Home » Blog » Investasi & Keuangan Pribadi » 10 Venture Capital Terbaik yang Ada di Indonesia

10 Venture Capital Terbaik yang Ada di Indonesia

·
4 menit
venture capital terbaik

Kamu yang saat ini sedang mengembangkan dunia startup, pasti mengenal apa itu Venture Capital. Ini adalah sebuah lembaga keuangan yang akan memberikan sejumlah dana, kepada perusahaan startup.

Tentunya keberadaan VC (Venture capital) ini sangat penting, untuk keberlangsungan pendzanaan Startup itu sendiri.

Apa itu Venture Capital

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Venture Capital sendiri adalah berupa pendanaan yang diberikan oleh pihak investor, pada sebuah perusahaan kecil, seperti startup, yang diperkirakan mempunyai potensi besar, dalam jangka panjang.

Dimana biasanya VC ini sendiri memperoleh dana dari berbagai kelompok, mulai dari investor yang kaya, lembaga keuangan, bank investasi, dan yang lainnya.

Tapi yang perlu diketahui disini, tidak semua VC, memberikan modal berupa dana. Terkadang bantuan juga diberikan dalam bentuk keahlian teknis, atau juga keterampilan tertentu.

Karena pada dasarnya setiap investor yang memberikan sejumlah dana ke VC, yang nantinya kembali digelontorkan ke perusahaan Startup, mempunyai resiko yang tinggi. Itu sebabnya tidak semua Startup, memperoleh pendanaan yang cepat, dan mulus dari pihak VC.

10 Venture Capital Terbaik

  • Alpha JWC Ventures

Tahukah kamu, bahwa Alpha JWC Ventures ini, adalah salah satu perusahan Venture Capital terkemuka di kawasan Asia Tenggara.

Dimana fokus dari perusahaan ini adalah di Indonesia. Tidak hanya itu, perusahaan ini juga cukup menjunjung tinggi nilai Value-add, bagi perusahaan portofolionya.

Perusahaan ini sendiri berdiri pada tahun 2015, yang didasari oleh Jefrey Joe, Chandra Tjan dan juga Will Ongkowijaya, sebagai Founding Partners.

Bisa dikatakan, perusahaan ini sebagai early stage Venture capital Independen, dan juga Institusional pertama di Indonesia.

Hingga saat ini, perusahaan tersebut, sudah berinvestasi ke beberapa perusahaan startup terkemuka yang ada di Indonesia, dan Asia Tenggara lainnya, seperti Kredivo, Style Theory, bobobox, dan yang lainnya.

  • 500 Durians

Berikutnya ada 500 Durians, dimana ini adalah bagian dari 500 Startup yang fokus di kawasan Asia Tenggara. Dimana 500 Durians ini, terdiri atas 150 perusahaan portofolio, sejak awal tahun 2020.

Dave McClure dan Christine Tsai, yang mendirikan 500 Durians, dan dalam hal ini 500 Startup sudah melakukan investasi dalam beberapa tahun belakangan ini. termasuk diantaranya Grab, Bukalapak, Canva, Credit Karma, dan yang lainnya.

Selain menyediakan sejumlah dana, 500 Durians ini juga menyediakan program Seed Accelerator.

Dalam hal ini menekankan sistem pemasaran digital, praktis lean startup, akuisisi pelanggan, dan juga penggalangan dana, bagi startup pra seed.

  • East Ventures

Perusahaan Venture Capital ini sendiri sudah ada sejak tahun 2010 silam, dan bisa dibilang ini adalah perusahan VC pertama yang ada di Indonesia. Bahkan bisa dibilang termasuk perusahaan yang paling aktif dalam hal pendanaan startup.

Didirikan oleh Batara Eto, Chandra Tjan, dan juga Willson Cuaca, ini, berhasil mendanai berbagai jenis startup, seperti Tokopedia, BerryKitchen, Apps Foundry, Berrybenka, Traveloka, dan yang lainnya.

  • Emtek Group

Pernahkah kamu mendengar nama Emtek Grup. Ini adalah salah satu perusahaan VC yang juga cukup terkenal di Indonesia. Nama resminya sendiri adalah PT. Elang Mahkota Teknologi, atau yang disingkat jadi EMTEK.

Dimana Emtek ini sendiri adalah induk dari beberapa stasiun TV nasional, seperti Indosiar, SCTV, dan juga O Channel.

Saat ini perusahaan tersebut sudah memberikan suntikan dana pada beberapa perusahaan startup terkemuka yang ada di Indonesia, seperti Bukalapak, Kudo, Bobobobo, dan yang lainnya.

  • Ideosource

Ini adalah salah satu Venture Capital yang didirikan dan dikembangan oleh anak muda Indonesia, seperti Andi S Boediman, dan juga Edward Ismawan Chamdani.

Berbeda dengan kebanyakan pendanaan lainnya. Ideosource ini, fokus pada pendanaan di sektor media dan e-commerce.

Hingga saat ini, ada cukup banyak startup di Indonesia yang pernah menerima gelontoran dana dari perusahaan yang dimaksud, seperti eEvent, Orori, Female Daily, Saqina, Touchten, dan yang lainya.

  • IMJ Investment

IMJ Investment ini juga termasuk salah satu VC yang dapat membantu kamu dalam memperoleh dana Startup.

Tidak hanya tentang dana saja, namun perusahaan ini, juga menyediakan bantuan berupa jasa pengembangan produk, relasi pengembangan bisnis startup, dan juga akses internet.

Adapun beberapa startup yang berhasil memperoleh sejumlah dana dari perusahaan yang dimaksud, antara lain, iMoney, Urbanindo, dan juga Bukalapak.

  • Rebright partners

Ini adalah salah satu perusahaan VC yang berinvestasi di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Dimana perusahaan asal Jepang, yang didirikan oleh Takeshi Ebihara ini, fokus pada startup dari jenis internet dan mobile, di 6 negara besar yang ada di kawasan Asia, termasuk Indonesia.

Sebelum mendirikan perusahaan VC tersebut, dirinya pernah bekerja di Batavia Incubator, Fortune Institute, dan juga GMO Venture partners. Saat ini Rebright Partners atau yang disingkat jadi RP ini, menyediakan beberapa macam seri pendanaaan.

Tentunya dengan jumlah yang berbeda-beda. Beberapa perusahaan startup yang sudah memperoleh dana dari perusahan yang dimaksud, antara lain Aturduit, indotrading, aplikasi pemesanan restoran Qraved, dan yang lainnya.

  • Gree Ventures

Gree Ventures juga termasuk salah satu perusahaan VC yang cukup aktif dalam melakukan investasi di kawasan Asia Tenggara, terutama Indonesia.

Seperti VC lainnya, perusahaan ini juga mempunyai beberapa kategori pendanaan. Masing-masing mempunyai jumlah dana yang berbeda-beda.

Yang mungkin tidak banyak diketahui adalah, perusahaan ini berasal dari Jepang, dan digawangi oleh Yusuke Amano, Naoki Aoyagi, dan juga Tatsuo Tsutsumu.

Ada cukup banyak perusahaan startup yang sudah memperoleh kucuran dana dari perusahaan Gree Ventures tersebut, seperti Urbanindo, Berrybenka, Pricearea, kembali Bukalapak, dan yang lainnya. Sementara dari negara lain ada startup LuXola (perusahaan kosmetik asal Singapura), dan yang lainnya.

  • Fenox Ventures Capital

Ini adalah Venture Capital yang berasal dari Silicon Valley yang cukup terkenal. Ketika portofolio yang kamu miliki masuk ke dalam kategori portofolio yang perusahaan tersebut inginkan. Sudah pasti sejumlah dana akan langsung digelontorkan.

  • Convergence

Apabila kamu merasa bahwa ini adalah perusahaan asing, maka kamu salah. Sebenarnya ini adalah salah satu dari bagian perusahaan Bakrie Group.

Dimana perusahan yang satu ini, telah mempersiapkan dana sekitar 333 miliar rupiah, untuk diinvestasikan, pada startup-startup yang ada di Indonesia.

Kamu yang tertarik untuk memperoleh pendanaan dari VC yang satu ini, sebaiknya cari tahu syarat dan grade pendanaan yang dimiliki oleh perusahaan yang dimaksud.

Demikianlah beberapa perusahaan Venture Capital yang cukup aktif mendanai berbagai macam startup yang ada di Indonesia.

Berkat gelontoran dana tersebut juga kini sudah cukup banyak perusahaan startup di Indonesia yang sudah mulai menggeliat, dan mampu memberikan pelayanan terbaik untuk para penggunanya.

Buat kamu yang ingin memperoleh VC yang tepat, tidak ada salahnya jika mencari tahu lebih dalam tentang VC yang dimaksud, dan mencari tahu aneka macam syarat yang harus dipenuhi.

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat