Home » Blog » Bisnis & UKM » Raup Untung dengan Memulai Usaha Aneka Gorengan

Raup Untung dengan Memulai Usaha Aneka Gorengan

·
4 menit
cara memulai usaha gorengan

Saat ini bisnis kuliner terbilang sangat menjamur, namun terus berkembang dengan menciptakan inovasi baru untuk menarik minat pembeli. Salah satunya ialah bisnis kuliner gorengan. Jajanan khas Indonesia ini, memiliki rasa yang familiar  dan memiliki harga yang sangat murah.

Tidak heran jika  banyak orang yang menyukai jajanan satu ini. Meski dianggap sebagai jajanan yang kurang sehat, tapi justru pangsa pasar bisnis gorengan terbilang sangat luas. Bahkan setiap sudut daerah banyak sekali orang yang berbisnis gorengan dari yang berjualan secara keliling, gerobak (panggul atau dorong), dan juga booth.

Dari sini tentu kita tahu jika peluang untuk memulai usaha aneka gorengan cukup menjanjikan. nah, bagi kamu yang mulai melirik jenis bisnis satu ini, bisa banget untuk melihat beberapa tips untuk memulai bisnis gorengan di bawah ini, agar kamu juga ada strategi untuk mensukseskan usaha gorengan yang akan kamu rintis.


Tips memulai bisnis gorengan

  1. Estimasi modal

Layaknya seperti jenis bisnis lain, dimana kamu juga perlu untuk membuat rencana anggaran modal guna membangun usaha gorengan kamu. Persiapan modal ini bertujuan untuk memenuhi segala kebutuhan bisnis kamu dari peralatan jualan hingga bahan-bahan yang digunakan untuk membuat gorengan.

Kamu dapat memenuhi modal dengan dana tabungan, menjalin kerjasama, atau mungkin melakukan peminjaman modal di lembaga keuangan.


  1. Cari lokasi yang strategis

Kesuksesan juga dapat dipengaruhi dari pemilihan lokasi, baik dari kamu memilih menggunakan gerobak atau berbisnis gorengan cukup dirumah saja. Pastikan jika lokasi yang kamu pilih berpengaruh pada penjualan gorengan.

kamu bisa memilih tempat jualan seperti di pasar, Stasiun, Terminal, atau tempat-tempat yang banyak lalu lalang orang.


  1. Menjual gorengan yang sehat

Untuk menarik pelanggan, kamu juga bisa menjual gorengan yang sehat. Maksudnya jangan gunakan minyak penggorengan yang telah digunakan untuk menggoreng hingga lebih dari 5 kali.

Menggunakan minyak yang terlalu sering untuk menggoreng akan berdampak buruk alias tidak sehat (banyak kandungan lemak salah satunya). Bahkan hal ini dapat membuat rasa dari gorengan menjadi berubah dan tidak enak.


  1. Berikan sentuhan “berbeda” pada gorengan anda

Meski banyak sekali orang yang berbisnis gorengan, tapi citarasa dan inovasi akan banyak berpengaruh pada ketertarikan konsumen untuk membeli. Biar gorengan kamu dilirik, buat inovasi yang “unik” pada gorengan kamu.

Kamu bisa memberikan variasi rasa yang berbeda, bentuk yang berbeda, pengemasan  ataupun tambahan isian dan juga toping untuk menarik perhatian pembeli. Semakin berbeda dan unik inovasi gorengan yang kamu buat, semakin mudah dikenali pula bisnis kuliner kamu.


  1. Tentukan target pasar dan penjualan kamu

Dalam memulai usaha aneka gorengan, segmentasi pasar sangat diperlukan. Bisnis gorengan dapat dikatakan jika makanan yang dapat menjangkau semua pangsa pasar. tapi, akan berbeda jika daro gorengan kamu adalah anak muda atau dedek games, atau mungkin target pasarmu anak milenial (anak 90’an).

Kamu perlu untuk membuat strategi gorengan yang berbeda. Kamu bisa membuat gorengan kekinian yang “anak muda banget” seperti sostang atau hotang, atau jenis gorengan yang diberikan sentuhan berbeda.


Jenis gorengan yang bikin laris manis bisnis kamu

Seperti yang telah disebutkan diatas, dalam memulai menjalankan bisnis kuliner seperti gorengan, kamu tentunya perlu untuk menentukan jenis gorengan apa saja yang ingin kamu jual.

Dalam penentuan jenis gorengan kamu perlu untuk melakukan riset terlebih dahulu. Seperti cari tahu apa yang masyarakat sukai, atau cari tahu jenis gorengan kekinian yang menarik untuk konsumen konsumsi.

