Panduan Lengkap Skincare Untuk Konsumen Pria (Jenis, Urutan Penggunaan dan Cara Pengaplikasiannya)

·
4 menit
panduan lengkap skincare pria

Tidak hanya untuk wanita, pria juga perlu merawat kulit dengan menggunakan produk skincare. Penggunaan skincare dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan kulit dan mengatasi permasalahan pada kulit seperti jerawat, kusam dan komedo. Nah, bagi para pria yang peduli dengan penampilan wajah kamu, berikut ini adalah panduan lengkap skincare pria yang wajib kamu tahu.

Step 1: Bersihkan wajah kamu

Sangat penting bagi kamu para pria untuk membersihkan wajah kamu secara rutin. Secara umum kulit pria memang cenderung lebih berminyak dibandingkan dengan kulit wajah wanita. Hal ini disebabkan karena kulit wajah pria memang memiliki kelenjar minyak yang lebih besar dibandingkan dengan kulit wanita.

●       Kapan Kamu Harus Mencuci Wajah Kamu?

Pada dasarnya kamu hanya boleh mencuci wajah sebanyak 2 kali, yaitu 1 kali di pagi hari dan 1 kali di malam hari. Terlalu sering mencuci wajah kamu dapat menyebabkan kulit kamu terlalu kering. Akan tetapi jika kamu melakukan kegiatan yang sangat berat sehingga membuat wajah dan tubuh kamu berkeringat sepanjang hari, kamu bisa mencuci wajah kamu untuk mendapatkan kesegaran.

●       Bagaimana cara mencuci wajah dengan benar?

Kamu bisa menemukan banyak sabun cuci wajah di market, akan tetapi akan lebih baik jika kamu menggunakan cleanser yang tidak memiliki sifat abrasif tapi tetap dapat mengangkat kotoran dari wajah kamu.

Sebelum kamu mengaplikasikan apapun ke wajah, kamu bisa membasahi wajah kamu dengan menggunakan air hangat terlebih dahulu. Setelah itu gunakan jari kamu untuk mengaplikasikan cleanser. Ikuti arahan yang ada di balik kemasan cleanser kamu, setelah itu basuh kembali wajah dengan menggunakan air hangat.

Step 2 : Melakukan eksfoliasi dengan face scrub

Eksfoliasi merupakan salah satu proses penting dalam langkah perawatan wajah. Proses ini digunakan untuk mengangkat kulit kering dan mati dari kulit kamu. Biasanya kulit bisa menghilangkan sel kulit mati ini sendiri. Akan tetapi terkadang pengelupasan sel kulit ini tidak dilakukan secara sempurna. Oleh karena itu kamu akan membutuhkan bantuan dari face scrub untuk melepaskan sel-sel kulit mati yang tertinggal ini.

●       Seberapa sering kamu harus menggunakan face scrub?

Pada umumnya pria hanya membutuhkan face scrub setiap satu atau dua minggu sekali. Akan tetapi jika kamu memiliki kulit yang berminyak, kamu bisa menggunakan face scrub kamu sebanyak 3 kali seminggu.

Perlu diperhatikan untuk tidak menggunakan facial scrub terlalu berlebihan. Makin sering kamu menggunakan face scrub ini kulit kamu akan menjadi makin kering. Dalam kondisi seperti ini kulit kamu bisa mendapatkan masalah lebih mudah.

●       Bagaimana cara penggunaan face scrub?

Untuk kamu yang ingin menggunakan face scrub, kamu harus membersihkan wajah kamu terlebih dahulu. Setelah menggunakan cleanser aplikasikan face scrub secara lembut ke wajah kamu. Gunakan gerakan dan tekanan yang lemah untuk memastikan face scrub tidak mengeksfoliasi kulit secara berlebihan.

Kamu pria yang berjenggot dan berkumis, kamu harus memperhatikan area di sekitar jenggot dan kumis kamu. Kamu mungkin akan membutuhkan waktu lebih banyak pada saat mengaplikasikan scrub ini. Setelah kamu selesai mengaplikasikan face scrub, kamu bisa membasuh wajah kamu dengan menggunakan air hangat.

Step 3: Gunakan serum untuk menutrisi kulit

Coba perhatikan lagi kulit kamu, apakah kamu merasa kulit kamu lebih tua dari umur kamu? Umumnya pria ataupun wanita yang tidak merawat kulit wajahnya akan mudah terlihat tua baik karena pengaruh stres dan juga lingkungan.

Akan tetapi ada juga beberapa orang yang mengalami penuaan lebih cepat karena masalah genetiknya. Bagi kamu yang sudah merasa kulit kamu kendor dan juga muncul guratan-guratan halus, mungkin kamu akan merasa bahwa kulit kamu lebih tua dari yang seharusnya terlihat.

Untuk membantu mengatasi masalah penuaan dini ini kamu akan membutuhkan serum. Serum dipilih karena dapat memberikan konsentrasi manfaat 10 kali lebih baik dibandingkan dengan produk skincare lainnya.

●       Bagaimana cara mengaplikasikan serum?

Untuk kamu yang ingin mengaplikasikan serum, kamu bisa melakukannya dua kali sehari. Di pagi hari dan juga di malam hari seperti saat kamu menggunakan cleanser. Menggunakan serum di pagi hari akan membantu kulit kamu terlihat lebih cerah dan lebih sehat, sedangkan di malam hari kamu bisa mengembalikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit kamu guna menggantikan nutrisi yang hilang saat kamu melakukan aktivitas sehari-hari.

●       Berapa banyak serum yang kamu butuhkan?

Telah disebutkan sebelumnya, serum merupakan sebuah skin care yang memiliki konsentrasi kandungan yang sangat tinggi. Hal ini menyebabkan kamu tidak membutuhkan banyak serum untuk mendapatkan manfaat dari serum tersebut. Banyak expert yang setuju bahwa kamu bisa menggunakan serum dengan ukuran kacang polong untuk wajah dan leher kamu dan bisa mendapatkan manfaat maksimal.

Step 4: Menghidrasi kulit dengan moisturizer

Kulit yang terhidrasi akan terlihat lebih plumpy dan juga lebih sehat. Oleh karena itu menghidrasi kulit sangat penting bagi kamu baik wanita maupun pria. Salah satu cara paling umum untuk menghidrasi kulit adalah dengan meminum banyak air. Akan tetapi jika kamu merasa kulit kamu terlalu kering atau terlalu berminyak kamu bisa menambahkan moisturizer pada tahapan skincare routine kamu.

●       Kapan kamu harus menggunakan moisturizer?

Kamu harus mengaplikasikan moisturizer setiap kamu mencuci wajah. Jika kegiatan kamu pada umumnya ringan, kamu bisa menggunakan moisturizer pada pagi hari dan malam hari setelah mencuci wajah. Akan tetapi jika kamu melakukan pekerjaan berat dan harus mencuci wajah beberapa kali sehari, pastikan kamu selalu membawa moisturizer juga untuk melindungi dan menghidrasi kulit kamu.

●       Bagaimana cara menggunakan moisturizer?

Kamu bisa mengaplikasikan moisturizer hingga kulit kamu terasa lembab. Produk ini bertujuan untuk menjebak moisture sehingga kulit terlihat lebih terhidrasi.

Step 5 : Mencegah penuaan untuk kulit kamu

Facial scrub dan juga moisturizer sangat baik dan penting untuk menjaga kulit tetap terjaga. Akan tetapi kamu perlu berfikir mengenai masalah penuaan juga. Masalah penuaan umumnya terjadi pada pria berusia 30 tahun ke atas.

Bagi kamu yang ingin mencegah kulit kamu dari proses penuaan, kamu harus menghindari beberapa hal. Mulai dari menghindari merokok, mengkonsumsi terlalu banyak gula, dan juga tidak melindungi kulit kamu dengan baik. Salah satu cara untuk melindungi kulit agar terhindar dari proses penuaan adalah dengan menggunakan sunscreen setiap kamu keluar rumah.

●       Kapan waktu yang tepat menggunakan sunscreen?

Kamu bisa mengaplikasikan aplikasikan sunscreen sebanyak 30 menit sekali ketika berada di bawah matahari secara langsung. Sunscreen dapat membantu melindungi kulit dan mencegah penyerapan sinar ultraviolet ke dalam kulit. Seperti yang kita tahu, sinar ultraviolet merupakan salah satu aspek terbesar yang dapat menyebabkan kulit kamu lebih cepat menua.

●       Mengapa skin care rutin bagi pria yang sangat penting?

Seperti kulit para wanita, setiap hari kulit pria juga terekspos dengan kontaminasi. Oleh karena itu sangat penting bagi kamu untuk merawat dan melindungi kulit kamu. Dengan cara merawat kulit agar bisa mendapatkan kulit yang lebih sehat dan lebih baik saat ini maupun beberapa tahun ke depan.

Itulah panduan lengkap skincare pria agar kulit tetap terawat dan terhindar dari berbagai permasalahan kulit. Jadi, mulai sekarang jangan ragu lagi untuk merawat kulit dan jangan lupa menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu ya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

 

Reina
Menulis merupakan hobi yang sudah saya sukai sejak SMA, bergabung dengan berbagai komunitas penulis sejak 2015. Menjadikan tulisan sebagai media untuk berbagi informasi terhadap pembaca merupakan karya bagi saya, karena bisa memberikan kontribusi dalam pengembangan pribadi dan bisnis mereka.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih