7 Ilmu Marketing yang Dapat Anda Pelajari Dari Apple

ilmu marketing dari apple

7 Ilmu Marketing dari Apple yang Dapat Anda Pelajari – Pernahkah Anda melihat merek atau orang yang benar-benar sukses – selebriti atau perusahaan besar – dan bertanya-tanya, “Bagaimana mereka melakukannya?”

Apple adalah salah satu merek yang telah sukses. IPod, iPhone, dan iPad, semua produk ini cukup banyak merevolusi pasar masing-masing. Apple berjalan jauh melampaui para pesaingnya.

Baca Juga: 5 Langkah Paling Mudah Membuat Bisnis Online Anda Menjadi Terkenal

Mereka menciptakan produk untuk target pasar mereka, sehingga pelanggan setia yang percaya bahwa produk ini dapat membuat hidup lebih baik, lebih mudah, lebih menyenangkan dan lebih keren. Bagaimana mereka melakukannya?

7 Ilmu Marketing dari Apple yang Dapat Anda Pelajari

1. Memikirkan Kembali Kebutuhan Periklanan

iklan - advertisement - advertising - periklanan

Sangat menggoda untuk mengeluarkan banyak uang pada iklan PPC dengan Google atau Facebook saat Anda ingin meningkatkan pendapatan penjualan Anda. Tapi, Apple tahu itu tidak selalu diperlukan.

Baca Juga: 10 Ilmu Tentang Sosial Media Marketing yang Perlu Anda Tahu

Sebenarnya, Apple sangat bergantung pada dua strategi yang sama sekali berbeda: penempatan produk (terutama dengan selebriti dan dalam pertunjukan populer) dan buzz yang dihasilkan oleh ulasan positif di media.

Anda bisa mendekati influencer. Jika Anda meyakinkan influencer bahwa produk atau layanan Anda berharga dan relevan bagi audiens mereka, mereka akan membagikannya dengan pengikut mereka.

Baca Juga: Terapkan 5 Strategi Ini Dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Akan Bisnis Anda

Cara lain untuk menggunakan rahasia Apple ini adalah dengan merangkul program uji coba gratis. Menawarkan percobaan gratis atas layanan atau produk Anda, dengan imbalan review positif.

Jika percobaan gratis terhadap produk Anda telah dilakukan, hubungi konsumen yang sudah puas dan mintalah testimonial atau ulasan positif. Publikasikan testimonial tersebut di situs Anda.

Baca Juga: Agar Strategi Marketing Anda Terpenuhi, Coba 5 Tips Membuat Konten Marketing yang Menarik Ini

Jangan lupa untuk mengaitkan setiap testimonial dengan gambar atau avatar, nama orang tersebut dan link kembali ke situs mereka sendiri, jika memungkinkan.

Ini menambahkan lebih banyak bukti sosial terhadap tinjauan positif pelanggan terhadap merek Anda dan memberi legitimasi lebih besar pada target pasar Anda.

2. Hindari Perang Harga dengan Menekankan Proposisi Unik Anda

memberikan diskon - perang harga

Sebenarnya, bersaing dengan harga sebenarnya bisa merugikan bisnis Anda – dan Apple mengetahui hal ini dan tidak pernah goyah pada strategi penetapan harga.

Baca Juga: Demi Memajukan Bisnis Online Anda, Coba 5 Jenis Aplikasi dan Layanan Ini

Sebagai gantinya, lakukan apa yang dilakukan Apple. Apple memusatkan perhatian pada UVP mereka (proposisi nilai unik), yang merupakan desain cantik yang bekerja secara tepat.

Bagaimana Apple mempertahankan penggemarnya dengan strategi harga jauh lebih tinggi daripada persaingan? Dibandingkan dengan penambahan fitur-fitur yang ada, Apple berfokus kepada keseluruhan produk yang dibuatnya.

3. Jaga Agar Teknik Pemasaran dan Produk Tetap Sederhana

pengembangan bisnis - tantangan kewirausahaan bagi wanita

Berlebihan tidak selalu baik. Apple mengerti bahwa konsumen teknologi sering terbebani dengan sesuatu yang rumit.

Baca Juga: Budget Terbatas? Coba 4 Teknik Marketing Ini Untuk Membuat Bisnis Anda Terus Berkembang

Apple membantu mengurangi kebingungan konsumen dengan menyederhanakan salinan web dan penjualan mereka.

Mereka benar-benar menghindari istilah jargon atau industri. Sebagai gantinya, mereka menggunakan kata-kata sederhana dan langsung secara terus-menerus menekankan manfaat yang sangat dibutuhkan konsumen.

Baca Juga: 5 Karakter Konsumen yang Wajib Anda Ketahui Agar Dapat Meningkatkan Penjualan

Ini adalah bagian dari kecemerlangan mereka dalam pemasaran konten; berteknologi tinggi tanpa istilah teknologi tinggi. Pendekatan ini tidak membingungkan pelanggan mereka dengan terlalu banyak informasi.

Apple tetap sederhana dan pelanggan mereka menyukainya sehingga memberi mereka loyalitas dengan pangsa pasar yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Bahkan produknya sendiri tetap ramping dan minim, dengan skema warna yang simpel dan desain yang bersih dan tidak berantakan.

Baca Juga: Apa Itu Viral Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis Online Anda?

Nama pendek dan mudah diingat, termasuk “app store” yang telah membuat mitra pihak ketiga sukses besar.

4. Kenali Audiens Anda dan Berbicaralah dengan Mereka dalam ‘Bahasa Mereka’

hukum mendengarkan - mendengarkan keluhan pelanggan - mendengarkan feedback

Bukannya Apple tidak menyebutkan spesifikasi produk dan detail teknis sama sekali. Sebenarnya, setiap halaman produk di situs Apple memang menyebutkan hal-hal itu. Tapi, mereka meletakkannya di bawah-lipatan.

Baca Juga: 7 Langkah Untuk Membangun Brand Bisnis dari Awal

Pengunjung situs web Apple pertama-tama harus menggulir gambar produk yang indah dan salinan sederhana huruf besar yang memberitahukannya tentang manfaat produk.

Awalnya, pelanggan Apple tidak akan menemukan kata-kata seperti megabyte atau gigahertz. Mereka menemukan kata-kata yang mereka ketahui dan pahami, seperti:

“Retina display”

“LED backlighting”

Apple mengenal pelanggan dengan sangat baik dan telah mengembangkan loyalitas di pangsa pasar mereka. Mereka tahu bagaimana berbicara dengan mereka dalam bahasa yang membuat mereka merasa nyaman, tidak terbebani dan bingung.

5. Rancang Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik

quality service - kualitas pelayanan

Tahukah Anda penggemar Apple sering membuat video sendiri untuk membuka produk Apple baru mereka dan mengupload video ke YouTube? Hal ini disebut unboxing.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Mengubah Engagement Konsumen Menjadi Purchasing Decision

Lakukan pencarian di YouTube dan Anda akan menemukan ratusan kotak Apple, masing-masing dari pengguna yang berbeda di seluruh dunia.

Hal ini terjadi karena Apple telah menciptakan pengalaman pelanggan yang jauh melampaui pembelian sebenarnya di toko ritel.

Mereka bahkan tidak lagi perlu bertanggung jawab atas sebagian besar pemasaran konten mereka karena target pasar mereka melakukannya untuk mereka.

Baca Juga: 3 Keadaan Dimana Pinjaman Bisnis Bisa Sangat Membantu Pebisnis Online

“Pengalaman Apple” mencakup unsur-unsur dari setiap aspek proses pembelian – membandingkan versi produk yang berbeda, mencoba produk di toko eceran, benar-benar membeli barang itu, menerimanya, membuka bungkus (unboxing) dan menggunakannya.

Masing-masing elemen ini tidak hanya terjadi secara kebetulan. Mereka semua dibuat dengan hati-hati, direvisi dan disempurnakan untuk menarik semua selera konsumen.

6. Bertujuan Pada Emosi Prospek Anda

Mapan Secara Finansial Sebelum Umur 30 - networking - anak muda

Pikirkan kembali iklan pertama untuk iPad, setelah diluncurkan pada tahun 2010 dan betapa sederhananya pemasaran konten mereka.

Baca Juga: Ingin Bisnis Semakin Menguntungkan? Lakukan 5 Tips Ini Agar Penjualan Bisnis Online Meningkat

Ingatkah Anda kepada gambar orang yang santai di ruang tamu dengan gadget baru yang aneh? Mereka terlihat senang dan nyaman. Mereka tidak berbicara tentang dimensi tampilan atau kekuatan pemrosesan. Mereka hanya menikmati iPad mereka.

Iklan tersebut, seperti semua pemasaran Apple, menimpa konsumen mereka dimana mereka benar-benar hidup.Hubungan emosional adalah kunci strategi pemasaran yaang sukses. Itulah yang membuat cerita, video, dan meme tertentu menjadi virus.

7. Membangun Komunitas Pengguna atau Pelanggan

apa itu crowdsourcing pengertian crowdsourcing - pinjaman p2p lending

Selama bertahun-tahun, Apple telah membangun salah satu basis penggemar mereka untuk merek apa pun, di manapun di dunia.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Bisnis Online Anda dapat Menguasai Teknik Pemasaran yang Tepat

Apple telah menciptakan kepribadian dan budaya merek yang keren, menyenangkan, dan bersahabat – kebalikan dari beberapa pesaingnya.

Strategi pemasaran Apple ini membuat pelanggan ingin menjadi anggota komunitas tersebut sehingga memutuskan untuk membeli produk Apple.

Nah, itulah tadi 7 strategi marketing yang dapat Anda pelajari dari Apple guna pengembangan bisnis Anda.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Melakukan Teknik Upselling & Downselling Untuk Meningkatkan Keuntungan

Ketahuilah bahwa setiap strategi marketing yang digunakan akan sangat menentukan kesuksesan suatu merek. Maka dari itu, cobalah untuk bijak dalam menentukan strategi marketing yang ingin Anda gunakan.

Beberapa strategi mungkin akan mengharuskan Anda mengeluarkan dana yang cukup banyak dalam penggunannya, atau bahkan tanpa biaya sama sekali.

Baca Juga: 7 Cara Memasarkan Bisnis Anda Tanpa Perlu Modal Besar

Semua itu tergantung strategi apa yang Anda pilih. Apabila kemudian dalam praktiknya Anda membutuhkan modal dalam pengembangan usaha, jangan ragu untuk mengajukan pinjaman untuk itu.

Saat ini, KoinWorks  hadir sebagai platform P2P Lending yang dapat memberikan Anda pinjaman modal usaha dengan mudah kapan saja dan dimana saja hingga Rp 500 juta, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Mengembangkan usaha menjadi lebih mudah kan?

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.