Home Gaya Hidup 5 Trik Mengatur Penghasilan Saat Pandemi Setelah Gaji Dipotong

5 Trik Mengatur Penghasilan Saat Pandemi Setelah Gaji Dipotong

5 Trik Mengatur Penghasilan Saat Pandemi Setelah Gaji Dipotong  – Dampak yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19 memang menimbulkan penurunan signifikan terhadap keberlangsungan finansial seluruh lapisan masyarakat.

Tidak hanya finansial pribadi, tetapi juga keluarga, perusahaan bahkan negara terkena dampak negatifnya.

Demi bisa bertahan menghadapi kondisi luar biasa ini, banyak perusahaan mengambil langkah-langkah seperti memberlakukan PHK, hingga memotong gaji karyawan.

Apakah kamu termasuk salah satu karyawan yang mengalami pemotongan gaji?

Jika iya, yuk cari tahu bagaimana mengatur penghasilan saat pandemi setelah gaji dipotong, supaya tetap cukup dan bisa bertahan!


5 Trik Mengatur Penghasilan Saat Pandemi Setelah Gaji Dipotong

Membuat Skala Prioritas

hemat uang - 7 Nasihat Keuangan Warren Buffet yang Bikin Anda Jago Mengatur Uang! - 5 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Dari Gaji ’15 Koma’ - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini!-2

Salah satu kebiasaan kamu yang bisa membuat gaji habis adalah perilaku yang konsumtif, seperti berbelanja. Biasanya perilaku ini muncul, saat kamu baru mendapatkan gaji karena merasa punya uang banyak.

Tapi karena gaji kamu dipotong, tentu kamu harus beradaptasi dan menghentikan kebiasaan ini sekarang.

Triknya mudah asalkan kamu memiliki kemauan untuk bisa mengatur penghasilan saat pandemi yang baik, yaitu dengan membuat skala prioritas.

Kamu bisa memulai dengan membuat daftar berisi 3 hal, kebutuhan mendesak dan harus segera dipenuhi, mana yang bisa ditunda serta mana yang tidak diperlukan.

Walaupun terlihat memerlukan waktu, tetapi dengan mengelompokkan kebutuhan berdasarkan skala prioritas, keuangan kamu akan menjadi lebih tertata.

Cara mengatur penghasilan ini terbukti efektif dalam menahan keinginan kamu untuk menghamburkan gaji.


Prioritaskan Bayar Cicilan

Lebih Untung Mana, Beli Rumah dengan KPR atau Tunai? - punya penghasilan tanpa kerja-Strategi Memiliki Hunian Impian untuk Generasi Milenial-hemat uang - 7 Nasihat Keuangan Warren Buffet yang Bikin Anda Jago Mengatur Uang! - tips investasi untuk gaji pas pasan- sampingan mahasiswa-Lebih Untung Mana, Beli Rumah dengan KPR atau Tunai? - punya penghasilan tanpa kerja-Strategi Memiliki Hunian Impian untuk Generasi Milenial-Tertarik dengan KPR Rumah? Pertimbangkan Dulu 7 Hal Ini Sebelum Mengambilnya

Jika kamu memiliki kewajiban untuk membayar cicilan setiap bulan, pastikan melakukan pengeluaran untuk melunasinya terlebih dahulu. Jadi, saat baru saja mendapatkan gaji bulanan, langsung alokasikan dana untuk membayar cicilan-cicilan kamu.

Jangan ditunda-tunda, karena ini bisa membantu mengatur penghasilan saat pandemi, agar gaji tetap cukup. Setelah melunasi cicilan, barulah kamu dapat memakai gaji untuk pengeluaran yang lainnya.


Bawa Uang Tunai Secukupnya

5 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Dari Gaji ’15 Koma’ - investasi untuk freelancer

Selain perilaku konsumtif membawa uang tunai dalam jumlah berlebihan juga bisa membuat kamu boros. Kalau ingin berhasil mengatur penghasilan saat pandemi dengan baik, yuk coba untuk mulai membiasakan membawa uang tunai secukupnya.

Dengan melakukan ini, kamu tidak mudah tergoda untuk membeli barang yang sebenarnya tidak begitu diperlukan. Cara mengatur penghasilan saat pandemi ini terbilang cukup ampuh, lho.

Seringkali kamu menganggap perlu membeli barang tersebut hanya karena kamu merasa punya uang lebih.

Lalu pertanyaannya, bagaimana menentukan jumlah uang tunai yang cukup di dompet?

kamu bisa membuat secara jelas daftar belanja dan estimasi total uang yang dibutuhkan. Lebihkan uang yang kamu bawa untuk berjaga-jaga jika harga lebih mahal dari perkiraan.


Usahakan Tetap Menabung dan Investasi

anak - keluarga - menabung - menghemat pengeluaran dalam keluarga - 5 Tips Keuangan untuk Keluarga yang Memiliki Satu Sumber Penghasilan - Orangtua Perlu Melakukan 6 Hal Ini Jika Ingin Mengajari Anak Investasi - Jangan Mulai Berkeluarga Jika Belum Mencapai 4 Sasaran Keuangan Ini

Walaupun penghasilan kamu berkurang, tapi kamu juga harus memastikan tetap mengalokasikan dana untuk menabung dana darurat dan investasi.

Kenapa dana darurat diperlukan? Alasannya karena kamu tidak pernah tahu sampai kapan keadaan pandemi ini akan berakhir, dan bisa saja ada hal-hal tak terduga terjadi ke depannya.

Jadi, supaya keuangan kamu tetap stabil saat hal buruk terjadi secara tak terduga di masa depan, dana darurat akan sangat membantumu.

Lalu bagaimana dengan dana investasi? Kamu harus tetap mengalokasikannya walaupun tidak banyak, tetapi paling tidak kamu bisa melindungi bahkan mengembangkan nilai aset yang kamu miliki di masa depan nanti.

Hal ini bisa sangat membantu kamu menghadapi adanya inflasi di masa mendatang.

Banyak instrumen investasi yang bisa kamu pilih mulai dari saham, reksa dana hingga forex.

Jika kamu bingung dalam memilih instrumen yang tepat, mendanai di KoinP2P dari KoinWorksSuper Financial Appbisa membantu kamu mengetahui fundamentalnya.

Kamu hanya perlu menyiapkan modal sebesar Rp100,000 saja, dan sudah mendapatkan imbal hasil efektif 18% per tahun.


Mencari Pekerjaan Tambahan

Yuk, Tambah Penghasilan dengan 5 Kerja Sampingan untuk Mahasiswa Ini- 7 bisnis di hari kemerdekaan - cara membeli mobil

Cara Mengatur Penghasilan yang berikut ini bisa dilakukan saat kamu yakin, sudah menerapkan hal-hal di atas dengan baik namun gaji masih terasa belum cukup.

Kamu bisa mencari pekerjaan tambahan yang sesuai dengan waktu luang. Jadi, di sela-sela bekerja kantoran, kamu bisa membagi waktu untuk mengambil part time.

Setelah melakukan dengan baik cara mengatur penghasilan di atas, memiliki gaji yang bisa bertahan, di saat-saat pandemi seperti sekarang bukan impian. Semoga bermanfaat dan selamat menyusun rencana keuangan dengan bijak.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Firda Nur Asmita
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.