Hati-hati Pada Dana Pinjaman Gratis

·
3 menit
Kisah Sukses Gina Trapani, Blogger Wanita Terkaya Di Dunia

Hati-hati Pada Dana Pinjaman Gratis – Dana pinjaman gratis memang sudah populer sejak dahulu, sebelum berkembangnya dunia teknologi, pemberian dana pinjaman gratis tersebut biasanya di promosikan di berbagai surat kabar. Nominal uang yang ditawarkan pun tergolong ke dalam jumlah yang cukup besar.

Namun sangat disayangkan, karena  jenis pinjaman tersebut kebanyakan merupakan modus penipuan yang biasanya dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengeruk keuntungan yang sebesar-besarnya. Tidak sedikit orang yang telah menjadi korban penipuan dana pinjaman gratis tersebut.

Meski menawarkan pinjaman secara gratis, para peminjam ternyata dimintai sejumlah uang dalam jumlah yang cukup besar pula dengan alasan untuk keperluan biaya administrasi.

Di jaman yang serba internet ini, penipuan dana pinjaman gratis pun semakin menjadi-jadi. Ketika Anda menulis kata kunci pinjaman gratis di internet, maka Anda pun akan menemukan banyak situs web yang menawarkan jenis pinjaman tersebut.

Hal tersebut tentu dipengaruhi oleh keadaan ekonomi Indonesia yang semakin tidak stabil sehingga banyak sekali orang yang tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam keadaan yang terdesak mereka pun akan memilih meminjam uang dengan berbagai macam cara. Kesempatan tersebut pun tentu dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan dengan kedok penawaran dana pinjaman gratis.

Modus yang biasa dilakukan oleh para penipu tersebut adalah dengan mempromosikan berbagai jenis penawaran yang sangat menggiurkan. Biasanya mereka meminta calon peminjamnya untuk mengirimkan proposal pinjaman dan mengirimkannya ke alamat perusahaan maupun perorangan yang tertera di dalam situs web.

Setelah si peminjam mengajukan proposal pinjaman kepada alamat yang ada di dalam situs web, si peminjam akan mendapatkan surat balasan disertai dengan permintaan pengiriman uang dengan alasan ingin berbagai cara mendapatkan dana pinjaman gratis beserta prosedur pengajuannya. Uang yang diminta pun tidak sedikit, yaitu mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Namun setelah si peminjam mengirimkan sejumlah uang yang diminta, si peminjam tak kunjung mendapatkan surat balasan. Dan setelah ditelusuri, alamat yang diberikannya pun merupakan alamat palsu, alias hanya digunakan saat mereka melancarkan modus penipuan, setelah mereka mendapatkan uang yang mereka inginkan, mereka pun segera berpindah tempat dan melakukan bentuk penipuan yang sama.

Sebenarnya tidak semua penawaran dana pinjaman secara cuma-cuma atau gratis merupakan bentuk penipuan, salah satunya adalah dana pinjaman gratis yang berasal dari pemerintah sebagai program bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Namun jenis pinjaman ini biasanya hanya ditujukan untuk masyarakat yang membutuhkan dana untuk modal usaha. Selain itu ada juga penawaran dana pinjaman gratis dari luar negeri seperti pinjaman gratis dari negara Arab Saudi dan negara Jepang.

Namun untuk mendapatkan pinjaman gratis ini tidaklah mudah, Anda harus memberikan keterangan secara rinci dan lengkap mengenai alasan Anda untuk meminjam uang tersebut. Karena para donatur dari dari Arab Saudi tersebut ingin uang yang telah disalurkan benar-benar dimanfaatkan oleh si peminjam untuk mensejahterakan kehidupannya.

Sedangkan untuk pinjaman gratis yang berasal dari Jepang, persyaratan yang diberikan pun lebih spesifik yaitu pinjaman gratis tersebut hanya ditujukan untuk lembaga yang bergerak di bidang pendidikan, sosial, dan kebudayaan. Lembaga yang masuk dalam kriteria peminjam pun harus merupakan lembaga non profit atau lembaga yang tidak bersifat komersil.

Oleh karena itu untuk mencegah segala bentuk penipuan Anda harus berhati-hati dalam memilih lembaga swasta atau perorangan yang menawarkan dana pinjaman gratis secara online atau yang banyak diiklankan di surat kabar.

Jika Anda dimintai sejumlah uang ketika mengajukan pinjaman, maka  bisa jadi penawaran tersebut merupakan modus penipuan. Karena dana pinjaman secara gratis yang ditawarkan oleh pihak-pihak profesional tidak akan pernah meminta Anda untuk mengirimkan sejumlah uang, berapa pun jumlahnya.

Dan hindarilah penawaran dana pinjaman gratis dengan promosi uang yang akan Anda pinjam pasti cair atau pasti diberikan, karena lembaga swasta maupun perorangan yang menawarkan pinjaman gratis secara legal tidak akan sembarangan untuk menyetujui ajuan pinjaman Anda. Mereka akan terlebih dahulu memeriksa latar belakang Anda, tujuan uang yang Anda pinjam, serta mengecek sejarah pinjaman Anda.

Jonathan
Head of Marketing at KoinWorks

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih