orang lain, termasuk manusia yang sempurna sekalipun.

Nah, beberapa ide bisnis rumahan berikut ini bisa dijadikan pilihan bagi penyandang disabilitas atau yang memiliki keterbatasan fisik.


Ide Bisnis Rumahan Ini Cocok Untuk Seorang Difabel

Jasa Laundry

Ide Bisnis Rumahan Ini Cocok Untuk Seorang Difabel
Photo by Dan Gold on Unsplash

Membuka jasa mencuci dan setrika pakaian, atau biasa disebut laundry, merupakan salah satu bisnis yang cocok untuk penyandang disabilitas. Hanya dengan modal sabun cuci, listrik, dan peralatan pendukung lainnya, Anda sudah bisa membuka bisnis ini.

Hingga saat ini, jasa laundry masih sangat dibutuhkan. Terutama bagi orang-orang sibuk yang tidak memiliki waktu luang untuk mencuci apalagi setrika pakaian.

Anda pun tidak perlu melakukan promosi besar-besaran, cukup beritahu tetangga-tetangga dengan omongan atau brosur, lalu nikmati efek dari Word of Mouth (WoM) yang akan membuat bisnis Anda berkembang dengan sendirinya.


Kerajinan Tangan

Ide Bisnis Rumahan Ini Cocok Untuk Seorang Difabel
Photo by Arisu Ling on Unsplash

Produk buatan tangan atau handmade masih terasa banyak peminatnya. Terlebih lagi, produk kerajinan tangan yang terlihat unik dan sangat bisa dimanfaatkan untuk segala hal.

Variasi bahan baku seperti kayu, rotan, tanah liat, kain, dan sebagainya bisa Anda gunakan untuk membuat produk kerajinan tangan unik yang memiliki harga jual lumayan tinggi.

Cara penjualannya pun bisa secara online sehingga Anda tidak harus bersusah payah pergi ke pasar untuk menjajakan produk Anda. Selain itu, kekuatan Word of Mouth (WoM) juga memiliki dampak yang bagus untuk kemajuan bisnis rumahan Anda.


Peternakan

Ide Bisnis Rumahan Ini Cocok Untuk Seorang Difabel
Photo by William Moreland on Unsplash

Ide bisnis ini cenderung diminati bagi masyarakat di desa, karena dianggap lokasinya lebih cocok dan strategis untuk dijadikan peternakan hewan. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang tinggal di perkotaan mencoba bisnis ini.

Untuk memulai bisnis rumahan ini memang agak sulit. Tapi jika Anda mampu mengambil langkah yang tepat, maka kesuksesan akan dekat dengan diri Anda. Sekali lagi, bisnis ini tidak terbatas pada kesempurnaan fisik yang Anda miliki ya!


Tanaman Hias

Ide Bisnis Rumahan Ini Cocok Untuk Seorang Difabel
Photo by Rob Sarmiento on Unsplash

Bisnis tanaman hias merupakan salah satu bisnis yang terlihat mudah, namun ternyata cukup sulit dalam penerapannya. Anda harus memiliki selera yang bagus dalam merangkai berbagai macam bunga.

Tidak hanya bunga, Anda juga harus memahami tentang seluk beluk semua jenis tanaman. Dengan begitu, bisnis ini tidak akan terasa sulit bagi Anda, walaupun Anda adalah seorang difabel.


Butik

Ide Bisnis Rumahan Ini Cocok Untuk Seorang Difabel
Photo by Lauren Fleischmann on Unsplash

Seorang difabel yang memiliki keahlian sebagai fashion designer merupakan hal luar biasa. Pasalnya jika hobi ini dijalani lebih mendalam, maka akan menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit jumlahnya.

Cobalah untuk memulai usaha butik dan membukanya di rumah Anda sendiri. Anda bisa membuat rancangan fashion dengan gaya baru dan kekinian berdasarkan situasi (hype) di masyarakat.

Status ‘difabel’ tidak seharusnya menjadi halangan bagi Anda untuk membuka bisnis baru dan mengembangkannya, hingga tercapai kata ‘sukses’ di sepanjang hidup Anda.

Tak terkecuali permasalahan tentang modal. Untuk menjalani ide bisnis rumahan ini memang diperlukan modal awal yang cukup sebagai permulaan. Namun, masih banyak calon pebisnis yang tersendat keinginannya untuk menjadi sukses karena hal ini.

Oleh karena itu, KoinWorks membuka peluang bagi Anda dengan memberikan pinjaman bisnis minimal Rp 10 juta sampai Rp 2 miliar dengan tenor pinjaman tertentu.

Sebagai peminjam, Anda akan dikenakan bunga flat yang cukup terjangkau yaitu sebesar 0.75% – 1.67% setiap bulannya.

Di KoinWorks ini pula, Anda akan dipertemukan dengan banyak lender atau pendana secara online yang akan mendanai bisnis yang Anda jalani.

Sebagai informasi, KoinWorks adalah perusahaan fintech yang menerapkan sistem Peer-to-Peer Lending dengan menyediakan berbagai keuntungan dan #PengaruhBaik yang bisa Anda terima.

Tertarik untuk membuka bisnis rumahan tapi kekurangan modal? Yuk, pinjam dana di KoinWorks sekarang dan rasakan #PengaruhBaik-nya!


 

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Nimas Des Aristanti

Nimas Des Aristanti

Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.