Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Media Digital yang Bisa Dimanfaatkan untuk Kembangkan Bisnis Hijab

Media Digital yang Bisa Dimanfaatkan untuk Kembangkan Bisnis Hijab

·
4 menit
manfaat media digital untuk bisnis hijab

Salah satu bisnis yang saat ini sedang tren adalah bisnis hijab. Pasar dari bisnis ini cukup jelas.

Dengan pengelolaan bisnis yang baik, maka hal ini juga akan mendatangkan keuntungan yang berlipat.

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan keuntungan tersebut adalah dengan memanfaatkan media digital untuk bisnis hijab.

Peran media digital saat ini memang sudah sangat masif. Sehingga, tidak heran jika pemanfaatannya pun sudah bisa kamu lakukan dengan berbagai macam cara.


Cara Memaksimalkan Media Digital untuk Bisnis Hijab

Sebagai salah satu bisnis yang sedang tren saat ini, bisnis hijab juga tidak lepas dari pemanfaatan media digital. Dengan menggunakan cara ini, maka bisnis ini bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

Selain itu, media digital untuk bisnis hijab juga membuat bisnis menjadi lebih cepat.

Lalu apa saja dan bagaimana pemanfaatan dengan maksimal media digital untuk bisnis hijab? Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu coba.

1. Memaksimalkan Website

Salah satu media digital yang bisa kamu coba adalah dengan melalui website. Ini merupakan cara paling efisien untuk melakukan bisnis secara digital.

Dengan menggunakan website, maka ada banyak hal yang bisa kamu lakukan yang tentunya akan memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi konsumen kamu.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan website sebagai media digital untuk bisnis hijab kamu:

Adanya Halaman Khusus tentang Produk Hijab Kamu

Hal pertama yang bisa kamu buat dalam website kamu adalah dengan menambahkan halaman khusus tentang produk yang kamu jual. Hal ini akan membuat konsumen menjadi mudah ketika akan memilih dan melihat-lihat produk yang kamu tawarkan.

Di halaman ini juga kamu bisa memberikan penjelasan dengan lebih rinci tentang produk tersebut. Kamu bisa memberikan keterangan baik tentang bahan, kelebihan ataupun keunggulan dari produk tersebut.

Buat Halaman Tentang Tutorial Berhijab

Salah satu cara untuk memaksimalkan media digital dalam bisnis hijab kamu melalui website adalah dengan menyediakan halaman khusus tentang tutorial berhijab. Mungkin terlihat sepele, namun hal ini bisa menambah value dari web kamu.

Hal ini karena konsumen yang masuk ke website kamu tidak hanya mendapatkan hijab yang mereka inginkan namun juga bisa mendapatkan ilmu baru. Hal ini juga akan membantu konsumen untuk menemukan gaya hijab baru yang bisa mereka gunakan sehari-hari.

2. Memaksimalkan Instagram

Media digital untuk bisnis hijab lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Instagram. Ini merupakan salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak saat ini.

Sehingga, tentu saja ketika kamu bisa memaksimalkannya maka akan banyak calon konsumen baru yang akan berbelanja di tempat kamu.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan Instagram? Berikut adalah beberapa contohnya:

Buat Foto Produk dengan Menarik

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat foto produk dengan menarik. Hal ini karena Instagram merupakan media sosial yang sangat visual. Oleh karena itu, dengan membuat foto semakin menarik maka akan lebih banyak juga orang yang tertarik. 

Hal ini juga akan berpengaruh dengan jumlah views postingan kamu. Semakin banyak tentu akan semakin baik. Terlebih dengan, foto produk yang menarik, hal ini juga bisa menjadi salah satu alasan tertariknya konsumen untuk membeli hijab di tempat kamu.

Perbanyak Postigan Tentang Tutorial atau Trik Berhijab

Selain fokus pada foto produk, kamu juga bisa memberikan postingan lain yang juga bermanfaat bagi konsumen. Salah satunya adalah dengan membuat postingan tentang tutorial ataupun trik menggunakan hijab yang simple dan menarik.

Ini merupakan salah satu cara untuk menambah engagement dari media sosial kamu. Tentu saja ini juga merupakan salah satu cara untuk memaksimalkan media digital untuk bisnis hijab kamu.

Berikan Informasi dengan Detail dan Jelas

Hal-hal seperti ukuran, harga, jenis bahan, dan informasi lainnya yang sekiranya konsumen butuhkan harus kamu tempatkan dengan jelas. Termasuk nomor telepon yang bisa konsumen hubungi.

Hal ini untuk memudahkan konsumen melihat apakah barang tersebut sesuai dengan yang mereka inginkan atau tidak.

3. Memaksimalkan Facebook

Media digital lain yang juga bisa kamu manfaatkan untuk bisnis hijab kamu adalah facebook. Meskipun popularitasnya tidak setenar dulu, namun tetap saja ini merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak.

Sehingga, ketika kamu memaksimalkannya, maka akan banyak konsumen yang bisa kamu dapatkan.

Beberapa cara memaksimalkna facebook yang bisa kamu lakukan antara lain:

Membuat Postingan (Unggahan) Inspiratif

Salah satu kelebihan faceboo dibanding media sosial lain adalah kamu bisa membagikan postingan berupa cerita.

Dengan adanya hal ini maka kamu bisa memaksimalkan dengan membuat postingan cerita yang inspiratif yang bisa kamu bagikan kepada para calon konsumen kamu.

Hal ini bisa membuat mereka semakin tertarik untuk membeli dan menggunakan hijab yang kamu jual. Postingan inspiratif ini juga bisa menambah interaksi antara kamu sebagai penjual dengan pembeli.

Hal ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk menambah engagement akun media sosial kamu.

Memberikan Postingan Tips dan Trik

Memanfaatkan fitur yang mana kamu bisa bercerita dengan panjang dan lebar, maka kamu juga bisa memanfaatkannya dengan memberikan tips dan trik yang berguna bagi para konsumen kamu.

Tips dan trik yang bisa kamu buat bisa seputar cara menggunakan hijab dengan simpel, tips dan trik memilih hijab, ataupun yang lainnya.

Memanfaatkan Fitur Ads di Facebook

Salah satu cara berpromosi di Facebook adalah melalui fitur Facebook Ads. Ini merupakan fitur yang membuat iklan yang kamu buat bisa sampai pada orang-orang yang memang membutuhkan produk kamu.

Tentu saja untuk mendukung hal ini maka kamu juga perlu memiliki foto produk yang menarik dan baik.

4. Memaksimalkan Marketplace

Media digital untuk bisnis hijab lainnya yang bisa kamu manfaatkan juga tentu saja marketplace. Ini merupakan cara yang paling banyak orang lakukan saat ini untuk berbelanja.

Tren belanja online yang semakin meningkat membuat pengguna marketplace juga semakin banyak.

Ini tentu menjadi salah satu keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan marketplace sebagai media digital untuk bisnis hijab kamu:

Memberikan Informasi dengan Jelas dan Detail

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memberi informasi tentang produk kamu dengan detail dan jelas.

Bahkan, jika perlu kamu juga rajin untuk update tentang stok barang tersebut. Hal ini berguna untuk memudahkan pembeli ketika mereka akan berbelanja.

Bekerjasama dengan Agen Ekspedisi

Meskipun sudah banyak marketplace yang menyediakan ekspedisi sendiri, namun tidak ada salahnya juga jika kamu bekerjasama dengan agen ekspedisi. Hal ini bisa memberikan kemudahan bagi kamu.

Salah satunya, kamu tidak perlu repot mengantar barang ke agen tersebut ketika kamu mau melakukan pengiriman.

Selain itu, hal ini juga bisa bermanfaat bagi konsumen. Karena bisa saja kamu memberikan penawaran dengan gratis ongkos kirim.


Itulah beberapa media digital untuk bisnis hijab yang bisa kamu manfaatkan dan maksimalkan fungsinya. Dengan memanfaatkan media digital tersebut, maka selain memudahkan juga bisa mendatangkan banyak konsumen bagi kamu.

Memanfaatkan media digital ini juga bisa membuat bisnis kamu menjangkau lebih banyak konsumen. Sehingga, bisa membuat perkembangan bisnis kamu menjadi lebih cepat. 

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​