Seperti yang telah banyak diketahui jika bisnis start up adalah usaha rintisan yang dibangun dari nol yang artinya benar-benar perusahaan baru dan belum memiliki cabang maupun menggunakan cara franchise dan sebagainya. Diperlukan banyak tips mendirikan start up dan mendapatkan modal awal demi terbangunnya sebuah bisnis yang solid, mantap, dan juga bertahan dalam jangka waktu yang lama guna disalurkan atau diwariskan pada anak cucu mendatang. Butuh lebih dari hanya sekedar modal nekat untuk membangun bisnis apalagi jika dibangun dari bawah atau nol karena masalah besar yang seringkali harus dihadapi oleh banyak pebisnis adalah modal. Jika menggunakan modal sendiri untuk membangun bisnis tentunya tidak akan cukup karena biaya yang dibutuhkan pun sangat mahal dan besar sehingga Anda harus mencari cara untuk mendapatkan modal terlebih dahulu.

Memang bukan hanya modal; saja yang dibutuhkan dari sebuah bisnis melainkan juga ide usaha yang akan menentukan jalannya bisnis dari start up yang dibangun, skala usaha baik kecil maupun besar, kompetisi pasar mengingat usaha yang Anda bangun belum tentu menjadi yang terbaru dan berbeda, permintaan pasar termasuk juga menentukan segmnetasi konsumen, tenaga kerja ahli yang akan menunjang perkembangan bisnis dan sebagainya. Namun perlu diingat jika semua hal tersebut tidak akan mungkin tercapai jika tidak memiliki modal cukup beserta sumber untuk mendapatkannya. Ibarat rumah, modal adalah fondasi awalnya yang akan memperkokoh dan mendukung perkembangan bisnis di atasnya sebagai rumah untuk mendapatkan perlindungan berupa penghasilan sekaligus keuntungan dalam jumlah besar. Modal tersebut bukan hanya berbentuk uang saja namun juga modal dari networking atau jaringan, keberanian, pengalaman, dan pengetahuan.

Akan tetapi, modal uang memang tidak mudah untuk mendapatkannya apalagi jika bisnis tersebut masih belum berbentuk dan sekedar gambaran yang belum terealisasi. Tidak hanya bisnis besar yang sering menemui kendala berupa modal namun juga bisnis kecil pun juga memerlukan modal untuk memulainya. Seperti yang dikatakan tadi jika menggunakan dana sendiri belum tentu cukup untuk mengcover semua biaya selama merintis bisnis. Namun bukan berarti tidak bisa. Jika memang bisnis yang Anda bangun cukup kecil atau skalanya tidak besar dan malas untuk meminjam dana karena belum tentu orang di sekitar membantu, maka gunakanlah simpanan Anda selama ini untuk membangun bisnis. Jika simpanan atau tabungan yang Anda miliki masih belum cukup, maka gunakan cara lain.

Menjual sebagian aset berharga juga bisa membantu seperti logam mulia atau menjual surat kendaraan bermotor sebagai tambahan untuk menutupi kekurangan dana yang dialami. Tidak ada salahnya untuk melakukan sedikit pengorbanan demi kesuksesan usaha yang dijalankan dari nol dan anggap saja diri Anda sedang membangun investasi demi memperoleh keuntungan yang lebih besar untuk jangka panjang apabila bisnis yang telah dibangun sukses berjalan dengan baik dan lancar.  Selain menggunakan modal sendiri, Anda juga bisa mencari dana hibah dari perusahaan baik milik pemerintah maupun yang dikelola oleh swasta. Kebanyakan perusahaan besar memiliki anggaran maupun budget tersendiri guna membantu dalam pembangunan perekonomian untuk masyarakat yang berada di sekitar perusahaan ataupun demi masyarakat umum dengan cara menyalurkan modal usaha melalui divisi CSR yang merupakan kepanjangan dari Corporate Social Responsibility.

Teknis dalam hal terkait dengan penyaluran dana dilakukan dalam bentu event competition sehingga adanya event tersebut bisa dikatakan sebagai peluang besar bagi calon pengusaha demi memperoleh tambahan modal untuk usaha mereka sendiri. Selain itu, Anda juga bisa membangun kerja sama dengan teman dan saudara yang juga mempunyai minat serupa dan hendak menjadikan hal itu sebagai bentuk bisnis sehingga mampu meringankan beban Anda. Adanya rekan bisnis kemungkinan hanya akan memberikan bantuan berupa modal yang bisa sangat membantu sistem operasional usaha sehari-hari. Namun Anda juga perlu menyepakati banyak hal seperti contohnya pembagian hasil dari kedua belah pihak sehingga nantinya tak akan ada yang dirugikan dan lebih baik jika disepakati dengan perjanjian tertulis guna meminimalisir hal yang tak diinginkan.

Dengan mengetahui berbagai macam tips mendirikan start up dan mendapatkan modal awal berupa uang dari berbagai pihak, maka Anda bisa menambah referensi guna memilih jenis pinjaman ataupun suntikan dana yang tepat sebagai modal Anda.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.