Panduan KoinWorks #7: Mudah! Begini Cara Mencairkan Dana di KoinWorks – Sebanyak 45.000 orang lebih sejauh ini sudah menikmati kemudahan investasi online peer to peer lending lewat KoinWorks.

Mulai dari ragamnya produk investasi yang bisa dipilih sendiri (bisa memilih sendiri ke peminjam yang mana dana investasi akan disalurkan), potensi keuntungan yang tinggi, mudah berinvestasi secara otomatis dengan fitur Auto Purchase, pintarnya algoritma KoinWorks dalam memaksimalkan investasi lewat RoboLending, deposit dana secara instan, hingga mudahnya mencairkan keuntungan dan masih banyak lagi.

Berbagai kemudahan mendanai di KoinWorks bahkan membuat masyarakat awam, para investor pemula, bisa cepat mempelajari dasar-dasar fundamental investasi itu sendiri.

Apalagi, karena frekuensi pengembalian hasil mayoritas investasi terjadi setiap bulan, maka setiap investor bisa memaksimalkan keuntungan dengan memanfaatkan efek compounding, di mana bunga yang didapat dari hasil pengembalian diinvestasikan kembali dan kembali menghasilkan bunga (bunga berbunga).

Sebagai gambaran mengenai apa itu efek compounding, coba simulasikan menggunakan kalkulator berikut:


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Nah, sekarang, keuntungan yang Anda dapatkan bisa ditarik atau dicairkan ke rekening bank Anda. Caranya?


Cara Mencairkan Dana di KoinWorks

Untuk mencairkan dana di KoinWorks, ikuti beberapa langkah mudah berikut:

Update Data Akun Rekening Bank

Update Data Akun Rekening Bank

  • Setelah Anda berhasil login ke aplikasi KoinWorks, terlebih dahulu Anda harus meng-update data akun bank rekening bank Anda dengan cara pilih Profile pada menu bar, lalu klik Update.
  • Selanjutnya pada Informasi Pembaruan, geser ke kanan dan pilih tab Akun Bank.
  • Pilih nama bank, jangan lupa cantumkan di mana cabang bank Anda, nomor rekening bank Anda, serta nama pemilik bank yang sesuai.
  • Terakhir, klik Request Changes untuk menyimpan data.

Penarikan Dana

penarikan dana

  • Jika Anda sudah meng-update data akun rekening bank, Anda bisa mulai melakukan penarikan dana dengan cara pilih Aktivitas pada menu bar, lalu klik tab Penarikan.
  • Di halaman Penarikan, Anda bisa melihat jumlah dana yang bisa Anda cairkan dan juga jumlah dana yang telah dicairkan (lihat di Riwayat Penarikan)
  • Ketik jumlah dana dari Saldo Kas yang ingin Anda cairkan, lalu klik Process. (Catatan: Hanya Saldo Kas yang dapat Anda cairkan, sementara KOIN tidak dapat Anda cairkan).
  • Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman konfirmasi akun bank. Karena Anda sudah meng-update data akun rekening bank, maka Anda hanya perlu klik Konfirmasi untuk melanjutkan proses.

Setelah menyelesaikan dua tahap di atas, Anda hanya perlu menunggu hingga dana yang dicairkan tiba di rekening bank Anda. Proses penarikan biasanya memakan waktu hingga 1-5 hari kerja.


“Penarikan dana yang saya ajukan dikenakan potongan biaya penarikan sebesar Rp 5.000, kenapa?”

bertanya - berpikir

Anda mungkin bertanya-tanya, kenapa KoinWorks mengenakan potongan biaya penarikan sebesar Rp 5.000.

Perlu diingat bahwa KoinWorks memang mengenakan potongan biaya penarikan sebesar Rp 5.000 untuk setiap penarikan yang dilakukan. Perlu diingat bahwa potongan Rp 5.000 atas setiap penarikan per transaksi bukanlah potongan biaya administrasi perbankan (pindah buku).

Catatan

Jadi, demi meminimalisir besarnya akumulasi jumlah potongan, hindarilah melakukan penarikan dengan nominal yang relatif sedikit, dan hindari juga melakukan penarikan secara rutin karena berapa pun nominal yang ditarik, biaya penarikan yang dikenakan tetap Rp5.000.

Semakin rutin Anda melakukan penarikan dengan jumlah yang relatif sedikit, semakin besar pula biaya potongan secara akumulatif.

Bila Anda melakukan 20 kali penarikan (20 x Rp 5.000), nominal akumulasinya saja sudah bisa digunakan untuk berinvestasi ke satu pinjaman, bukan?

Maka dari itu, mohon pertimbangkan biayanya sebelum mengajukan penarikan. Semoga bermanfaat dan teruslah berinvestasi!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

32 KOMENTAR

  1. Misalnya saya invest 30jt untuk 1 bln, dgn tingkat resiko sedang, brp kah profit yg saya akan terima dlm 1bln ? Diluar modal saya….?
    Terima kasih

    • halo.
      Bila Anda menginvestasikan Rp 30.000.000 untuk pinjaman dengan tingkat risiko rendah, profit yang Anda terima sebagai berikut:
      Pokok: Rp 30.000.000
      Bunga (katakanlah bunga flat per tahun 14%/12): 1,16%
      Tenor: 1

      Maka:
      30.000.000 + (30.000.000 x 1,16%) = 30.348.000

      Maka profit Anda di luar pokok adalah Rp 348.000 dalam 1 bulan.

      Semoga terjawab. Terima kasih.

    • Halo.
      Dengan bunga 8,5% flat per tahun untuk Grade A1,
      bila Anda menginvestasikan Rp 500.000 dengan tenor 12 bulan,
      maka Anda bisa mendapatkan pengembalian (pokok+bunga) sebesar kurang-lebih Rp 44,756 setiap bulannya (termasuk fee 1% dari pengembalian pokok+bunga).

      Terima kasih dan selamat berinvestasi!

  2. Admin,
    berapa maksimal dana yang bisa saya tarik dari koinworks ini ?
    10 juta sampai dengan 100 juta apakah bisa dengan sekali tarik dan dengan biaya 5 ribu rupiah ?
    terima kasih

    • Halo Mas Renaldo.
      Terima kasih sudah singgah di KoinWorks.
      Nominal berapapun bisa ditarik dari akun KoinWorks Anda.
      Hanya saja, dana yang ditarik akan masuk ke rekening bank Anda (tergantung rekening bank-nya) dalam pola yang berbeda-beda.
      Untuk beberapa major banks, penarikan Rp 100 juta bisa langsung masuk ke rekening lebih cepat dalam 1 kali transaksi.
      Sementara untuk bank lain, dana yang masuk bisa beberapa kali dengan limit Rp 25 juta masuk 4 kali dalam sehari sehingga hasil akumulasi dana yang diterima di rekening adalah Rp 100 juta.
      Semoga pertanyaan Anda terjawab dengan baik.
      Terima kasih.

  3. Apakah hasil invest saya dengan tenor misal 12 bulan, apakah bisa saya tarik Profitnya Perbulan? dan misal sebelum Jangka Tenor Habis apakah dana saya bisa saya tarik?

    • Hai saya baru gabung di koin work pada saat daftar saya mendapatkan koin 250.000 apakah koin yang di berikan bisa di pergunakan dan gimana caranya trimah kasih

      • Halo.
        Selamat bergabung!

        Perlu diketahui bahwa sebagai Pendana di KoinWorks, KOIN berfungsi sebagai dana untuk dialokasikan kepada setiap pinjaman yang ada di platform KoinWorks. Pokok KOIN akan hangus dalam sekali pakai (atau bila tidak digunakan dalam waktu 30 hari setelah diterima), tetapi bunga yang dihasilkan dari KOIN tersebut menjadi hak milik Anda dan bisa dicairkan/dialokasikan kembali ke pinjaman lainnya.
        Selengkapnya mengenai KOIN dapat Anda temukan di halaman berikut: https://koinworks.com/id/education-center/koin

        Semoga membantu dan terima kasih.

    • dana 200.000,lama pinjaman 12 bln,,anggap saja buka 15 % per tahun

      200.000 X 15% /12 bln = 2500 profit per bulan ( blm di kurangi komisi 1 persen )

      kurang lebih seperti itu..kalau slah mohon maaf

    • Halo, Adit! Pengembalian pendanaan kamu yang menggunakan Saldo Koin bunganya tetap akan berupa Saldo Kas dan pokok pendanaan yang menggunakan saldo Koin akan kami tarik kembali (untuk penyesuaian saldo Koin nantinya akan muncul di halaman aktivitas sebagai “Principal Koin Repayment” atau “Koin Retrieve” pada saat ada pengembalian cicilan/hasil investasinya). Sebagai informasi pula, Saldo Koin hanya dapat digunakan untuk sekali pendanaan dan memiliki masa berlaku 30 hari sejak Koin diterima jika tidak digunakan untuk pendanaan.

    • Halo juga Dhimas!

      Aduh maaf banget ya sudah membuat pengalaman kamu jadi kurang menyenangkan. Terkait keluhan kamu, mohon diinfokan ID Produk pinjaman yang dimaksudkan ini ke email kami di support@koinworks.com agar bisa dibantu lakukan pengecekan lebih lanjutnya. Kami tunggu email kamu.

      Terima kasih telah mengunjungi blog kami 🙏

    • Halo Gania!

      Maaf banget ya namun pengembalian dana belum dapat diteruskan ke akun Anda jika belum jatuh tempo. Pinjaman bisa saja dilakukan pelunasan dipercepat namun hal tersebut akan disesuaikan dari pembayaran pihak Peminjamnya. Jika ada hal lain yang ingin kamu tanyakan, kamu bisa hubungi kami via email di support@koinworks.com yaa.

      Semoga jawaban kami membantu 😊

  4. saat ini sya aktif di 4 pinjaman,,total dana masih sedikit,tpi nanti juga lama2 akan banyak sendiri,asal rutin di pinjaman lump sum terus,dana cepat kembali..

    • Hai, terima kasih sudah mengunjungi blog kami 🙂

      Untuk dana yang sudah berhasil dialokasikan ke pinjaman, tidak tersimpan di dalam saldo kas. Nantinya dana pokok kamu bakal dikembalikan bersama dengan imbal hasil pinjaman, saat tenor pinjaman berakhir. Jadi, harap bersabar menunggu ya.

      Sambil menunggu, kamu bisa mendanai pinjaman lainnya agar keuntungan yang kamu dapat bisa lebih banyak. Selamat mendanai!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.