Apa itu Deposito Berjangka? Ketahui Keuntungan dan Karakteristiknya

apa itu deposito berjangka

Deposito berjangka adalah instrumen keuangan yang disediakan oleh bank atau lembaga keuangan lainnya di mana seseorang menyetor sejumlah uang tertentu dalam rekening tertentu untuk jangka waktu tertentu dengan suku bunga yang tetap.

Deposito berjangka merupakan salah satu instrumen investasi yang kini mulai banyak peminatnya. Hal ini tidak terlepas dari pemanfaatan hasil investasi yang cocok untuk orang-orang yang sedang membutuhkan dana pinjaman. Namun, sebenarnya apa itu deposito berjangka?

Mayoritas orang hanya tahu deposito sebagai salah satu instrumen investasi di bank. Meski terdengar mirip, tetapi sebenarnya deposito dan deposito berjangka adalah dua instrumen investasi yang berbeda. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui perbedaannya sebelum memutuskan berinvestasi.

Apa Itu Deposito Berjangka sebagai Instrumen Investasi?

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), deposito berjangka merupakan simpanan yang pencairannya dilakukan berdasarkan jangka waktu tertentu, mulai dari 1, 3, 6, hingga 24 bulan. Umumnya, simpanan ini terbit dengan mencantumkan nama pemilik deposito, baik perorangan atau lembaga.

Jadi, apabila kamu memilih simpanan berjangka 3 bulan, maka dana yang masuk baru bisa kamu ambil tepat 3 bulan setelah perjanjian dibuat. Begitu pula dengan jangka atau periode simpanan lainnya.

Namun, sekarang ini, pihak bank sudah memiliki fitur perpanjangan otomatis yang dapat kamu gunakan. Fitur ini membantu kamu yang belum mau mencairkan dana, meski sudah tanggal jatuh tempo.

Keuntungan Investasi di Deposito Berjangka

Setelah mengetahui apa itu deposito berjangka, penting juga bagi kamu untuk memahami keuntungan dari instrumen investasi ini. Berikut adalah beberapa manfaat simpanan berjangka yang penting untuk kamu ketahui.

1. Persentase Suku Bunga Lebih Tinggi

Salah satu keuntungan simpanan berjangka yang membuat banyak orang tertarik adalah persentase suku bunganya yang lebih tinggi daripada produk rekening tabungan biasa. Adapun penerapan suku bunga simpanan berjangka mengacu pada suku bunga bank Indonesia.

Di mana pada tahun 2022, suku bunga yang ditetapkan adalah 2,75% per tahun. Jadi, mayoritas bank akan menerapkan suku bunga mendekati angka tersebut. Secara umum, persentase ini sedikit lebih tinggi daripada inflasi.

Jadi, misalnya suku bunga simpanan berjangka sebesar 2% dan tingkat inflasi di Amerika Serikat sebesar 2,5%. Maka secara teori, nasabah tidak perlu membayar kompensasi kenaikan harga yang terjadi dalam inflasi tersebut.

2. Terjamin dan Terlindungi Negara

Investasi dengan simpanan berjangka sudah terjamin keamanannya, karena terlindungi oleh negara. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah menetapkan bahwa semua simpanan di bank, termasuk deposito berjangka dengan nilai hingga Rp2 miliar per akun, sudah terjamin oleh negara.

Namun, hal ini hanya berlaku pada produk perbankan dari bank yang sudah terdaftar dan berizin di OJK. 

3. Tidak Perlu Dipantau

Berbeda dengan instrumen saham yang harus selalu kamu pantau, pada deposito berjangka tidak berlaku seperti itu. Pasalnya, dana yang bisa kamu dapatkan pada simpanan berjangka sudah pasti sesuai dengan tingkat suku bunga yang disebutkan dalam perjanjian.

Hal inilah yang membuat pengelolaan dana simpanan berjangka jauh lebih mudah. Khususnya bagi orang awam yang kurang paham dengan instrumen investasi.

4. Cocok bagi Orang yang Butuh Dana Pinjaman

Keuntungan dari simpanan berjangka yang lainnya adalah cocok bagi orang-orang yang membutuhkan dana pinjaman dalam waktu dekat. Baik itu untuk keperluan pribadi maupun bisnisnya.

Pasalnya, kamu bisa menggunakan simpanan berjangka tersebut sebagai jaminan pengajuan kredit. Keuntungan yang satu ini memang belum banyak diketahui masyarakat. Hal ini karena mayoritas masyarakat lebih memilih menjadikan aset sebagai jaminan untuk mengajukan kredit.

Padahal sebenarnya, kamu juga bisa menjadikan deposito berjangka sebagai jaminan alternatif. Namun, perlu digaris bawahi, bahwa tidak semua bank menerima simpanan berjangka sebagai jaminan. Umumnya, hanya bank yang menerbitkan deposito kamu saja yang mau menerimanya sebagai jaminan kredit.

5. Investasi yang Rendah Risiko

Berkaitan dengan poin sebelumnya, simpanan berjangka juga termasuk ke dalam instrumen investasi yang rendah risiko. Artinya, instrumen ini mempunyai tingkat kegagalan yang relatif rendah daripada instrumen lain, seperti saham dan obligasi.

Jadi, bisa dikatakan bahwa deposito berjangka relatif lebih aman, karena kamu tidak perlu selalu melihat harga pasar dan memikirkan kapan harus beli atau jual.

6. Konsep Bunga-berbunga

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa simpanan berjangka bisa kamu perpanjang secara otomatis berkat adanya fitur Automatic Roll Over (ARO). Dengan fitur ini, masa deposito akan terus diperpanjang dengan jangka waktu yang sama tiap kali waktu jatuh tempo sudah lewat.

Tentunya, bunga dari nilai simpanan yang kamu miliki juga akan dihitung. Jadi, nantinya bunga tersebut akan masuk ke rekening biasa yang kamu miliki atau diakumulasikan dengan nilai deposito berjangka yang kamu miliki sebelumnya.

7. Bunga Utang Lebih Kecil

Bagi kamu yang menjadikan deposito berjangka sebagai jaminan pengajuan kredit, maka bunga utang yang dibebankan cenderung lebih kecil. Pasalnya, bunga yang dibayarkan kepada pihak bank, nantinya akan terakumulasi dari bunga kredit umum. Kemudian, dikurangi dengan bunga simpanan berjangka.

Bagi pihak bank sendiri, pinjaman dengan simpanan berjangka sebagai jaminan mempunyai risiko yang lebih rendah dari jaminan lain. Jadi, bunga utang yang dibebankan pun relatif lebih rendah. Umumnya, sekitar 2-3% di atas bunga deposito.

Karakteristik Utama Deposito Berjangka

Jangka Waktu Tetap

Deposito tipe ini memiliki jangka waktu yang telah ditentukan, yang dapat bervariasi mulai dari beberapa bulan hingga beberapa tahun.

Pemilik deposito tidak dapat menarik dana mereka sebelum jangka waktu berakhir tanpa denda atau kerugian.

Suku Bunga Tetap

Suku bunga yang ditawarkan pada deposito berjangka biasanya tetap selama seluruh jangka waktu.

Ini berarti bahwa pemilik deposito akan tahu persis berapa banyak bunga yang akan diterima saat deposito tersebut jatuh tempo.

Keamanan

Pada umumnya tipe deposito ini dianggap sebagai investasi yang aman karena mereka dijamin oleh lembaga asuransi deposito yang ada di banyak negara.

Ini berarti bahwa jika bank tempat deposito kamu disimpan mengalami masalah keuangan, dana kamu akan tetap aman hingga batas maksimum yang dijamin oleh lembaga tersebut.

Pembagian Bunga: Bunga yang dihasilkan dapat dibayarkan secara periodik (bulanan, triwulanan, atau tahunan) atau di akhir jangka waktu deposito, tergantung pada perjanjian dengan bank atau lembaga keuangan.

Tidak Likuid

Perlu dipahami bahwa deposito merupakan investasi yang relatif tidak likuid, artinya kamu tidak dapat menarik dana sebelum jangka waktu berakhir tanpa mengalami potongan bunga atau denda.

Ini berbeda dengan rekening tabungan atau rekening giro yang lebih fleksibel.

Minimum Setoran

Untuk membuka deposito berjangka, kamu biasanya perlu menyetor jumlah minimum tertentu sesuai dengan kebijakan bank atau lembaga keuangan.

Investasi Pendapatan Tetap

Deposito berjangka biasanya digunakan sebagai tempat untuk menyimpan dana yang ingin dikelola dengan aman dan menghasilkan pendapatan tetap.

Suku bunga deposito biasanya lebih tinggi daripada rekening tabungan atau rekening giro.

Pembaruan atau Pencairan

Setelah jangka waktu deposito berjangka berakhir, kamu dapat memilih untuk memperbarui deposito dengan suku bunga baru atau menarik dana sesuai dengan kebutuhan kamu.


Sudah Paham tentang Apa Itu Deposito Berjangka?

Dari penjelasan tentang apa itu deposito berjangka di atas, bisa kamu pahami bahwa simpanan berjangka ini bisa menjadi salah satu instrumen investasi yang cocok bagi kamu.

Deposito berjangka dapat menjadi pilihan yang baik untuk mereka yang mencari cara yang lebih aman dan konservatif untuk menginvestasikan uang mereka sambil menghasilkan bunga tetap. 

Kamu bisa mencoba produk investasi deposito dari KoinWorks Bank dengan bunga hingga 6,75% per tahun yang telah dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) keamanannya. Buka deposito sekarang dan langsung dapatkan hadiah hingga 12 juta.

Buka Deposito Sekarang!

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.