Home » Blog » Bisnis & UKM » Macam-Macam Bisnis Musiman Di Indonesia

Macam-Macam Bisnis Musiman Di Indonesia

·
3 menit
ekspansi bisnis

Musim selalu berganti seiring berjalannya waktu. Memang hal itu dianggap biasa. Tapi tidak bagi mereka yang bisa memanfaatkan pergantian musim untuk berbisnis. Ya, ada jenis-jenis bisnis yang hanya ramai pada saat moment tertentu. Artinya, jika moment tersebut tidak ada, bisnis-bisnis ini akan lesu. Tentu, bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis musiman, Anda harus jeli melihat kesempatan serta melakukan inovasi saat musim tersebut datang termasuk mempersiapkan pinjaman modal jika tidak memiliki cukup modal. Mari kita tengok macam-macam bisnis musiman yang bisa Anda lakukan.

  • Bisnis Kaos Sepakbola dan Perlengkapan Olahraga

Memang benar jika bisnis kaos sepakbola bisa lakukan kapan saja, tapi kesempatan paling baik untuk meraup keuntungan maksimal. Momen seperti Piala Dunia, Piala Eropa, Liga Champion serta kompetisi dalam negeri menjadi musim yang tepat untuk menjual kaos dan pernak-pernik sepakbola. Bisnis ini sangat menggiurkan lantara para fans atau supporter klub dan pemain bola tertentu akan dengan mudah membeli perlengkapan seperti kaos, syal, gelang bahkan cat untuk muka sebagai bentuk dukungan.

Selain itu, perlengkapan olahraga juga bisa menjadi bisnis pada saat musim Pekan Olahraga Nasional terutama di daerah dimana PON tersebut diadakan. Perlengkapan olahraga ini bisa berupa kaos dan souvenir atau pernak-pernik lainnya seputar PON. Semua bisnis ini bisa dijalankan dengan menggelar lapak depan stadion dimana kompetisi olahraga akan berlangsung untuk mendapatkan banyak pembeli. Ini bisnis yang menguntungkan.

  • Musim Buah untuk Bisnis Buah

Ada beberapa buah yang berbuah di musim tertentu saja dan sangat jarang ditemui di musim lain. Saat musimnya tiba, Anda bisa menjual buah tersebut. Contoh, kelengkeng, rambutan, nangka, mangga, durian dan buah lainnya yang memiliki musim tersendiri. Anda bisa menjual dengan menggelar lapak pinggir jalan atau di toko. Untuk menghindari pembusukan buah dimana ini salah satu kelemahan bisnis ini, yakni daya tahan buah yang tidak lama, pastikan untuk melakukan inovasi dengan menjual jus buah segar. Pastinya, ini akan menambah keuntungan lebih.

  • Musim Kenaikan Kelas untuk Bisnis Peralatan Sekolah

Bulan Juni-Juli adalah bulan yang tepat untuk membuka usaha ini. Saat bulan tersebut datang, banyak anak sekolah yang membutuhkan seragam baru, buku baru, alat tulis baru, tas, sepatu dan perlengkapan sekolah lainnya. Artinya, akan ada banyak orang tua yang mencari perlengkapan sekolah yang dibutuhkan anaknya. Bisnis musiman ini memang sangat menggiurkan karena waktu kenaikan yang cukup lama yakni bulan Juni-Juli serta kebutuhan masyarakat yang tinggi. Wajar jika ada toko yang tadinya tidak menjual peralatan sekolah kemudian beralih menjualnya.

  • Bisnis di Musim Lebaran

Musim lebaran juga merupakan musim dimana Anda bisa mendapatkan keuntungan yang menggiurkan. Ada banyak jenis bisnis yang bisa dilakukan menjelang musim lebaran. Anda bisa memulai dengan menjual makanan dan minuman serta jajanan untuk buka puasa serta persiapan untuk hari lebaran seperti membuat kue nastar, biskuit termasuk bisnis pakaian muslim dan perlengkapannya. Selain itu, ada bisnis parcel sebagai kado atau bingkisan yang akan diberikan kepada saudara atau teman saat lebaran. Bahkan, ada bisnis baru yakni menjual amplop lebaran dengan tema kartun yang disukai anak-anak karena amplop atau ampau lebaran ini diberikan kepada anak-anak saat momen lebaran.

  • Bisnis Moment Langka

Bisnis model ini memang tidak terjadi setiap tahun lantaran hanya ada beberapa atau bahkan hanya satu kali dalam waktu yang lama. Contoh bisnis momen langka ini seperti momen gerhana matahari atau gerhana bulan dimana Anda bisa menjual kacamata gerhana, kaos dan souvenir lainnya. Pastikan menjual barang-barang dagangan didekat area yang menjadi lokasi dimana gerhana bisa dilihat. Selain itu, momen langka ini bisa berupa kunjungan tamu agung, perayaan festival tertentu dan lain-lain.

Memang masih ada banyak bisnis musiman yang bisa dilakukan dan dimanfaatkan termasuk perayaan ultah kota tertentu yang dirayakan secara besar-besaran oleh pemerintah kota atau kabupaten dan hal lainnya. Ingat, persiapan matang untuk membuka bisnis musiman sangat penting termasuk persiapan pinjaman modal kepada mereka yang memiliki modal lantaran bisnis musiman ini bersifat dadakan.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat