Peningkatan ekonomi yang semakin tinggi seringkali tidak dibarengi dengan pendapatan masyarakatnya. Masyarakat cenderung bingung mempertahankan dirinya di era yang semakin maju ini. Berbisnis merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penghasilan sekaligus dijadikan bentuk instrumen strategi investasi menarik di masa depan sehingga masyarakat tak akan lagi dipusingkan tentang kondisi perekonomian. Hanya saja dalam melakukannya, tak mudah untuk membangun bisnis rintisan atau yang sering disebut dengan startup. Bisnis rintisan ini jelas lebih besar skalanya dibandingkan dengan usaha kecil-kecilan yang dijadikan sebagai usaha sampingan untuk bertahan hidup. Saat ini, banyak sekali bisnis rintisan dibangun dan investor pun tak segan untuk menyumbangan atau menanamkan modal mereka apabila memang dianggap usaha yang dijalankan mereka ini mampu berkembang dengan sangat baik dalam masyarakat dan menguntungkan jangka panjang bagi investor yang melakukan investasinya.

Selain menguntungkan, membangun startup terbukti sangat menyenangkan sebab jika bisnis ini berhasil, maka seseorang akan merasa sangat bangga dengan seluruh pencapaian dan kerja keras yang dilakukannya selama ini. Bahkan kepuasan yang akan diperoleh pun tidak akan bisa digambarkan dengan kata-kata lagi. Namun dibutuhkan banyak hal yang harus dilakukan guna membangun bisnis rintisan ini agar investor melirik usaha Anda sekaligus mau menyuntikkan dana yang menjanjika guna terbangunnya usaha Anda ini. Sangat sulit untuk membangun usaha ini meskipun semua orang bisa berbisnis akan tetapi hanya sedikit dari mereka yang dapat mempertahankan bisnisnya dalam jangka waktu yang sangat lama. Sebaiknya mulai dari ide yang simpel atau sederhana. Terkadang Anda yang sudah punya niat untuk berbisnis seringkali terkendala masalah dimana Anda bingung untuk menentukan produk maupun jasa apa yang kira-kira cocok untuk dijual dan memiliki nilai jual yang tinggi. Seringkali hal itulah yang dipikirkan sangat lama oleh para calon pengusaha hingga mereka tak sadar telah membuang banyak waktu.

Cobalah untik memulai usaha dari hobi Anda sendiri. Sebaiknya memang bisnis dilakukan dari niat dan juga minat Anda akan sesuatu daripada harus memulai bisnis dari sesuatu yang tidak Anda sukai akan tetapi Anda melihat keuntungannya lebih besar. Jauhkan pikiran itu dari Anda sebab sesuatu yang dikerjakan dengan senang tak akan berasa lelah dan Anda pun akan sangat termotivasi untuk terus berusaha mengembangkan bisnis Anda. Sebagai contoh Anda suka sepak bola. ada banyak sekali bisnis yang dapat Anda jalankan dengan hobi ini seperti membuka toko penjualan alat-alat olahraga khusus sepak bola seperti sepatu, seragam, bola maupun perlengkapan lainnya baik itu offline maupun online. Anda juga bisa membangun lapangan futsal guna mencetak banyak pemain-pemain berbakat baru sekaligus menyalurkan hobi Anda bermain sepak bola. Bisa juga Anda menjual berbagai macam jersey nasional maupun internasional dari berbagai macam tim sepak bola di seluruh dunia. Jika Anda melakukan sesuatu dari hal yang Anda tidak suka, maka Anda akan merasa malas untuk menjalankannya dan hasilnya pun tidak akan maksimal.

Akan tetapi, cobalah untuk membuat bisnis Anda memiliki keunikan tersendiri yang original milik Anda dan belum pernah dibuat oleh bisnis serupa lainnya. Cobalah untuk menawarkan sesuatu yang berbeda dan belum pernah ditawarkan oleh pesaing lainnya pada pelanggan. Jika Anda hanya menawarkan sesuatu yang sama, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah memikirkan tingkat persaingan harga agar bisnis Anda dapat dilirik oleh konsumen. Bisnis yang sama akan cenderung membosankan sehingga dapat cepat dilupakan oleh para konsumennya. Akan tetapi, jika Anda memiliki suatu pembeda, maka konsumen akan dipastikan memilih produk maupun jasa Anda tidak peduli berapapun harga yang ditawarkan oleh Anda. Kini masyarakat bukan hanya melihat suatu barang maupun jasa berdasarkan dari harga karena akhirnya mereka menyadari jika kualitas lebih penting dibandingkan dengan harga. Perbedaan itu bukan hanya berasal dari produknya saja melainkan juga bisa dari bentuk pelayanan yang diberikan.

Namun hal yang paling penting dalam melakukan strategi investasi bisnis rintisan adalah totalitas dalam bekerja dan membangunnya sebab bisnis menggunakan modal dan tujuan membangun bisnis adalah untuk mengembalikan lagi modal beserta profit yang diharapkan. Karena itulah Anda tidak boleh setengah-setengah dalam menjalankan usaha milik Anda ini.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.