Home » Blog » Bisnis & UKM » Tips Memulai Bisnis Cake & Bakery yang Disukai Banyak Orang

Tips Memulai Bisnis Cake & Bakery yang Disukai Banyak Orang

·
4 menit
tips mulai bisnis cake & bakery

Jika kamu ingin memulai usaha cake and bakery, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan saat kamu tahu bagaimana caranya. Berikut ini adalah beberapa cara yang terbaik untuk memulai bisnis cake and bakery untuk jaminan kesuksesan kamu.


Buat kue yang sedang trendi 

Untuk kamu yang ingin segera sukses dalam usaha cake and bakery kamu salah satu cara yang paling tepat untuk dilakukan adalah membuat kue atau cake yang sedang trendi. Membuat kue yang sedang trendi akan membantu kamu mendapatkan perhatian lebih mudah dari calon konsumen kamu.

Cake yang trendi sudah pasti memiliki daya tarik lebih besar. Contoh dari cake trendi ini seperti jiggly cake dari Jepang, cheese garlic cake dan masih banyak lagi yang lainnya. Membuat kue yang trendi bisa menguntungkan karena ia dapat membuka jalan untuk bisnis kue yang sedang kamu bangun.

Membuat dan menawarkan cake yang trendi bisa jadi pembuka memperkenalkan bisnis yang baik jika kamu bisa mengeksekusi resep cake ini dengan baik. Dengan membuat cake trendi dengan baik, konsumen yang awalnya hanya ingin mencoba kue populer juga akan mencoba kue lain dari toko cake kamu.

Kue trendi yang dieksekusi dengan baik dan enak akan membuat konsumen kamu percaya dengan kualitas rasa toko kamu sehingga mereka tidak segan menjajal cake lainnya. Oleh karena itu, membuat cake yang populer bisa jadi salah satu marketing yang baik untuk promosi bisnis kamu.


Cari pastry chef untuk buat menu yang baru dan unik 

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk menyukseskan bisnis cake and bakery kamu adalah membuat roti yang enak dan unik. Saat ini ada banyak toko roti yang berbeda tapi punya menu yang sama. Jika kamu ingin toko kue kamu beda dari yang lain, kamu bisa buat produk kamu sendiri untuk pembeda.

Kamu bisa membuat kreasi sendiri jika kamu cukup mahir di dapur, atau kamu juga bisa menyewa jasa pastry chef untuk membantu kamu membuat menu untuk toko kue kamu. Jika kamu ingin membuat menu yang baru dan unik, sesungguhnya menggunakan tenaga dari pastry chef merupakan pilihan yang terbaik. Pasalnya mereka sudah terbukti ahli pada bidangnya dan memiliki kreativitas yang tinggi.

Meski kamu akan mengeluarkan budget yang cukup tinggi, membuat cake dengan jasa pastry chef akan membantu kamu untuk mendapatkan produk yang berkualitas. Konsumen kamu tidak akan kecewa dengan produk kamu meski mereka harus membayar lebih banyak lho!

Karena selain untuk dikonsumsi sendiri, produk kue yang enak juga lebih cenderung digunakan untuk oleh-oleh. Hal inilah yang membuat bisnis toko kue kamu akan mendapatkan tempat di masyarakat.


Buat promosi menarik 

Selanjutnya adalah membuat promosi. Promosi juga merupakan salah satu hal yang penting. Terutama saat kamu baru memulai bisnis kamu. Promosi akan membantu kamu memperkenalkan merk kamu pada konsumen dan membuat mereka tahu kualitas produk kamu.

Promosi ini akan membuat lebih banyak orang menjajal produk kamu di awal pembukaan bisnis. Kamu bisa membuat promosi 50% off atau BUY 1 GET 1 untuk menarik perhatian. Jika kamu yakin bahwa produk kue kamu memang yang terbaik, maka promosi ini akan sangat bermanfaat untuk mencari perhatian.

Pasalnya, jika kue yang kamu buat enak, promosi ini akan mendatangkan return yang memuaskan. Mereka yang awalnya hanya mencoba akan datang lagi untuk membeli jika rasa produk kamu berkualitas.

Selain promosi ini, kamu juga bisa buat promosi ulang tahun, promosi gajian, atau bahkan promosi tanggal cantik seperti yang belakangan ini sangat populer di e-commerce. Hal ini akan membantu kamu untuk lebih murah dikenal di masyarakat.


Buat konsep bakery & cake cafe 

Hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah mengenai konsep cake and bakery cafe. Konsep bisnis ini adalah salah satu konsep yang menarik untuk memulai usaha cake and bakery. Tidak banyak tempat kue yang menyediakan area makan di tempat. Hal inilah yang membuat usaha baru kamu bisa jadi usaha yang menarik perhatian.

Di luar negeri, seperti di Korea Selatan, ada banyak sekali toko kue yang menyediakan tempat makan di tempat untuk konsumen mereka. Tempat ini biasanya menyediakan kue-kue potongan untuk bisa disantap di tempat.

Bukan hanya itu, jika kamu membuka cafe cake and bakery ini, kamu juga bisa menjual minuman untuk konsumen kamu. Minuman yang inovatif dan lezat  ini juga bisa membawa keuntungan besar untuk kamu. Jika kamu beruntung, kamu bisa membuat cafe cake and bakery kamu sukses dengan konsep ini.


Buat interior sesuai dengan konsep 

Selanjutnya, kamu juga perlu mendandani toko kue kamu jika ingin cepat sukses. Perlu kamu tahu, bagi konsumen rasa makanan yang enak jika tidak di imbangi tempat yang nyaman dengan interior menarik untuk berfoto masih kalah dengan tempat makan dengan rasa biasa saja tapi menawarkan interior yang ciamik.

Saat ini banyak orang yang menggunakan moment hidupnya sebagai cara untuk konten di sosial media mereka. Hal ini membuat kamu tidak boleh menyepelekan desain interior pada bisnis toko kue kamu.

Selain untuk membuat konsumen merasa nyaman. Foto-foto interior yang menarik juga bisa menjadi daya market sendiri untuk konsumen yang belum tahu produk dan bisnis kamu. Jadi jangan remehkan desain interior toko kue kamu ya!


Pilih bahan yang berkualitas 

Hal lain yang tidak boleh dilupakan saat kamu akan memulai bisnis cake and bakery adalah mengenai penggunaan bahan untuk produksi. Menggunakan bahan yang premium dan berkualitas bisa jadi salah satu cara terbaik untuk membuat kue kamu memiliki rasa yang maksimal.

Percuma bukan jika resep yang kamu gunakan adalah resep yang enak tapi ternyata bahan yang kamu gunakan tidak mendukung rasa makanan tersebut? Contohnya, jika kamu membuat kue atau donat keju dan kejunya tidak terasa seperti keju sungguhan maka rasa donat kamu tidak akan sesuai dengan ekspektasi dari konsumen kamu bukan?

Membuat makanan yang rasanya tidak sesuai dengan ekspektasi dari konsumen akan membuat konsumen kamu kapok untuk datang lagi. Oleh karena itu, jangan sampai kamu melewatkan bahan yang terbaik untuk membangun kue kamu ya!


Lakukan endorsement

Salah satu cara lain untuk memasarkan produk kamu agar lebih mudah dikenali adalah dengan melakukan endorsement. Endorsement bisa membantu kamu untuk memperluas jaringan pemasaran kamu. Kamu bisa mengendorse selebgram yang ada di kota kamu atau juga food vlogger untuk memudahkan pengenalan produk kamu.

Selain itu, mengiklan di sosial media secara resmi akan membantu kamu mengiklan pada sasaran pasar yang tepat. Ya! Mengiklan di sasaran pasar yang tepat sangat penting untuk efektivitas modal memulai usaha cake and bakery agar lebih jelas kemana perginya uang kamu.

 

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​