Saat ini banyak orang yang mencoba untuk menginvestasikan dana mereka guna masa depan ke dalam bentuk simpanan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Bahkan tak tanggung-tanggung, demi melakukan investasi, masyarakat rela mengajukan kredit mikro yang nantinya akan dialokasikan ke dalam bentuk investasi apapun selama itu menguntungkan bagi mereka. Namun bukan berarti jika investasi selalu berjalan dengan lancar. Setiap bentuk investasi memiliki resikonya masing-masing dan cara mengatasinya pun berbeda. Bila investasi gagal, maka Anda sebagai investor akan merugi dan hal tersebut tentu bukan sesuatu yang menyenangkan. Seringkali investor merasa sangat depresi ketika mengetahui jika investasi yang dijalankan tersebut ternyata gagal. Guna menjauhkan Anda dari resiko kerugian yang lebih besar, maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai berikut:

Menambah modal

Apabila investasi yang Anda lakukan akan mengalami kegagalan sehingga menyebabkan kerugian dimana cash flow jauh lebih besar daripada inflow, maka hanya ada satu hal yang harus diakukan oleh Anda yaitu menambah modal pada pelaku bisnis baik itu berasal dari dana mereka sendiri atau bentuk kerja sama mitra lain. Hal ini bertujuan sebagai suntikan dana bagi pelaku bisnis untuk bangkit dan kembali berjaya tanpa perlu bersedih terus menerus. Pelaku bisnis pasti akan langsung memanfaatkan modal itu untuk perkembangan kepentingan bisnis.

Jangan langsung menyerah

Bila investasi yang Anda lakukan ternyata hampir mengalami kegagalan, maka sebaiknya jangan langsung meninggalkannya dan memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis lain. Sebaiknya cobalah untuk memeriksa penyebab dari kerugian yang dialami ini, kesalahan apa yang dilakukan hingga menyebabkan kerugian. Apabila sebuah bisnis tak berjalan dengan lancar akibat adanya siklus ekonomi makro, maka tidak perlu khawatir sebab kondisi seperti ini memang kerap terjadi dan hanya sebagai siklus biasa. Setelah masa sulit itu berakhir, maka Anda akan kembali memperoleh keuntungan. Satu-satunya hal yang harus diawasi adalah cash flow dimana jangan sampai inflow lebih sedikit dibandingkan dengan cash flow.

Melepas saham

Jika Anda memang telah menghitung asal usul kerugian yang dialami oleh sebuah bisnis hingga menyebabkan mereka akan bangkrut, maka sebaiknya lepaskan saja saham tersebut sehingga nantinya Anda tidak akan merasa rugi lebih besar lagi. Setelah saham lepas, maka keputusan di tangan Anda apakah ingin mencoba peruntungan saham kembali di perusahaan lain atau mencoba bentuk investasi lainnya yang rendah resiko. Pastikan terlebih dahulu jumlah kerugian yang Anda terima selama menjalankan investasi tersebut.

Mencari bentuk instrumen investasi lainnya

Bila Anda gagal menjalankan bentuk investasi saham dengan menanamkan modal di suatu perusahaan tertentu, maka sebaiknya Anda carilah bentuk instrumen investasi lainnya yang lebih menarik ketimbang saham jika Anda merasa trauma untuk mengulangi bentuk investasi yang sama. Anda bisa menemukan bentuk instrumen lainnya seperti investasi emas, logam mulia, tanah, properti, deposito dan sebagainya yang memiliki resiko lebih rendah.

Jangan menanam saham sangat banyak

Sudah terlanjur rugi memang tidak bisa diapa-apakan lagi namun Anda bisa meminimalisir jumlah kerugian yang mungkin akan menimpa Anda. Caranya adalah jangan berinvestasi saham lebih banyak ke suatu perusahaan. Dari modal 100% itu, jangan berinvestasi lebih dari 50% apabila Anda tidak yakin jika perusahaan akan bertahan lebih lama dan jangan memiliki lebih dari lima saham sekaligus agar lebih mudah mengontrolnya.

Jangan emosi terlebih dahulu

Jika saham yang Anda lakukan memang akan gagal, maka jangan langsung menuruti emosi sebab emosi tidak akan menyelesaikan masalah. Sebaiknya Anda melakukan penyelidikan terlebih dahulu untuk mengetahui siapa sebenarnya yang menyebabkan bisnis menjadi jatuh, apakah itu pemilik atau karena pergerakan ekonomi. Jangan langsung marah besar sebab hal ini akan membuat Anda tidak dapat berpikir dengan jernih.

Ikut mencari ide penyelesaian

Langkah berikutnya untuk membuat Anda bangkit dari keterpurukan yang akan segera menimpa Anda akibat adanya kegagalan melakukan investasi, maka sebaiknya jangan marah-marah dulu, namun alangkah baiknya jika Anda turut serta dengan pemilik bisnis memikirkan ide penyelesaian maupun solusi terbaik masalah ini sebab belum tentu kegagalan itu awal dari kebangkrutan selama masih bisa diperbaiki.

Bila Anda ingin menjadi pelaku bisnis juga, maka sebaiknya gunakan kredit mikro sebaik mungkin sehingga Anda akan terhindar dar kerugian yang membuat investor pun buntung.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.