Berapa Lama Waktu yang Diperlukan Untuk Mengubah Kebiasaan Buruk? Ini Penjelasannya Untuk Anda

5 Alasan Kenapa Anda Harus Senantiasa Mengembangkan Diri

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan Untuk Mengubah Kebiasaan Buruk? Ini Penjelasannya Untuk Anda – Kebiasaan muncul akibat dari tindakan yang dilakukan seseorang secara berulang.

Itu artinya, jika seseorang melakukan tindakan buruk secara berkelanjutan, maka hal ini akan membuat mereka terbiasa melakukannya.

Baca Juga: 4 Cara Menghadapi Orang yang Ingin Menghentikan Ambisi Anda

Kebiasaan buruk yang Anda lakukan akan berakibat pada kegagalan dan kesehatan yang buruk.Lalu, berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut?

Simak pembahasannya di bawah ini untuk mengetahui penjelasan selengkapnya.


Waktu yang Diperlukan Untuk Mengubah Kebiasaan Buruk

Aturan 21 Hari

waktu - Waktu yang Diperlukan Untuk Mengubah Kebiasaan Buruk

Maxwell Maltz pernah membuah sebuah karya yang bernama Psycho-Cybernetics pada tahun 1960 yang lalu.

Maltz merupakan seorang ahli bedah plastik yang ingin mengetahui bagaimana seseorang memandang diri mereka sendiri.

Baca Juga: 5 Tips Sukses dalam Kehidupan, Bisnis, dan Pekerjaan

Ia ingin mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan pasien untuk terbiasa dengan perubahan yang dilakukan selama operasi.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukannya, ia memutuskan bahwa butuh sekitar 21 hari bagi seseorang untuk menyesuaikan diri dengan hal yang baru.


Studi Terbaru yang Dilakukan

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (19) - 4 Cara Menjalin Pertemanan dan Menambah Koneksi - Mumpung Masih Muda, Ini 5 Cara Bijak Memanfaatkan Waktu

Selanjutnya ada juga studi yang dilakukan di tahun 2009 yang lalu dan dipublikasikan dalam The European Journal of Social Psychology.

Penelitian ini akan mengamati pembentukan kebiasaan 96 orang selama periode 12 minggu lamanya.

Baca Juga: 5 Panduan Menarik Untuk Anda yang Bekerja Sebagai Seorang Manajer Penjualan

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah waktu yang diperlukan agar sebuah tindakan menjadi kebiasaan sangat bervariasi.

Namun, jumlah rata-rata yang diperlukan untuk membentuk sebuah kebiasaan adalah sekitar 76 hari.

Dengan adanya penjelasan di atas, maka Anda bisa memiliki sebuah patokan yang digunakan untuk menyingkirkan kebiasaan buruk dan mulai membentuk kebiasaan baru yang lebih baik.

Hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah lebih mudah untuk melakukan sesuatu hal yang baru daripada berhenti melakukan sesuatu yang biasa dilakukan tanpa adanya pengulangan.

Baca Juga: 5 Langkah Agar Bisa Terus Belajar Tanpa Mengorbankan Karir

Misalnya saja, Anda memiliki kebiasaan buruk yaitu suka mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok.

Saat Anda sedang berusaha untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut harus ada kebiasaan baru yang baik untuk menggantikannya.

Misalnya, menggantinya dengan kebiasaan mendengarkan podcast yang menginspirasi, membaca buku, atau mengikuti kursus di bidang yang bermanfaat.

Baca Juga: 7 Cara Memotivasi Karyawan Melalui Teknik Komunikasi yang Tepat

Hal yang penting untuk diingat adalah Anda harus memiliki sebagian waktu yang disisihkan untuk mengulang kebiasaan baru. Misalnya saja, mengikuti kursus di malam hari setelah pulang beraktivitas dan bekerja.

Namun, bagaimana dengan biaya pendidikan yang harus dibayarkan?

Tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, sebab saat ini telah tersedia pinjaman dana khusus pendidikan yang bisa digunakan.

KoinPintar menawarkan pinjaman dana dengan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan saja. Suku bunga yang rendah membuat Anda tidak akan merasa berat untuk melakukan pembayaran setiap bulannya.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Produktivitas Menurun, Ubah Kebiasaan dan Jadi Lebih Baik!

Hal yang lebih penting adalah masa pembayaran pinjaman tersebut juga bisa dilakukan sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan secara langsung di muka.

Bagaimana dengan pendidikan formal?

Tentu saja bisa, Anda yang ingin mengikuti pendidikan formal seperti perguruan tinggi juga bisa memanfaatkan fasilitas pinjaman dana dari KoinPintar.

Berbagai kemudahan yang ditawarkan di atas dapat terjadi karena KoinPintar bertujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal.

Baca Juga: 3 Persyaratan yang Dapat Dilakukan Agar Mendapatkan Promosi Jabatan

Ingat, kebiasaan buruk dapat menghalangi seseorang dalam mencapai potensi penuh di dalam diri mereka. Kebiasaan buruk akan membuat Anda tidak produktif dan tidak bahagia serta kesulitan untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan.

Semoga pembahasan di atas memberikan pencerahan kepada Anda semua yang telah membacanya.

Mulai dari sekarang untuk menghilangkan beberapa kebiasaan buruk yang datang dan menggantinya dengan kebiasaan lain yang lebih baik.

Gunakan patokan waktu yang telah dijelaskan di atas untuk membuat tindakan baik menjadi sebuah kebiasaan baru.

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Devayanti Pardi

Devayanti Pardi

Content Creator at KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.