Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Tips Menentukan Waktu Operasional Bisnis Martabak bagi Pemula

Tips Menentukan Waktu Operasional Bisnis Martabak bagi Pemula

·
4 menit
jam operasional bisnis martabak harus menjadi perhatian utama saat kamu memulai bisnis martabak

Ketika memulai bisnis martabak, salah satu hal yang kamu harus tentukan jawab adalah jam kerja.

Ada begitu banyak faktor waktu operasional bisnis martabak yang kamu harus ketahui karena di dalam bisnis setiap keputusan yang kamu ambil akan berpengaruh pada bisnismu.

Terutama jam operasional. Salah menentukan jam bisa-bisa tidak ada pembeli yang datang.

Tidak peduli apakah menunya menarik, dekorasinya indah, atau papan namanya menarik. Kamu akan mendapati bisnis martabakmu sepi tanpa pengunjung jika salah menentukan jam operasional.

Tantangan pertama kamu yang memulai bisnis adalah sulit sekali menyeimbangkan pengeluaran dan pemasukan. Itulah kenapa faktor waktu operasional bisnis martabak merupakan prioritas utama untuk dipelajari.


Tips Menentukan Waktu Operasional Bisnis Martabak

Inilah cara bagaimana menentukan waktu yang tepat untuk membuka bisnis martabak:

1. Sesuaikan dengan Konsep dan Menu

Apakah bisnis martabakmu memiliki menu yang unik? Dekorasi yang kamu pilih fokus pada makanan seperti apa?

Kamu menjual martabak manis saja kah, atau hanya menjual martabak telur? Atau justru dua-duanya?

Kedua hal ini menjadi faktor waktu operasional bisnis martabak yang kamu baru rintis. Misalnya, dekorasi tempat bisnis kamu lebih cocok untuk makan malam, tentunya mulai membuka di sore hari jadi pilihan tepat.

Atau menu yang kamu sajikan tidak hanya martabak. Ada juga makanan olahan martabak namun dengan komposisi yang lebih cocok untuk dimakan di siang hari. Membuka bisnis martabak sejak pagi tentunya jadi pilihan tepat.

Menu dan dekorasi ini bisa menjadi kekuatan di bisnismu. Tapi kekuatan itu akan percuma jika kamu tidak bisa menempatkannya dengan baik.

2. Pelajari Perilaku Masyarakat Sekitar

Faktor waktu operasional martabak yang kedua adalah demografi. Setiap daerah memiliki kebiasaan yang berbeda-beda. Ada yang sangat aktif di malam hari, ada yang justru aktif di pagi hari.

Pertimbangkan jam buka bisnis martabakmu dengan waktu bersantai masyarakat di sekitar. Jika kamu membuka pada jam sibuk, sementara orang-orang banyak bekerja jauh tempatmu membuka bisnis. Tentunya daerah disekitar seketika menjadi sepi.

Itulah kenapa kamu harus menyesuaikan dengan perilaku masyarakat sekitar. Bahkan kamu bisa menyesuaikan dekorasi dan menu yang kamu punya untuk disesuaikan dengan perilaku masyarakat sekitar.

3. Undang-undang dan Peraturan Negara

UU dan Peraturan Negara menjadi faktor waktu operasional martabak ketiga untuk kamu pelajari. Setiap negara mempunyai peraturan berbeda-beda, apalagi sejak Covid-19 ada kebijakan tertentu yang dibuat oleh pemerintah pusat.

Selain itu, kamu juga haru pelajari peraturan daerah setempat karena di beberapa tempat ada sedikit perbedaan antara pemerintah daerah dan pusat. Saat memilih jadwal pastikan kamu mengetahui peraturan yang ada.

Kamu tidak mau kan bisnis martabakmu ditutup paksa karena dinilai pelanggaran, padahal kamu yang tidak memahaminya. Atau kamu bisa mengeluarkan biaya tambahan karena harus membayar denda.

Niatnya ingin mendapatkan profit secepat mungkin, eh malah boncos karena harus membayar denda. Kamu bisa pelajari mengenai UU di website Kemenkumham.

4. Pahami Karyawan yang Kamu Miliki

Karyawan yang kamu miliki menjadi faktor waktu operasional bisnis martabak keempat yang harus kamu pahami. Ketika memilih jadwal, kamu harus cari tahu mengenai karyawan yang kamu punya.

Berapa banyak karyawan, berapa rata-rata usia karyawan, bahkan jenis kelamin karyawan yang kamu punya. Dengan mengetahui hal ini, pertimbanganmu untuk menentukan jam buka akan lebih matang.

Misalnya, karyawanmu kurang dari 10, tentunya untuk membuka dari pagi sampai malam akan menjadi pilihan yang buruk. Karena tenaga karyawan yang kamu miliki akan terkuras habis. Bisa-bisa mereka resign karena tidak sanggup.

Contoh lainnya, karyawan rata-rata perempuan. Membuka sampai jam malam akan jadi pertimbangan yang harus kamu pikirkan dua kali.

Bagaimana mereka pulang harus kamu rencanakan arena keamanan karyawan akan menjadi tanggung jawab kamu sebagai pemilik bisnis. Kamu mungkin memerlukan tambahan karyawan jika jam operasional bisnismu jauh melebihi kemampuan karyawan yang kamu punya.

5. Event Terdekat

Faktor waktu operasional bisnis martabak kelima yang kamu harus pelajari adalah event terdekat di daerah setempat. Dengan begitu, kamu bisa menentukan jadwal standar dan jadwal khusus. Misalnya, di Indonesia kamu bisa mempertimbangkan hari raya besar.

Saat Ramadhan membuka di pagi hari akan jadi hal berat untuk bisnis martabakmu. Sebaliknya membuka saat sore sampai malam justru akan jadi senjata yang bagus.

Contoh lainnya, saat tahun baru kamu bisa membuka sampai larut malam karena orang-orang akan banyak yang keluar dari rumah dan mencari tempat nongkrong. Bahkan, kamu bisa menambahkan acara khusus di bisnis martabakmu menyesuaikan dengan event yang akan terjadi.

Dengan memahami event terdekat, kamu bahkan bisa mengetahui jam ramai dan jam sepi di bisnismu. Dengan begitu, kamu bisa membatasi jam buka jika sedang sepi. Lalu menambah jam buka di saat sedang ramai.

Kamu juga bisa menyesuaikan bentuk menu, nama hingga dekorasi untuk membuat pelanggan berdatangan. Ingat kamu harus menemukan keseimbangan antara jam buka dan kemampuan karyawan juga ya.

Jangan sampai kamu hanya menambah jam kerja tapi tidak memberikan bonus.

6. Tentukan Penanda Waktu Penutupan

Di setiap bisnis kuliner, ada begitu banyak tugas yang harus diselesaikan sebelum bisnismu benar-benar tutup. Membuat penanda menjadi faktor waktu operasional bisnis martabak terakhir yang kamu harus pelajari.

Kamu harus memutuskan kapan waktu kamu terakhir melayani pelanggan. Sehingga, ketika di waktu itu, karyawan yang kamu miliki sudah mulai bersiap untuk pulang. Setelah melayani pelanggan mereka perlu membersihkan semua peralatan.

Tentunya membersihkan peralatan ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Karyawan lain juga akan merapikan tempat agar semua barang bisa tetap awet dan terjaga. Karyawan lain mungkin perlu menghitung berapa uang yang sudah dihasilkan.

Mengkomunikasikan informasi ini kepada karyawan sangat penting untuk kesuksesan bisnis yang kamu baru rintis. Dengan begitu, apa yang mereka kerjakan akan jauh lebih efektif.

Misalnya bisnismu mulai menghentikan melayani pelanggan jam 10 malam. Tentunya karyawanmu akan mulai beres-beres, sehingga di jam 11 mereka sudah bisa meninggalkan tempat dan pulang ke rumah.


Siap Menentukan Waktu Operasional Bisnis Martabakmu?

Mengatur jam operasional bisnis adalah hal yang mudah. Walaupun faktor waktu operasional bisnis martabak yang kamu rintis bisa jadi memiliki hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan.

Jika terjadi hal seperti kamu harus bisa beradaptasi dengan cepat. Jam buka yang kurang tepat bisa jadi menimbulkan potensi kerugian pada bisnismu.

Sebaliknya, jika kamu bisa menemukan jam yang tepat, kamu tidak hanya akan mendapatkan profit namun juga bisa mensejahterakan karyawan yang kamu miliki.

Selain itu, dengan jam operasional yang sudah kamu standarisasi, kamu bisa dengan mudah memberikan bonus, libur dan lain-lain.

Faktor waktu menjadi titik vital di bisnismu karena waktu operasional memiliki pengaruh hampir ke segala aspek di bisnis martabak yang kamu baru rintis.

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​