Apa Itu Deposito On Call? Definisi, Manfaat & Risikonya

apa itu deposito on call

Apa itu deposito on call? Pertanyaan tersebut kerap muncul seiring dengan maraknya  tren investasi keuangan menjanjikan masa kini. Sebagai kredit pasif yang ditawarkan oleh bank, Deposito on Call atau DoC adalah layanan simpanan dengan mengusung skema pencairan yang singkat. 

Soal keuntungan, deposito on call tak kalah dari jenis simpanan bank yang lainnya. Selain menawarkan suku bunga yang menarik, produk perbankan tersebut juga menjadi instrumen yang minim risiko. Artikel ini akan membahas deposito on call lebih jauh, mulai dari definisi, manfaat, hingga risiko yang terjadi. Simak artikel ini selengkapnya!     

Apa Itu Deposito On Call? 

Menjadi salah satu jenis simpanan bank, Deposito On Call (DOC) merupakan produk keuangan dengan konsep pemanggilan sewaktu-waktu. Artinya, layanan perbankan tersebut memungkinkan nasabah melakukan pencairan dana simpanan setiap saat, tanpa harus menunggu waktu jatuh tempo terlebih dahulu.    

Secara garis besar, jenis deposito tersebut menggabungkan skema rekening giro dan deposito berjangka. Perhitungan besaran bunga yaitu per bulan, tergantung negosiasi antara nasabah dan bank. Akan tetapi, imbal hasil deposito ini menjanjikan, bahkan relatif tinggi daripada giro, deposito, maupun tabungan konvensional. 

Terkait perihal tenor, deposito on call mempunyai jangka waktu pencairan yang sangat singkat, yakni mulai dari 3 hari hingga 1 bulan saja. Karena itu, ada banyak nasabah yang tertarik untuk menjadikan deposito ini sebagai instrumen alternatif investasi jangka pendek.      

Adapun, waktu pengambilan simpanan harus berdasarkan kesepakatan bersama antara investor dengan bank di awal perjanjian. Bila ingin menarik dana simpanan, nasabah perlu melakukan konfirmasi kepada pihak bank minimal 3 hari sebelum masa pencairan tiba. 

Kendati demikian, penyimpanan dana pada deposito ini tetap tidak boleh sembarangan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya bank memberlakukan standar minimum bagi nasabah yang ingin mendapat fasilitas DoC. 

Syarat tersebut meliputi nasabah yang harus menjadi anggota prioritas dulu dengan nominal saldo simpanan minimum sekitar Rp100 juta hingga Rp500 juta.   

Baca juga: Apa itu Deposito Berjangka? Keuntungan dan Karakteristiknya

Manfaat Deposito On Call

Manfaat Deposito On Call | Sumber gambar: Freepik.com

Meskipun berjangka pendek, jenis layanan perbankan ini tetap menawarkan begitu banyak keuntungan. Lantas, apa itu deposito on call jika dilihat dari manfaatnya?

1. Potensi Untung dengan Tenor Singkat

Tidak perlu menunggu lama, nasabah bisa mulai mendapatkan return (imbal hasil) hanya dengan 3 hari saja. Oleh sebab itu, penggunaan jenis deposito tersebut cocok untuk kategori masyarakat dengan tanggungan pembayaran dalam waktu dekat. 

2. Suku Bunga yang Kompetitif

Ketika memutuskan untuk berinvestasi lewat jenis deposito ini, nasabah dapat merasakan sensasi bunga yang kompetitif, sebab kehadiran imbal hasil yang lebih menguntungkan daripada tabungan reguler. Kondisi tersebut tentu dapat terjadi karena perputaran dana yang besar dan cepat, meskipun dalam waktu yang singkat. 

Menariknya, bank juga menyediakan kemudahan negosiasi bunga pada produk keuangan tersebut. Dengan begitu, nasabah dapat melakukan diskusi dengan bank perihal tingkat suku bunga maksimal yang sesuai keinginan. Kemudian, bank akan menyediakan informasi lanjutan mengenai penerimaan batasan bunga maksimum. 

3. Keamanan Terjamin 100%

Apa itu deposito on call dari segi keamanan? Tak perlu khawatir soal keamanan, karena deposito on call menjadi salah satu fasilitas penyimpanan dana yang paling aman. 

Berapapun uang yang nasabah simpan, bank akan tetap senantiasa menjamin keamanan data deposan dari ancaman security breach (pelanggaran data) maupun sejenisnya.   

Tak hanya itu, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) juga turun langsung untuk turut melindungi keamanan dana deposito. Jadi, uang nasabah akan tetap bisa dikembalikan meski dalam kondisi ekonomi yang ekstrim sekalipun.     

4. Investasi yang Minim Risiko 

Sama halnya dengan simpanan berjangka, skema on call juga tergolong ke dalam jenis instrumen keuangan dengan risiko yang rendah. 

Alasannya yaitu karena keuntungan dan pengembalian saldo pokok yang terjamin 100% dan pasti sesuai dengan kesepakatan awal. Selain itu, pengaruh fluktuasi dari suku bunga atau faktor ekonomi lainnya juga sangat kecil. 

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Deposito yang Bisa Dicoba untuk Investasi

Apa Itu Risiko Deposito On Call?  

Selain menawarkan banyak manfaat, DoC juga mempunyai sejumlah risiko dalam penggunaannya, yakni.

1. Setoran Minimal yang Besar dan Kena Pajak 

Supaya bisa menyimpan dana pada produk deposito ini, nasabah harus menyiapkan modal dalam jumlah yang cukup besar, yakni mulai dari Rp100juta hingga Rp500juta. Tidak selalu sama, besaran nominal tersebut tentu saja bergantung terhadap kebijakan masing-masing bank yang terkait.  

Kemudian, sama seperti deposito berjangka, desposito ini juga termasuk ke dalam jenis produk perbankan yang terkena pajak. Adapun pajak yang dikenakan yaitu berkisar hingga 20% dan biasanya dipotong otomatis saat nasabah melakukan penarikan dana. 

2. Bunga Deposito Terpengaruh Oleh Inflasi

Tahukah kamu? Bunga deposito menjadi tak bernilai ketika era inflasi sedang naik. Dengan kata lain, nilai deposito on call cenderung melemah saat inflasi terjadi.   

3. Potensi Likuidasi

Kendati angka bank yang terkena likuidasi cenderung rendah, namun bukan berarti risiko tersebut tidak akan pernah terjadi. Jika pada akhirnya bank mengalami likuidasi, maka kemungkinan muncul potensi dana deposito nasabah yang tidak bisa cair sepenuhnya. 

Biasanya, dana yang tersisa hanya sebesar nominal yang ditanggung oleh LPS, dengan tingkat suku bunga simpanan yang sesuai batas minimum. 

Baca juga: Tabungan Terbaik di Indonesia untuk Menabung dan Investasi Deposito

Sudah Paham Apa Itu Deposito On Call?   

Kehadiran suku bunga yang menarik, dengan waktu yang relatif singkat, menjadikan deposito on call sebagai instrumen perbankan dengan potensi keuntungan yang menggiurkan. Melalui ragam kemudahan yang tersedia, mempunyai deposito on call tentu akan menjadi langkah investasi yang paling tepat dan menjanjikan.

Kamu bisa mencoba produk investasi deposito dari KoinWorks Bank dengan bunga hingga 6,75% per tahun yang telah dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) keamanannya. Buka deposito sekarang dan langsung dapatkan hadiah hingga 12 juta.

Buka Deposito Sekarang!

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Maxstien

Maxstien

Starting a career as a digital worker who handles various brands and industries. Also has research and writing skills in various industrial fields, currently interested in exploring his writing skills in the financial sector.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.