Ada banyak strategi investasi yang bisa dilakukan baik perusahaan Anda sedang berada di posisi buruk atau baik. Akuisisi juga bisa merupakan strategi dalam berbisnis atau investasi karena ada dengan akuisisi tentu ada banyak manfaat yang bisa diraih dari mulai berkembangnya perusahaan sampai pada berkurangnya jumlah pesaing dan lain sebagainya. Tentu, akuisisi akan berjalan sesuai dengan rencana atau tidak jika beberapa startegi dibawah ini dilakukan dengan baik.

Memahami alasan akuisisi

Perusahaan Anda harus memahami dengan benar alasan dilakukannya akuisisi bukan hanya karena mengikuti trend. Walaupun alasan tersebut sederhana, dengan adanya alasan tentunya ada tujuan yang hendak dicapai juga.

Memilih jenis akuisisi yang sesuai

Ada beberapa jenis akuisisi yang bisa dilakukan oleh perusahaan. Pahami jenis akuisisi yang mana yang akan diambil;

  • Akuisisi saham

Ini adalah jenis akuisisi yang paling umum. Anda akan membeli saham perusahaan yang akan diakuisisi. Catatan, belilah saham lebih dari 51% untuk bisa menguasai pengelolaan perusahaan tersebut.

  • Akuisisi aset

Selain saham, ada juga akuisisi yang hanya membeli seluruh aset perusahaan yang diakuisisi

  • Akuisisi kombinasi

Akuisisi jenis ini mengkombinasikan akuisisi saham dan aset.

  • Akuisisi eksternal

Yakni akuisisi perusahaan satu atas perusahaan lain yang tidak tergabung dalam satu payung grup yang sama

  • Akuisisi internal

Akuisisi yang dilakukan oleh perusahaan lain tapi masih dalam satu payung grup.

  • Akuisisi Vertikal

Yakni, akuisisi antara perusahaan satu dengan lainnya dalam satu rantai produksi. Contoh, perusahaan penerbit buku mengakuisisi perusahaan percetakan untuk hasil kerja yang efisien dan efektif

  • Akuisisi horizontal

Akuisisi jenis ini dilakukan oleh perusahaan satu kepada perusahaan pesaingnya untuk mendominasi dan menguasai pasar

  • Akuisisi konglomerat

Akuisisi ini dilakukan oleh perusahaan atau pengusaha bukan karena untuk melemahkan pesaing atau untuk mengusai seluruh sektor hilir dan hulu

  • Akuisisi strategis

Akuisisi ini sebagai langkah untuk bisa meningkatkan kinerja perusahaan, memperkuat perusahaan dan memperluas pasar perusahaan

  • Akuisisi bertahap

Akuisisi ini dilakukan oleh perusahaan satu atas perusahaan lain secara bertahap karena pihak pengakuisisi masih memiliki keraguan untuk mengambil alih semuanya

  • Akuisisi Finansial

Akuisisi jenis ini dilakukan oleh spekulan pasar modal. Akuisisi ini dilakukan dengan membeli saham perusahaan dalam jumlah banyak kemudian menjual kembali ketika harga naik.

Siap mengelola

Jika perusahaan Anda sudah siap mengakuisisi perusahaan lain, maka lanjutkan dengan perencanaan dan strategi berikutnya agar usah akuisisi, perusahaan tidak membutuhkan waktu lama untuk sinkronisasi. Anda juga bisa menentukan apakah akan menggabungnya atau hanya dijadikan perusahaan sampingan.

Bidang Usaha

Ketika Anda akan mengakuisisi perusahaan lain, pastikan perusahaan tersebut bergerak di bidang yang Anda kuasai. Paling tidak, Anda sudah mempersiapkan ahli-ahlinya. Jadi, hanya karena namanya akuisisi bukan berarti hanya mengambil alih perusahaan yang memiliki bidang yang sama dengan perusahaan Anda.

Diskusi dengan yang lain

Ketika Anda hendak mengakuisisi salah satu perusahaan, berdiskusi dengan pebisnis lain di bidang yang sama yang sudah makan asam garam juga penting. Anda akan mendapatkan banyak pelajaran berharga dari mulai saran, nasehat sampai strategi yang akan memberikan inspirasi kepada Anda. Selain itu, Anda juga bisa mencari banyak informasi terkait bidang atau perusahaan yang akan Anda akuisisi sehingga begitu proses akuisisi selesai, perusahaan tersebut bisa langsung dijalankan.

Nilai Diri Anda Sendiri

Terakhir, Anda juga membutuhkan waktu untuk sendiri untuk menilai kemampuan Anda dari mulai kebutuhan yang harus Anda miliki, kemampuan menjalankan bisnis perusahaan yang diakuisisi, pengetahuan dan lain-lain yang bisa membuat Anda sangat siap untuk melangkah mengakuisisi perusahaan tersebut.

Buatlah list sederhana tentang hal apa saja yang Anda butuhkan baik sebelum, saat dan sesudah proses akuisisi. Dengan begitu Anda akan lebih menilai diri Anda sendiri apakah Anda benar-benar siap untuk mengakuisisi perusahaan tersebut atau tidak. Keraguan bisa saja muncul jika Anda tidak menguasai diri sendiri.

Demikian salah satu strategi investasi untuk membesarkan, mengembangkan dan meningkatkan perusahaan Anda melalui cara mengakuisisi sebuah perusahaan. Cobalah lakukan tips diatas jauh-jauh hari sebelum mengakuisisi sebuah perusahaan.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.