Bagaimana Samsung Bisa Menjadi Global Brand? Yuk, Pelajari Strategi Pemasarannya!

·
2 menit
Samsung Galaxy

Bagaimana Samsung bisa menjadi global brand? Yuk, pelajari strategi pemasarannya!- Siapa yang tidak kenal Samsung?

Brand elektronik asal negeri ginseng Korea Selatan ini telah sukses menjadi salah satu brand yang dikenal oleh dunia. Strategi pemasaran Samsung diyakini menjadi salah satu kunci kesuksesannya.

Keberhasilan Samsung dalam mencapai posisi global brand tentunya bukan suatu prestasi yang didapatkan dengan mudah.

Samsung kerap dihadapkan oleh beberapa rivalnya dalam beradu inovasi dan kualitas produk, sebut saja Sony yang dalam beberapa tahun terakhir menjadi salah satu rival terberat bagi Samsung.

Meskipun begitu, strategi Samsung menghadapi pesaing seperti Sony terbukti berhasil, sehingga Samsung tetap menjadi salah satu brand yang paling diminati oleh masyarakat baik di Indonesia maupun dunia.

Berikut beberapa strategi pemasaran Samsung yang bisa kamu pelajari ilmunya:

1. Riset pasar

Samsung menerapkan strategi riset pasar dalam proses inovasi setiap produknya.

Dengan kata lain Samsung berusaha mencari tahu produk seperti apa yang sedang dibutuhkan atau diminati oleh masyarakat, lalu Samsung berusaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut melalui produk-produk terbarunya.

Sebagai contoh, pada awal tahun 2020 Samsung telah merilis 2 produk terbarunya yaitu Samsung Galaxy A51 dan Samsung Galaxy A71 yang ditujukan khusus untuk para gamers.

Ada 3 fitur yang kerap disebutkan oleh Samsung dalam memasarkan Samsung Galaxy A51 dan Samsung Galaxy A71 yaitu kualitas layar HD+, baterai yang tahan lama, dan anti Lag ketika bermain game.

Ketiga fitur yang disebutkan oleh Samsung memang merupakan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh setiap gamers, hal ini membuktikan bahwa Samsung telah melakukan riset pasar dan berusaha memenuhi kebutuhan para konsumen melalui kedua produk tersebut.


2. Kerja sama dengan distributor lokal

Di Indonesia, Samsung bekerja sama dengan salah satu distributor lokal yaitu PT. Erafone Artha Retailindo.

Hal ini tentunya bukan hanya mempermudah Samsung untuk proses pendistribusian produknya ke seluruh wilayah di Indonesia tapi juga menjadi salah satu strategi pemasaran Samsung di Indonesia.

Distributor lokal yang telah bekerja sama dengan Samsung secara tidak langsung juga akan ikut serta mempromosikan produk-produk Samsung, terlebih lagi Erafone merupakan salah satu distributor elektronik terbesar di Indonesia yang memiliki jangkauan pasar cukup luas.


3. Iklan di berbagai media

Meskipun sudah dikenal sebagai global brand, tapi hal tersebut tidak membuat Samsung melupakan pentingnya sebuah iklan untuk produknya.

Tidak hanya gencar melakukan iklan di televisi, tapi Samsung juga gencar berpromosi di sosial media dan beberapa platform digital lainnya.


4. Kekuatan Brand Image

Tidak dapat dipungkiri bahwa brand image yang dimiliki Samsung sedikit memudahkan Samsung dalam promosi.

Samsung telah mengantongi kepercayaan masyarakat terhadap produk-produknya, terutama mereka yang telah berpengalaman menggunakan produk Samsung sebelumnya.

Brand image ini lah yang harus dibangun oleh setiap pebisnis termasuk kamu, memang prosesnya tidak sebentar namun apabila bisnis yang kamu miliki memiliki kualitas dan keunikan, bukan tidak mungkin brand kamu akan mampu bersaing dengan brand-brand lainnya.


Nah, itulah beberapa strategi pemasaran Samsung yang bisa kamu implementasikan terhadap bisnis kamu.

Memang benar beberapa strategi pemasaran membutuhkan budget yang tidak sedikit, tapi kamu tidak perlu khawatir karena KoinWorks melalu KoinBisnis telah berkomitmen untuk memberikan fasilitas pinjaman modal usaha untuk bisnis UKM di Indonesia.

Pinjaman yang ditawarkan pun jumlahnya tidak sedikit, kamu bisa mendapatkan pinjaman  modal usaha sampai dengan Rp2 Miliar  dan tentunya nilai bunga yang rendah yaitu mulai dari 0.75% per bulan.

Selain itu, kamu juga memanfaatkan sosial media sebagai media promosi, karena di era seperti sekarang ini pesan yang disampaikan melalui media sosial lebih cepat sampai dibandingkan dengan media konvensional seperti televisi atau radio.

Ada beberapa hal lagi yang perlu kamu ingat, sebaik apapun strategi pemasaran yang kamu miliki jika tanpa kegigihan dan konsistensi semua itu tidak akan ada artinya, karena kegigihan dan konsistensi merupakan poin utama yang menentukan perkembangan sebuah bisnis.

Gina Valerina
Beware of little expenses, a small leak will sink a great ship - Benjamin Franklin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih