Home » Blog » Investasi & Keuangan Pribadi » Deposito adalah: Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya

Deposito adalah: Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya

deposito adalah

Deposito adalah salah satu jenis simpanan yang ditawarkan oleh perbankan. 

Berbeda dengan tabungan, nasabah yang menyimpan uangnya di deposito hanya bisa melakukan pengambilan uang pada jangka waktu dan syarat-syarat tertentu. 

Info lengkap mengenai deposito bisa kamu ketahui pada ulasan berikut. 


Apa itu Deposito?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, deposito adalah salah satu instrumen investasi yang dikeluarkan oleh perbankan. Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), deposito adalah jenis simpanan yang pencairannya hanya dapat dilakukan pada jangka waktu dan syarat-syarat tertentu. 

Meskipun pencairan dana hanya bisa dilakukan pada tanggal jatuh tempo sesuai kesepakatan awal, instrumen investasi ini menawarkan imbal hasil berupa suku bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasa, lho. 

Selain itu, instrumen investasi yang satu ini juga dianggap aman dan terpercaya karena nasabah dapat memperoleh jaminan tidak ada pengurangan nilai investasi dengan bunga relatif tetap. 


Jenis-jenis Deposito

Sebelum membuka rekening deposito, ada baiknya kamu pahami terlebih dahulu jenis deposito yang dibutuhkan. 


1. Deposito Berjangka

Jenis deposito yang satu ini merupakan jenis yang paling sering dipilih nasabah. 

Deposito berjangka adalah jenis deposito yang memungkinkan nasabah menyimpan dananya untuk memperoleh suku bunga dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan dengan pihak bank

Terdapat beberapa pilihan jangka waktu tabungan deposito berjangka, mulai dari 1, 2, 3, 4, 5, 12, 18, hingga 24 bulan. Jangka waktu ini akan mempengaruhi kapan penarikan dana dapat dilakukan oleh nasabah. Misalnya, nasabah memilih deposito berjangka dengan jangka waktu 3 bulan, maka dana yang ia simpan hanya bisa dicairkan 3 bulan setelah menyimpan dana.


2. Deposito On-Call

Jenis deposito yang satu ini merupakan tabungan berjangka yang relatif singkat, yaitu dengan jangka waktu satu minggu atau maksimal satu bulan. 

Biasanya, untuk bisa menabung di deposito on-call nasabah harus melakukan penyimpanan dana dalam jumlah yang cukup besar. Untuk pencairan bunga juga dapat dilakukan saat tanggal jatuh tempo dengan catatan nasabah harus memberitahukan terlebih dahulu bahwa tabungan tersebut akan dicairkan. 


3. Sertifikat Deposito

Terakhir, sertifikat deposito adalah bentuk simpanan yang terbit dalam jangka waktu 1, 3, 6, hingga 12 bulan dan dapat diperjualbelikan kepada pihak lain yang disertai sertifikat.

Pada jenis ini, pembayaran bunga dapat dilakukan di muka, tiap bulan, maupun di waktu jatuh tempo.  


Keuntungan Deposito

1. Dapat Dijadikan Jaminan Kredit

Selain memiliki risiko rendah, instrumen investasi deposito adalah produk investasi yang dapat menjadi jaminan bagi nasabah untuk mengajukan pinjaman atau kredit. 

Hal ini pula yang membedakan antara deposito dengan tabungan biasa di bank. 


2. Suku Bunga yang Lebih Tinggi

Nasabah yang menyimpan uang di deposito akan memperoleh suku bunga yang lebih tinggi daripada menyimpan uangnya di tabungan biasa. 

Umumnya, deposito menawarkan bunga 3 kali lipat dari bunga tabungan biasa. Tentunya hal tersebut menyesuaikan pula dengan jangka waktu penyimpanan yang kamu pilih. Selain itu, semakin besar alokasi dana investasi kamu, maka semakin besar pula keuntungan yang akan kamu dapatkan. 


3. Dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)

Tak perlu khawatir untuk berinvestasi di deposito karena instrumen investasi yang satu ini sudah berada di bawah pengawasan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). 

LPS berfungsi untuk menjamin dana nasabah di bank serta menjamin dana investasi hingga Rp2 miliar per nasabah pada tiap bank. Itulah mengapa instrumen investasi ini dianggap aman.


4. Investasi Mudah

Selain menjadi alternatif investasi yang aman, deposito juga menawarkan kemudahan dalam penggunaanya. 

Nasabah cukup mempersiapkan rekening sesuai ketentuan bank, mengalokasikan sejumlah dana dengan jumlah minimal tertentu, pilih tanggal jatuh tempo, dan selesai. Mudah, kan?


5. Risiko Kerugian Kecil

Terakhir, bagi kamu yang lebih menyukai investasi dengan risiko rendah maka deposito bisa jadi pilihan.

Sebab, jumlah minimum setoran dana yang ditetapkan oleh pihak bank biasanya tidak terlalu besar. 

Selain itu, produk investasi ini juga menjamin tidak ada pengurangan nilai pokok sehingga instrumen ini memiliki risiko yang cenderung lebih rendah.  


Meskipun memberikan imbal hasil yang lebih besar dari tabungan bank, per Agustus 2022 rata-rata suku bunga deposito bank di Indonesia hanya 3,23 persen per tahun. Untuk itu, bagi kamu yang menginginkan investasi pada produk investasi dengan imbal hasil yang lebih tinggi, maka KoinP2P dari KoinWorks bisa menjadi pilihan kamu. 

Selain itu, dengan imbal hasil hingga 18% per tahun, melakukan pendanaan di KoinP2P akan membuatmu secara otomatis berkontribusi bagi kemajuan UMKM di Indonesia, lho. 

Makanya, yuk, lakukan pendanaan di KoinP2P!

Kunjungi KoinP2P!

Simulasi Pendanaan KoinWorks
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
Ketahui profil risiko investasi Anda
Profil Risiko

Berdasarkan hasil profiling kami, maka risiko investasi yang cocok untuk Anda adalah dengan imbal hasil hingga .

Jumlah dan Jangka Waktu Investasi

Masukkan jumlah dan jangka waktu pendanaan untuk mensimulasikan diversifikasi dan imbal hasil yang akan kamu dapat.

Rp ,00
Rp ,00
Perkenalkan diri Anda

Kami akan memberikan informasi mengenai promo KoinWorks setiap bulannya ke email Anda.

+62
Rekomendasi Diversifikasi

Dengan modal awal Rp dan tambahan Rp tiap bulan, maka rekomendasi diversifikasimu adalah sebagai berikut:

Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:

Dengan imbal hasil sebesar per tahun, setelah tahun maka perkiraan pengembalian uangmu adalah sebagai berikut

Rp,-

Mulai Mendanai

Mulai lakukan pendanaan di aplikasi KoinWorks sekarang dan dapatkan gratis KOIN (dana percobaan) sebesar Rp350.000,- untuk Anda gunakan di KoinP2P

Install Aplikasi KoinWorks
Artikel Terkait
Deposito adalah: Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​