Memang benar jika bunga deposito menggiurkan tapi tentu ada beberapa resiko dari investasi tersebut. Selain itu, jika passion Anda ada pada membuka usaha, tentu akan lebih baik jika investasi Anda dialihkan ke bisnis riil. Ketika Anda sudah yakin ingin membuka usaha dan sudah menetukan usaha apa, tentu langkah selanjutnya adalah menentukan lokasi. Toko di mal premium bisa dijadikan lokasi yang tepat untuk membuka bisnis Anda mengingat akan banyak pengunjung.

Namun, tidak semua lokasi toko yang ada di mal premium akan memberikan keuntungan yang maksimal. Ada juga yang justru merugi. Hal ini dikarenakan beberapa hal. Salah satunya adalah memilih lokasi atau posisi toko yang tidak pas. Ada beberapa tips untuk memilih ruang sewa toko di mal premium, diantaranya;

Amati jumlah orang yang lewat di depan toko

Mungkin Anda pernah melihat satu atau beberapa toko di mal terlihat sangat ramai karena dilalui oleh banyak orang. Sebaliknya, ada pula toko yang terlihat sepi-sepi saja bahkan yang lewat di depan tokonya saja sepi. Nah, ini perlu diperhatikan karena jumlah orang yang lewat di depan toko akan menentukan seberapa besar tingkat keberhasilan yang bisa diraih tentu dengan berbagai macam stategi marketing yang dilakukan juga. Paling tidak, dari lokasi yang dilewati  banyak orang, akan ada banyak orang yang melihat dan tertarik membeli.

Amati di jam berapa saja toko tersebut ramai dan sepi

Ini penting untuk dipertimbangkan. Tidak semua toko di mal premium akan ramai terus sepanjang hari. Ada beberapa lokasi yang memang dari pagi hingga mal hendak tutup juga ramai. Namun, ada juga beberapa toko yang perbandingan antara sepinya dan ramainya orang yang lewat tidak seimbang. Maksudnya, ada toko yang lebih sering sepi ketimbang ramai atau justru sebaliknya. Tentu, lokasi yang lebih sering dilewati orang apalagi saat jam-jam sibuk termasuk weekends bisa menghasilkan banyak keuntungan.

Perhatikan harga

Harga sangat penting untuk diperhatikan. Jika Anda belum terlalu yakin, cobalah untuk nego dengan pihak pengelola mall agar sewa per bulan saja untuk awal-awal. Namun, jika Anda sudah yakin, maka bisa lunasi hingga 1 tahun penuh. Ingat, harga yang mahal atau murah bukan jaminan bahwa toko akan ramai. Namun, jika Anda sudah melewati langkah di poin 1 dan 2, maka walau harganya mahal, dengan perhitungan untung rugi, Anda sudah bisa menilai bahwa sewa yang ditawarkan sebanding atau tidak dengan kira-kira jumlah keuntungan yang bisa didapat.

Perhatikan pesaing

Dimana-mana, namanya pesaing pasti ada. Itulah menariknya dari berbisnis atau membuka usaha. Anda akan terus merasa terpacu untuk berinovasi agar bisa terus eksis dan bahkan bisa mengalahkan pesaing. Jumlah pesaing yang banyak tentu tidak sehat untuk persaingan pasar. Namun, walaupun pesaing banyak, jika lokasinya memang strategis, Anda akan bisa mendapatkan keuntungan atau paling tidak untuk bertahan terus. Perhatikan jumlah pesaing agar tidak cepat gulung tikar.

Pilih lokasi berdasarkan jenis usaha Anda

Hal ini juga penting untuk selalu diperhatikan. Walaupun Anda menemukan lokasi yang pas buat membuka usaha Anda, jika di sekeliling lokasi Anda tidak mendukung untuk usaha Anda maka sebaiknya cari yang lain. Sebagai contoh, Anda membuka usaha makanan, maka sudah pasti lokasi yang berada dekat dengan toilet harus dihindari walau lokasinya bersih dan ramai. Begitu juga untuk jenis usaha yang lain, perhatikan lokasi sekitar, mendukung usaha Anda atau tidak.

Dengan melakukan 5 tips di atas, tentunya Anda bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari toko yang akan Anda buka. Anda juga sudah seharusnya melakukan riset kecil-kecilan seperti analisa SWOT agar semakin yakin dengan lokasi yang akan Anda pilih. Dengan demikian, bisa saja penghasilan Anda dari membuka usaha tersebut bisa melebihi bunga deposito yang ditawarkan oleh bank dari sejumlah uang yang akan Anda investasikan.

Selain itu, dengan membuka usaha tentu akan ada kepuasan tersendiri yang tidak akan didapatkan dari investasi model deposito. Selamat berwirausaha!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.