Pelajari Untung Rugi Investasi Perak Ini – Sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia investasi, memang sebaiknya para calon investor memahami resiko investasi dari setiap jenis investasi yang akan dipilih.

Baca Juga: Cara Menghindari Permasalahan Pada Bisnis Online

Dari banyaknya jenis investasi, investasi perak memang masih belum familiar. Ya, jika dibandingkan dengan emas atau jenis logam mulia lainnya, perak memang seperti dianak-tirikan.

Baca Juga: Apa Itu Efek Compounding Dalam Investasi dan Seperti Apa Manfaatnya?

Bisa jadi, Anda juga awalnya atau saat ini memiliki tanggapan yang sama tentang investasi perak. Tapi, coba perhatikan kelebihan dan kekurangan investasi perak seperti dibawah ini;

Pelajari Untung Rugi Investasi Perak Ini

Kelebihan Investasi Perak

Ada beberapa kelebihan investasi perak yang belum diketahui banyak orang, diataranya adalah sebagai berikut;

1. Harga perak lebih rendah

Jika dibandingkan dengan emas, tentu harga perak jauh lebih rendah. Oleh sebab itu, harga perak lebih terjangkau.

Baca Juga: Pelajari Untung Rugi Investasi Perak Ini

Ini menguntungkan untuk berinvestasi perak karena harganya yang lebih murah sehingga Anda bisa membeli atau mengoleksi perak lebih banyak.

Baca Juga; Cara Menghindari Permasalahan Pada Bisnis Online

Bagi Anda yang ingin berinvestasi tapi tidak tidak memiliki banyak uang, tentu perak adalah pilihan yang tepat.

2. Modal investasi kecil dan aman

Sebagaimana sudah disebut diatas, karena harga perak yang rendah maka tidak membutuhkan modal investasi yang besar.

Baca Juga: Investasi Peer To Peer Lending Ternyata Cocok Untuk Anak Muda, Lho. Ini Alasannya!

Bagi calon investor yang tidak mau mengambil resiko besar dalam berinvestasi baik terkendala modal atau khawatir merugi, maka perak bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga: Event Penghargaan Wirausaha di Indonesia

Modal yang kecil serta terkategori dalam investasi aman, akan membuat calon investor tidak perlu ragu memilih perak sebagai ladang investasinya.

3. Harga stabil bahkan cenderung naik

Ini yang belum dipahami banyak investor bahwa harga perak selalu stabil layaknya harga emas bahkan cenderung terus naik. Ada beberapa hal yang menyebabkan harga perak stabil bahkan cenderung naik seperti;

  • Pasar global perak lebih kecil oleh karenanya harganya akan sulit dimanipulasi
  • Bank-bank sentral dunia juga tidak berminat untuk menstabilkan harga perak karena mereka lebih tertarik pada pemegang emas
  • Perak merupakan komoditas pendamping emas, oleh sebab itu harganya akan selalu mengikuti harga emas baik naik atau turun
  • Presentasi lonjakan harga kenaikan perak di pasar komoditas bija jauh lebih tinggi bahkan sering lebih tinggi dengan prosentasi 3 kali lipat dibandingkan dengan emas.

4. Permintaan perak luas

Permintaan akan perak lebih luas jika dibandingkan dengan emas. Sebab, perak bisa digunakan dalam berbagai industri yang membutuhkan perak sebagai bahan baku dimulai dari cermin, pewarna tinta, plating, fotografi, aksesoris dan lain sebagainya.

Baca Juga: Strategi Untuk Pensiun Dini di Bawah 40 Tahun

Bahkan, dalam beberapa kesempatan, perak juga bisa digunakan di sektor kesehatan seperti gigi perak.

5. Jumlahnya terbatas

Jika dibandingkan dengan emas, perak memiliki jumlah yang terbatas. Karena jumlah yang terbatas, maka tidak menutup kemungkinan harga perak akan selalu naik.

Baca Juga: 6 Hal yang Bisa Dipelajari Dari Kesuksesan Xiaomi

Jumlah yang terbatas bisa disebabkan proses penggalian atau proses produksi yang membatasi jumlah perak.

6. Mudah dijual

Perak lebih mudah dijual. Tidak hanya harga beli yang terjangkau tapi harga jual juga stabil. Pedagang perak akan menentukan harga juali kembali perak yang sudah Anda beli. Disini, lagi-lagi perak lebih menguntungkan.


Kerugian Investasi Perak

Tapi, ada juga beberapa kerugian invests perak yang perlu Anda perhatikan seperti sebagai berikut;

1. Harga Perak tidak Terpengaruh Ekonomi Perak

Pergerakan ekonomi perak yang ada di pasaran tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pergerakan harga perak, dan tentu berbeda dengan emas.

Baca Juga: 5 Usaha yang Cocok Untuk Pensiunan

Ini membuat harga perak tidak bisa dipastikan seperti emas dimana ekonomi emas sangat berpengaruh untuk harga emas itu sendiri.

2. Masih sepi peminat

Investasi perak belum dikenal banyak orang sehingga masih terlihat meragukan keuntungannya.

Baca Juga: Peer To Peer Lending: Bukti Teknologi Bisa Menambah Penghasilan

Berbeda dengan emas dimana sudah banyak orang yang membuktikannya. Sepinya peminat membuat calon ivestor perak tidak yakin.

3. Tempat pembelian dan penjualan terbatas

Tempat untuk membeli dan menjual perak masih terbatas bahkan lokasinya masih susah ditemui. Anda bisa membandingkan antara jumlah toko emas dan perak di kota Anda.

4. Perak membutuhkan perawatan

Perak membutuhkan perawatan yang tidak mudah agar tetap bersinar karena karakter perak yang mudah kusam atau terlihat kehitam-hitaman.

Baca Juga: Mulai Mendanai Untuk kebutuhan Masa depan Anak

Tapi bukan berarti tidak bisa dibersihkan atau dirawat. Ada cairan atau tips tertentu untuk membuat perak selalu kinclong.

Dari sini, Anda bisa memikirkan tentang resiko investasi dan potensi investasi perak setelah membandingkan kelebihan dan kekurangannya.

Baca Juga: 4 Perusahaan Besar yang Bangkrut di Era Milenium

Berinvestasi pada logam mulia pasti memiliki resikonya masing-masing, namun jika Anda bisa mendapatkan informasi yang tepat tentang investasi logam mulia maka resiko investasinya juga bisa berkurang.


Selain investasi perak, Anda juga berkesempatan untuk berinvestasi peer to peer lending di KoinWorks dengan potensi keuntungan bunga efektif mulai dari 18% per tahun. Tertarik? Coba pendanaan online peer to peer lending sekarang. Selamat berinvestasi!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.