Kamu dapat fokus menjual satu jenis gorengan saja, atau juga dapat menyediakan menu gorengan yang bervariasi. Hal ini bisa disesuaikan dengan minat konsumen dan pastinya rasa gorengan yang kamu ciptakan.


Seperti yang kita tahu, umumnya para penjual gorengan saat ini hanya menjual jenis gorengan yang terbilang cukup umum seperti tempe goreng, bakwan atau bala-bala, tahu isi, Lumpia, dan jenis gorengan lainnya. Nah, biar kamu ada pandangan mengenai street food ala Indonesia ini, berikut beberapa ide bisnis gorengan yang dapat kamu coba :

  1. Risoles mayo

Gorengan kekinian satu ini bisa dibilang harganya cukup mahal dibanding jenis gorengan pada umumnya. Memiliki bentuk yang sering disamakan dengan lumpia, ternyata keduanya memiliki perbedaan loh. Isian risol terbilang lebih lengkap  seperti sosis, telur rebus, keju, mayones, bahkan juga ada tambahan sayur.

Jadi tidak heran jika risol memiliki harga yang sedikit mahal. Bisa berkisar antara 2 ribu hingga 10 ribu. Hal ini tergantung pada isian dan ukuran dari si risol itu sendiri. melihat tampilan dan harga, risol mayo umumnya memiliki target pasar anak muda dan dewasa kelas menengah.


  1. Cireng

Aci digoreng atau dikenal dengan cireng, merupakan gorengan yang terbilang cukup umum. Akan tetapi, buat kamu yang memulai usaha aneka gorengan, penting untuk selalu memperbaiki resep cireng kamu.

Sebab, jika salah racikan bisa-bisa cireng kamu memiliki tekstur terlalu keras. Pastikan juga kamu meracik bumbu yang pas agar cireng kamu dapat dinikmati.

Kamu juga dapat melakukan inovasi terhadap cireng kamu seperti membuat cireng dengan isian, cireng kuah, cireng bumbu rujak, dan ide inovasi lainnya.


  1. Tahu bulat

“Tahu bulat, digoreng dadakan lima ratusan”. Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan tagline ini bukan. Tagline abang-abang penjual tahu bulat keliling komplek ini juga dapat kamu jadikan menu bisnis gorengan kamu loh.

Meski sudah terbilang umum, ide gorengan satu ini tidak akan pernah mati, sebab banyak sekali yang menggemarinya.

Jika biasanya tahu bulat dijual secara keliling, kamu bisa menjualnya di booth, gerobak, atau bahkan via online untuk menjaga higienitas dari tahu bulat. Agar lebih unik lagi, kamu bisa membuat ide tahu bulat beraneka rasa, tambahan toping, atau juga variasi saos dan sambal.


  1. Cimol

Siapa nih yang suka sama jajanan SD satu ini? Buat membayar rindu jajanan SD, kamu bisa banget berinovasi bisnis kuliner dengan menjual cimol.

Buat menu cimol yang berbeda dari lainnya seperti cimol aneka rasa, cimol isi, atau mungkin cimol warna-warni. Dengan begitu, gak Cuma anak kecil saja, akan tetapi remaja bahkan dewasa dijamin akan tertarik dengan dagangan kamu.


  1. Jamur crispy

Ide gorengan selanjutnya, kamu dapat membuat jamur sebagai bahan utama gorengan dengan membuatnya menjadi jamur crispy. Ini merupakan ide gorengan yang bagus. Sebab, jamur crispy masih terbilang sangat jarang ditemui, padahal jamur crispy terbilang sangat digemari dari berbagai kalangan.

Seperti gorengan lainnya, untuk menarik banyak konsumen buat rasa jamur yang bervariasi seperti rasa jagung bakar, ayam bakar, balado, barbeque, asin, original, pedas, atau rasa yang lainnya.


  1. Pisang Nugget

Pisang goreng, tentunya usah biasa banget buat kamu. Saatnya kamu buat yang berbeda dengan menyulap pisang menjadi gorengan yang lebih mewah yakni pisang nugget. Memiliki bentuk seperti nugget ayam, kamu dapat memberikan topping tambahan yang bervariasi. dari selai, keju, matcha (teh hijau), stroberi, vanilla, dan masih banyak jenis lainnya.

Jadi, buat kamu yang ingin memulai usaha aneka gorengan pastikan untuk memiliki modal dan strategi yang tepat sasaran. Semua usaha juga perlu untuk gagal, tapi dengan rencana dan strategi yang baik. Paling tidak kamu memiliki planning cadangan jika terjadi masalah. Terus buat inovasi agar kamu tidak kehilangan konsumen.

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​