Home » Blog » Bisnis & UKM » Variasi Produk Bisnis Toner Wajah dan Manfaat Serta Cara Menggunakannya untuk Konsumen

Variasi Produk Bisnis Toner Wajah dan Manfaat Serta Cara Menggunakannya untuk Konsumen

·
4 menit
variasi produk toner wajah

Pada zaman dahulu, face toner untuk wajah memang sudah ada. Akan tetapi dahulu jenis face toner karena hanya dibuat dengan menggunakan bahan alkohol. Tujuannya adalah untuk membantu mengatasi masalah jerawat. 

Penggunaan toner dengan bahan  alkohol untuk mengatasi masalah jerawat ini memang berhasil, tapi juga menyebabkan dampak negatif seperti kulit menjadi kering. Berbeda dengan sekarang, saat ini toner muncul dengan banyak pilihan dan juga manfaat. Untuk tahu apa saja pilihan toner wajah yang bisa kamu temukan, berikut ini adalah alasannya.

Apa yang dimaksud dengan face toner?

Face toner pada awalnya merupakan salah satu produk yang dapat digunakan dalam 10 step skin care Korea. Biasanya produk ini digunakan setelah membasuh wajah tapi digunakan sebelum serum maupun moisturizer. 

Sejak dahulu face toner merupakan produk yang digunakan untuk menyeimbangkan pH yang ada di kulit. Setelah menggunakan sabun wajah yang memiliki sifat alkali, konsumen kamu membutuhkan produk yang membantu mengembalikan dan menormalkan kembali bahwa kulit wajah kamu.

Ingat dahulu toner memang banyak dibuat dengan menggunakan bahan alkohol. Sedangkan saat ini lebih banyak face toner yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar air sehingga lebih aman dan lebih cocok terutama untuk kulit wanita Indonesia.

Apa yang harus dilakukan oleh sebuah face toner?

Jika kamu ingin membangun produk skincare yaitu toner wajah, akan lebih baik kamu tahu terlebih dahulu apa yang harus dilakukan oleh toner kamu sebagai dasar pembangunan produk. Sebuah face toner harus bisa mempersiapkan kulit untuk penggunaan moisturizer dan serum. 

Kulit yang memiliki pH yang seimbang tentu akan memiliki kondisi yang lebih sehat dan bebas masalah. Tapi selain membantu menyeimbangkan pH, face toner memiliki manfaat yang lain. Beberapa manfaat dari face toner ini antara lain adalah :

  • Mengurangi kelebihan minyak 
  • Mengurangi kotoran membandel yang tertinggal setelah kamu mencuci wajah
  • Membersihkan pori 
  • Mengecilkan pori 
  • Membangun memperbaiki skin tone
  • Menghilangkan blemish karena menghilangkan minyak berlebih
  • Membuat kulit menjadi lebih halus dan lebih bersih.

Jenis-jenis toner 

Untuk jenisnya, toner bisa dibedakan menjadi 2 jenis yaitu hydrating toner dan juga exfoliating toner. Jenis hydrating toner adalah jenis toner yang bisa digunakan untuk membantu melembapkan kulit. Hal ini sangat cocok untuk jenis kulit kering. Selain itu, jenis toner lain yang tidak kalah populer belakangan ini adalah jenis exfoliating toner. 

Exfoliating toner adalah jenis toner yang bisa membantu menghilangkan kulit mati di permukaan kulit Kamu.  Akan tetapi jika Kamu ingin menggunakan jenis toner ini, pastikan Kamu menggunakan jenis produk yang mampu melakukan exfoliasi dengan ringan. 

Nah, jika Kamu ingin membuat produk toner, ada lebih banyak lagi jenis produk yang bisa Kamu produksi sesuai dengan kondisi kulit. Misalnya toner untuk kulit kombinasi ke normal dan kulit sensitif. Kamu bisa sesuaikan produk dengan kebutuhan kulit calon konsumen kamu. 

Cara menggunakan toner

Untuk kamu yang ingin memberikan informasi mengenai cara menggunakan toner ini, kamu bisa sesuaikan dengan kemasan yang akan kamu gunakan. Oh ya, untuk kemasannya sendiri jenis toner bisa dibagi menjadi 2 toner dengan kemasan cap ulir dan ada juga toner yang memiliki cap spray. 

Nah, untuk cap ulir, kamu bisa menyarankan penggunaan toner ini dengan kapas atau dengan menggunakan tangan langsung. Tapi jika kamu akan menggunakan kemasan spray, kamu bisa menyarankan penggunaan dengan cara spray langsung ke wajah atau dengan menggunakan kapas. 

  • Setelah memberikan rekomendasi ini, kamu  juga bisa memberikan langkah-langkah penggunaan toner seperti berikut ini. 
  • Sarankan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Sarankan untuk memilih cleanser yang gantle dan sesuai dengan kondisi kulit. 
  • Kamu bisa sarankan penggunaan kapas atau menggunakan toner langsung sesuai dengan kebutuhan konsumen kamu. 
  • Sarankan untuk melanjutkan perawatan dengan serum dan moisturizer guna mendapatkan hasil yang maksimal. 
  • Jika  toner kamu adalah toner pelembab, kamu juga bisa merekomendasikan menggunakan toner ini untuk sheet mask. Sarankan juga untuk menggunakan toner ini di pagi dan malam hari untuk  mendapatkan manfaat secara maksimal. 

Siapa yang direkomendasikan untuk menggunakan toner?

Toner adalah salah satu produk perawatan. Karena produk ini digunakan untuk merawat, sudah pasti produk ini wajib digunakan oleh semua orang. Hanya saja produk yang perlu digunakan mungkin akan berbeda antara konsumen yang memiliki kulit kering, berminyak maupun kombinasi. 

Untuk  memenuhi kebutuhan ini, kamu juga bisa meluncurkan produk-produk toner dengan bahan berkualitas untuk memastikan semua konsumen kamu bisa mendapatkan produk yang dibutuhkannya dari merk kamu. 

Tips membuat toner untuk brand skin care

Membuat toner untuk produk brand skin care memang menguntungkan, ini disebabkan karena toner adalah produk yang sangat populer dalam rangkaian skin care. Inilah yang membuat peluang bisnis  di ranah skin care ini menjadi lebih menarik. 

Akan tetapi untuk karena peluang ini juga ada banyak sekali pesaing untuk bisnis toner kamu. Nah untuk memenangkan persaingan ini, berikut ini adalah tips yang bisa kamu gunakan dalam membangun produk face toner kamu. 

  • Hindari penggunaan alkohol 

Salah satu produk yang dahulu menjadi primadona tapi sekarang benar-benar dihindari adalah produk yang mengandung alkohol. Toner yang memiliki kandungan alkohol akan membuat wajah  menjadi kering. 

Kondisi wajah kering membuat kelenjar minyak dipaksa membuat minyak berlebih. Selain itu, kondisi ini juga menurunkan kekebalan kulit juga lho! Jadi jika kamu tidak ingin produk kamu kalah saing, hindari menggunakan bahan alkohol untuk skin care kamu ya! 

  • Gunakan bahan yang banyak direkomendasikan 

Ketika kamu akan membuat sebuah produk, kamu bisa tentukan dahulu produk seperti apa yang kamu ingin bangun. Misalnya kamu ingin membuat produk untuk kulit berminyak atau kulit kering? Hal ini harus diperhatikan terlebih dahulu karena jenis kulit yang akan kamu angkat akan menentukan jenis bahan yang akan kamu gunakan. 

Misalnya ketika kamu ingin membuat produk toner untuk kulit kering, maka menggunakan bahan-bahan pelembab seperti niacinamide Anda juga ceramide bisa menjadi pilihan. Sedangkan untuk kulit sensitif, produk yang memberikan efek soothing dan juga menenangkan bisa menjadi pilihan. 

  • Bahan populer

Selanjutnya, akan lebih baik jika kamu menggunakan bahan yang populer. Ada sangat banyak bahan yang direkomendasikan untuk membuat skin care termasuk toner. Akan tetapi tidak semua bahan bisa mendapatkan perhatian. Jika kamu ingin memproduksi toner yang memiliki daya tarik, akan lebih baik jika kamu membuat toner yang dibuat dengan menggunakan bahan yang populer. 

Setiap waktu ada saja jenis bahan yang menarik dan populer. Kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan produk toner yang kamu bikin ini sesuai dengan ekspektasi dan ketertarikan pangsa pasar kamu

 

Reina
Menulis merupakan hobi yang sudah saya sukai sejak SMA, bergabung dengan berbagai komunitas penulis sejak 2015. Menjadikan tulisan sebagai media untuk berbagi informasi terhadap pembaca merupakan karya bagi saya, karena bisa memberikan kontribusi dalam pengembangan pribadi dan bisnis mereka.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat