Cara Menghindari Permasalahan Pada Bisnis Online – Semakin canggihnya teknologi yang dikembangkan oleh manusia juga akan semakin mempermudah hidup mereka sehingga menjadi lebih praktis, mudah dan lebih tertata.

Baca Juga: Pelajari Untung Rugi Investasi Perak Ini

Bahkan masyarakat pun tak perlu lagi jauh-jauh menuju toko atau mall jika ingin berbelanja karena berbagai macam kebutuhan tersedia di toko online.

Memang sejak dulu sudah ada yang namanya bisnis online namun belum terlalu berkembang seperti sekarang ini. Apalagi kini banyak sekali portal situs e-commerce yang semakin menjamur dan dapat menjadi pilihan bagi banyak orang.

Baca Juga: Bisnis Recehan Beromset Miliaran ala Raja FO Perry Tristianto

Namun Anda juga harus berhati-hati dan mengetahui cara menghindari penipuan bisnis online yang juga sedang marak seiring pertumbuhan usahanya.

Hal ini disebabkan karena penjual dan juga pembeli tak berhadapan satu dengan lainnya sehingga sangat rawan terkena berbagai macam tindak penipuan.

Baca Juga: Angin Segar bagi E-Commerce Indonesia lewat Paket Kebijakan Ekonomi

Maraknya penipuan yang bermodus bisnis online tidak boleh sampai dipandang sebelah mata karena hal ini akan membuat Anda semakin merugi.

Mungkin awalnya uang yang hilang tidak seberapa, namun jika hal itu terulang untuk kedua kalinya, tentunya Anda harus melakukan tindakan pencegahan sekaligus menggunakan beberapa cara supaya terhindar dari penipu bisnis online sebagai berikut:

Cara Menghindari Permasalahan Pada Bisnis Online

Jangan terlalu tergiur dengan barang yang memiliki harga jual murah atau diskon

Menjadi pembeli yang pintar dan bijak menjadi sebuah prioritas bagi Anda sebagai konsumen yang sering melakukan belanja online sehingga Anda memperoleh barang yang diinginkan dan juga sesuai dengan harapan.

Baca Juga: Dedy Indrawan, Bukti Keberhasilan UKM yang Berbisnis Lewat E-commerce

Biasanya salah satu cara yang sering digunakan oleh penipu untuk menjaring korbannya adalah memasang harga beberapa barang dengan murah atau sangat rendah dibandingkan dengan situs lainnya atau bahkan konter asli yang mungkin menjual produk serupa.

Bila memang Anda sedang mencari barang dan kebetulan menemukan toko online yang memasang harga barangnya sangat murah, maka Anda tidak boleh langsung tergiur begitu saja dengan apa yang mereka promosikan karena belum tentu tempat lainnya juga memasang harga murah.

Baca Juga: Cara Menghitung Return on Investment (ROI)

Sebaiknya belilah barang di toko online yang sudah terpercaya sehingga semua transaksi keuangan online yang Anda lakukan tidak akan menimbulkan resiko apapun.

Pilihlah juga situs yang memiliki situs polisi online karena mereka adalah pengaman yang mencegah tindakan penipuan dari penjual.

Menyimpan semua bukti transaksi dengan baik

Setelah Anda memesan barang dan melakukan pembayaran, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah menyimpan semua bukti pembayaran termasuk juga dengan bukti percakapan melalui SMS ataupun media sosial lainnya hingga barang yang Anda pesan benar-benar sudah sampai di tangan.

Baca Juga: Plus Minus Memiliki Polis Asuransi Sebagai Instrumen Investasi

Jika nantinya Anda membuang semua bukti dan barang tak kunjung datang atau resi tak pernah diberikan, maka pihak yang dirugikan hanya Anda sendiri karena bila melapor pun tak akan ada gunanya sebab semua bukti telah dihapus.

Baca Juga: Daftar Media Sosial yang Kini Sudah Punah

Dengan menyimpan bukti-bukti itu, maka Anda bisa terhindar dari bentuk penipuan. Jika tak bisa menyimpan struk pembayaran, maka fotolah bukti tersebut dan simpan baik-baik jika seandainya bukti asli hilang.

Jangan selalu percaya pada testimoni

Banyak orang yang mengatakan jika ingin melihat keaslian dari sebuah toko online, maka Anda harus melihat testimoni atau review dari orang-orang yang pernah membeli di toko online yang sama. Mungkin jaman dahulu hal itu bisa dijadikan sebagai acuan hanya saja tidak untuk kali ini.

Baca Juga: Kota-Kota Di Indonesia Yang Sudah Mengaplikasikan Smart City

Banyak oknum penipu yang sudah mahir untuk memalsukan bukti testimoni atau mengarangnya sendiri sehingga terlihat benar-benar asli dan juga meyakinkan sehingga para korbannya pun akan semakin tertarik untuk membelinya.

Meminta foto barang yang asli

Dalam beberapa bentuk penipuan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab adalah mengirimkan barang yang tidak sama atau sesuai dengan gambar yang terdapat pada media sosial atau situs belanja online.

Baca Juga: 5 Produk Virtual Reality (VR) Yang Layak Dicoba

Untuk memastikan jika barang yang Anda beli adalah asli, maka hal yang harus Anda lakukan adalah meminta foto atau gambar aslinya yang benar-benar nyata sebagai pembanding dengan foto aslinya.

Bila perlu, Anda bisa meminta foto asli barang tersebut lebih dari satu kali dan diambil dari berbagai macam sisi sehingga benar-benar membuktikan jika barang itu nyata.

Baca Juga; Pertumbuhan P2P Lending di China

Semoga beberapa cara menghindari penipuan bisnis online bisa Anda terapkan ketika belanja online sehingga terhindar dari penipuan dan Anda pun bisa memperoleh barang yang diinginkan.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.