Memanfaatkan Facebook Live Untuk Bisnis

·
3 menit
Tips Meningkatkan Engagement Fanpage di Facebook - sukses beriklan di facebook - Memanfaatkan Facebook Live Untuk Bisnis

Memanfaatkan Facebook Live Untuk Bisnis – Jika jaman dahulu, bisnis justru dianggap sebagai pekerjaan rendah yang dilakukan oleh orang yang tak mampu memperoleh pekerjaan bonafit di sebuah perusahaan besar.

Namun perlu diketahui bahwa kini banyak orang yang rela mengajukan kredit tanpa agunan hanya untuk membuat bisnis meskipun resikonya sangat besar mengingat jumlah bunga yang dibayarkan sangat tinggi.

Baca Juga: 3 Tips Mendapatkan Media Exposure untuk Bisnis ala Putri Habibie

Untuk itulah diperlukan strategi bisnis yang tepat guna menekan pengeluaran sehingga Anda bisa mengembalikan pinjaman tersebut sekaligus meningkatkan pendapatan guna investasi di masa depan melalui jalur bisnis.

Salah satunya adalah dengan menekan biaya promosi. Anda tidak perlu memperkenalkan bisnis dengan menggunakan iklan atau spanduk besar di jalan raya yang membutuhkan banyak uang.

Memanfaatkan Facebook Live Untuk Bisnis

Teknologi kini semakin canggih dan Anda dituntut untuk dapat menggunakannya sebaik mungkin guna kelancaran bisnis.

Baca Juga: Haruskah Anda Melewati Perguruan Tinggi demi Menjalani Bisnis?

Salah satu bentuk teknologi ampuh yang sangat membantu para pelaku bisnis untuk dapat meningkatkan penjualan namun tetap menekan pengeluaran adalah dengan menggunakan media sosial.

Bahkan disebut-sebut media sosial merupakan pemegang peran penting dalam dunia digital marketing dan salah satu yang paling berpengaruh adalah Facebook.

Banyak bisnis yang awalnya berkembang hanya dari Facebook dan bukan digunakan sebagai marketing saja melainkan juga customer support sehingga dapat membangun sebuah fan base.

Baca Juga: Jangkau Lebih Banyak Pelanggan, Ini 4 Hal Berharga Soal Customer Service dari Kartun Winnie the Pooh

Sejak muncul di tahun 2004 silam, pengguna media sosial ini selalu dan semakin bertambah hingga kini dengan signifikan.

Bahkan sebuah jurnal internasional bernama The Wall Street mengatakan jika jumlah pengguna aktif Facebook hingga tahun 2012 sudah mencapai 1 milyar orang.

Tak heran jika banyak yang memilih Facebook untuk mengembangkan usahanya. Hal ini juga didukung oleh tambahan pernyataan yang menyebutkan jika Indonesia merupakan negara dengan pengguna Facebook terbesar nomor empat di dunia.

Baca Juga: Ingin Sukses Berbisnis Seperti David Beckham? Simak 5 Tips Berikut

Tak heran jika banyak pebisnis yang menggunakan Facebook sebagai lahan penghasilan mereka mengingat penggunanya yang selalu bertambah apalagi kini ada sistem Facebook Live yang merupakan fitur tambahan baru untuk lebih meningkatkan jumlah pengguna.

Sebetulnya banyak orang yang mengatakan jika Facebook Live ini hanya berlaku untuk mereka yang berprofesi sebagai selebriti atau pengguna kalangan khusus sehingga masyarakat jelata tak bisa menggunakannya.

Namun kini fitur tersebut telah dapat dinikmati oleh seluruh pemilik akun Facebook. Bila diperhatikan sekilas, Facebook Live ini mirip dengan Youtube karena menggunakan video sebagai media promosinya dan juga dapat dikatakan mirip dengan Periscope yang merupakan aplikasi media sosial milik Twitter.

Baca Juga: Sebelum Memperoleh Kesuksesan, Ini 5 Risiko yang Dihadapi Pebisnis

Dengan menggunakan Facebook Live, maka para pengguna dapat langsung membuat broadcast melalui sistem video call pada seluruh teman yang memiliki Facebook.

Proses untuk membuat video live streaming menggunakan Facebook saja tidak terlalu sulit bahkan mudah untuk digunakan.

Untuk mulai membuka Facebook Live, maka Anda harus membuka kolom status seperti akan mengupdate status pada laman Facebook milik Anda.

Kemudian Anda harus mengklik ikon yang berbentuk seperti orang yang dilingkari guna memulai video live streaming ini.

Baca Juga: 7 Alasan Anda Tak Perlu Ragu Meneruskan Bisnis Keluarga

Selanjutnya Anda sebagai pengguna akan langsung diminta untuk memasukkan nama dari video yang Anda upload dan memilih audiens atau penonton.

Dalam hal ini, audiens bisa dikatakan sebagai target pasar Anda. Artinya audiens ini adalah Anda bisa saja membuat video yang ditujukan untuk semua orang atau kalangan tertentu saja.

Kemudian, Anda bisa langsung menekan tombol guna melakukan live streaming itu pada seluruh member atau pengguna yang menjadi teman Anda.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Online yang Wajib Dicoba Sekarang Juga

Semakin banyak jumlah orang yang terdapat dalam Facebook Anda, maka akan semakin besar pula keuntungan yang diperoleh sebab Anda bisa mencakup banyak orang secara langsung. Secara idealnya, video yang harus diupload adalah berdurasi 5 hingga 20 menit.

Gunakan saja judul video yang padat, singkat dan jelas. Namun bila Anda memang membutuhkan penjelasan tambahan mengenai bisnis Anda, maka sebaiknya tuliskan saja dalam kolom komentar.

Selain video, Anda juga perlu menambahkan sedikit narasi serta sinopsis singkat pada postingan Anda menggunakan beberapa gambar yang menarik.

Baca Juga: Agar Keuangan Sehat, Jangan Lakukan Hal Ini Pada Uang!

Jika ingin orang-orang tertentu melihat video tersebut, maka lakukan tag kepada mereka sehingga akan langsung muncul notifikasi dan mempermudah mereka langsung melihatnya dan tidak mencari-cari lagi.

Dengan demikian, Anda pun tak perlu dipusingkan lagi mengenai bunga kredit tanpa agunan sebab Anda telah berhasil menekan biaya promosi guna meningkatkan profit.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih