4 Manfaat Investasi Saham buat Masa Depan Anda Selain Bisa Bikin Kaya! – Bukan lagi sebuah rahasia kalau investasi saham bisa membuat Anda kaya di masa depan.  Buktinya, banyak milyarder dunia yang jadi kaya raya karena berinvestasi saham sejak lama, seperti Peter Lynch atau John Bogle.

Hal itu tentu saja, dikarenakan adanya capital gain atau dividen yang menjadi keuntungan dari para investor saham.

Namun bukan cuma itu lho, ada juga berbagai manfaat dan keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan selain menjadi kaya.

Bukan hanya berkaitan dengan urusan kantong, melainkan manfaat itu berkaitan dengan banyak hal seperti psikologi dan mental.

Dengan masuk ke pasar modal, bakalan ada banyak hal yang bisa Anda pelajari. Yuk, simak berbagai manfaat investasi saham di bawah ini untuk tahu lebih lanjut!


4 Manfaat Investasi Saham buat Masa Depan Anda Selain Bisa Bikin Kaya!

1Wawasan Menjadi Lebih Luas dan Terbuka

belajar hal yang disukai di perguruan tinggi - Mau Jadi Pribadi yang Lebih Baik? Ayo Terapkan 6 Kiat Cerdas Berikut Ini - Tidak Minat Membaca Buku yang Bermanfaat? Ini 3 Solusinya - 3 Rutinitas Bermanfaat yang Perlu Anda Lakukan di Sela Jam Bekerja

Manfaat investasi saham yang pertama adalah Anda akan memiliki wawasan yang sangat luas.

Saat terjun menjadi investor saham, Anda akan mempunyai wawasan yang luas. Mengapa? karena Anda dituntut untuk lebih sensitif akan informasi-informasi yang ada di dunia. Caranya tentu dengan banyak membaca semua berita.

Dengan membaca dan mengetahui berita yang ada, Anda akan mendapat informasi-informasi seputar bisnis, industri ataupun politik yang bisa menjadi pemicu para investor dalam membeli saham.

Baca Juga: 5 Cara Menganalisis Potensi Pasar

Maka dari itu, jangan malas membaca, ya. Percaya atau tidak, saat masuk ke dunia saham, baca berita bakalan menjadi kebutuhan untuk Anda. Secara psikologis, kamu akan terus mau tahu berita, karena ingin selalu menganalisis keadaan pasar, khususnya industri dari produk instrumen saham Anda.


2Muncul Mental Wirausaha

belajar hal yang disukai di perguruan tinggi - Mau Jadi Pribadi yang Lebih Baik? Ayo Terapkan 6 Kiat Cerdas Berikut Ini - Tidak Minat Membaca Buku yang Bermanfaat? Ini 3 Solusinya - 3 Rutinitas Bermanfaat yang Perlu Anda Lakukan di Sela Jam Bekerja

Klise memang, tapi saat Anda membeli sebuah saham perusahaan, artinya Anda adalah pemilik perusahaan tersebut. Walaupun bukan kepemilikan tapi tentu ada perasaan superior saat mengetahui bahwa Anda memiliki aset sebuah perusahaan.

Saat Anda membeli saham dari sebuah perusahaan, bisnis dari perusahaan tersebut akan memutar uang Anda.

Namanya berbisnis, tentu tak selalu mulus. Ada saatnya berada di atas dan di bawah. Bisa menjadi untung ataupun rugi. Nah, perasaan tersebut juga bakal dirasakan para investor saham.

Manfaat investasi saham, Anda jadi memiliki mental wirausaha karena merasakan sebuah capital gain (keuntungan) atau pun capital loss (kerugian)

Baca Juga: Saat Investasi Gagal, Apa yang Harus Dilakukan?

Seringkali hal ini bikin para investor spot jantung, apalagi jika sudah membeli saham tersebut dengan dana yang banyak. Ada kalanya nilai uang saham kita mengalami penurunan yang drastis. Angka persennya jadi warna merah menyala, dan portofolio bagaikan rapot dengan banyak nilai merah.

Awalnya memang bikin mental down, tetapi percayalah lambat laun Anda akan beradaptasi dengan itu.

Nah, lalu jika Anda berniat untuk terjun sebagai pengusaha, tentunya lebih siap mental dan tidak terlalu kaget saat mengalami kerugian.


3Bisa Menjadi Warisan dan Dana Pensiun

3 Manfaat Investasi Saham Buat Masa Depan Anda Selain Bisa Bikin Kaya!

Tahukah Anda? Kalau saham bisa diwariskan juga lho, selayaknya uang, rumah, emas atau properti.  Selain itu, manfaat investasi saham, lainnya adalah bisa menjadi simpanan untuk dana pensiun.

Engga percaya? Sudah terbukti, lho. Saat Steve Jobs, pendiri apel, meninggal dunia. Isterinya, Laurene Powell Jobs, menjadi perempuan terkaya karena mendapat warisan berupa saham Apple bernilai US$ 560 juta.

Hal ini pun juga berlaku lho di Indonesia, bahkan ada undang-undang yang melatarbelakanginya.

Pasal 833 KUH Perdata berbunyi, “Ahli waris dengan sendirinya karena hukum memperoleh hak milik atas segala barang, segala hak, dan segala piutang si meninggal.”

Saat seseorang khawatir akan keberlangsungan hidupnya, ia tidak perlu khawatir untuk menjual seluruh sahamnya, karena pewarisan saham yang diperdagangkan di bursa atau tidak, telah diatur oleh Undang-Undang No 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal (UUPM) Pasal 87 dan Pasal 88.

Baca Juga: 6 Tanda Anda Telah Mempersiapkan Pensiun dengan Benar

Lalu bagaimana saham bisa menjadi dana pensiun?

Anda pasti sudah tahu kalau saham yang disimpan bertahun-tahun akan menghasilkan capital gain yang signifikan. Tentunya, saat nanti tua, hal itu sangat berguna bagi Anda daripada hanya sekadar menabung dan tergerus inflasi.


4Saham untuk Mahar Perkawinan

3 Manfaat Investasi Saham Buat Masa Depan Anda Selain Bisa Bikin Kaya!

Engga percaya kalau manfaat investasi saham bisa dijadikan Mahar?  Coba aja Anda google, pasti akan keluar beritanya.

Emang sih, fenomena ini belum banyak dilakukan orang. Tetapi, bisa menjadi pertimbangan yang menarik, lho bagi Anda yang ingin menikah.

Tentunya, mas kawin berupa saham ini sangat berguna di masa depan. Sebagai salah satu produk investasi jangka panjang, instrumen ini akan terus tumbuh dengan berlalunya waktu.

Baca Juga: 7 Tips Menghemat Banyak Uang Pada Pesta Pernikahan

Benar, kan. Engga hanya membuat Anda jadi lebih kaya tetapi investasi saham juga bermanfaat membuat diri Anda lebih berkembang. Baik secara mental, pola pikir ataupun psikologis.

Tetapi, jika Anda belum siap untuk terjun ke investasi saham, jangan berkecil hati karena banyak juga jenis investasi lain seperti Reksa Dana, Obligasi, atau Peer-to-Peer Lending di KoinWorks yang sudah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan.

Dengan berinvestasi di Peer-to-Peer Lending, Anda akan menjadi seorang investor yang meminjamkan uang kepada individu atau pelaku bisnis.

Peer-to-Peer Lending sendiri adalah sebuah platform yang menghubungkan antara Pendana dan Peminjam yang ingin mewujudkan tujuan finansial mereka.

Nah, di KoinWorks, Anda tak perlu keluarkan modal awal yang besar. Cukup hanya dengan Rp100.000 atau kelipatan selanjutnya. Anda juga akan ditawarkan hasil imbal besar hingga 21,32%!

Yuk, mulai investasi sekarang! Jangan lagi menunda-nunda, karena masa depan yang lebih baik, dimulai dari apa yang Anda lakukan hari ini. Happy investing!


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.