Tips Mengembalikan Reputasi yang Buruk di Kalangan Mitra Bisnis – Bisa jadi saat ini Anda sedang kesal karena reputasi Anda yang sedang memburuk akhir-akhir ini. Reputasi memang sangat penting dalam dunia bisnis.

Anda bisa jadi sudah menyadarinya dan itulah kenapa sekarang Anda merasa kesal karena kesalahan yang Anda lakukan baik sengaja atau tidak, tentu kini telah berpengaruh pada reputasi Anda.

Baca Juga: 3 Faktor Agar Kerjasama Bisnis Sukses

Jika Anda berpikir untuk resign dan mengambil pinjaman modal untuk membuat usaha sendiri, tentu bukanlah solusi saat ini karena walaupun Anda menjadi pengusaha sukses reputasi buruk masih menempel.

Oleh sebab itu, yang Anda butuhkan adalah mengembalikan reputasi Anda agar baik kembali. Setelah itu, Anda bisa memutuskan untuk resign dan menjadi pengusaha atau tetap menjadi seperti yang Anda miliki sekarang.

Baca Juga: 4 Langkah Mewujudkan Impian dengan Berinvestasi

Coba perhatikan beberapa tips singkat berikut yang bisa memperbaiki reputasi Anda di depan mitra bisnis Anda.

Tips Mengembalikan Reputasi yang Buruk di Kalangan Mitra Bisnis

1. Mengaku Melakukan Kesalahan

Tentunya, reputasi menjadi buruk karena satu dua hal. Baik kesalahan Anda disengaja atau tidak, cara terbaik pertama adalah dengan mengakui kesalahan tersebut dan Anda tidak perlu membuat pembelaan.

Baca Juga: 7 Tips Membangun Reputasi di Kalangan Mitra Bisnis

Mengakui kesalahan adalah sifat gentlemen sekaligus meningkatkan respek orang lain terhadap Anda. Katakan bahwa Anda memang telah melakukan kesalahan dengan nada meminta maaf.

Jika hal ini tidak disengaja dan mitra bisnis sudah tahu bahwa Anda sudah melakukan rencana preventif tapi Anda tidak bisa luput dari kesalahan, maka mitra bisnis akan menerimanya.

Terkadang yang dibutuhkan mitra bisnis hanya pengakuan Anda telah melakukan kesalahan serta permintaan maaf.

Baca Juga: 7 Peluang Bisnis Menjanjikan di Bulan Ramadhan yang Bisa Anda Coba

Jika begitu, lakukanlah dan tidak perlu untuk merasa malu. Sifat gentlemen seperti mengakui salah dan meminta maaf adalah sikap professional Anda yang harus ditunjukkan.


2. Bangun percaya diri Anda

Percaya diri adalah poin kedua setelah Anda mengakui kesalahan. Bisa jadi, reputasi yang sudah Anda miliki telah membuat kepercayaan diri juga hilang. Jika demikian, maka Anda harus mencari cara agar rasa percaya diri Anda kembali hidup.

Baca Juga: Ayo, Berhemat di Bulan Puasa dengan Memangkas 4 Pengeluaran Sehari-hari Ini

Lakukan hal yang Anda sukai diluar jam kantor seperti berolahraga. Belajar untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan juga cara yang baik untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda. Lakukan dengan baik agar Anda menjadi pribadi lebih baik lagi.


3. Tetap Profesional

Ya, resiko kehilangan kerja mungkin tidak ada hanya saja image tentang Anda yang kini telah berubah. Akui kesalahan kemudian buatlah rencana dengan baik untuk menutup kesalahan tersebut serta berikan solusi agar masalah tertentu bisa diselesaikan.

Baca Juga: 4 Peluang Bisnis yang Menghasilkan Banyak Uang di Hari Kartini

Anda harus tetap berkepala dingin. Anda tidak dibernarkan jika mencari kambing hitam dari masalah yang Anda hadapi dimana masalah itu yang telah merusak citra atau reputasi Anda.

Bersikaplah professional. Lakukan dan selesaikan apa yang menjadi tanggungjawab Anda di tempat kerja.


4. Tidak Mengulangi Kesalahan yang Sama

Ini sikap penting yang harus Anda lakukan. Jangan mengulangi kesalahan yang sama. Maka, buatlah rencana untuk Anda jalankan agar tetap fokus pada pekerjaan yang sudah menjadi tanggungjawab Anda.

Baca Juga: Para Pebisnis Wanita Bisa Lebih Sukses Jika Memiliki 5 Sifat Kartini Berikut Ini

Hindari hal-hal yang akan menjatuhkan reputasi Anda. Kesalahan yang sama tidak diperkenankan untuk diulangi atau sesuatu yang lebih buruk akan terjadi kembali.

Yakinkan mitra bisnis bahwa Anda tidak akan mengulanginya dengan ikut andil di forum diskusi serta memberikan solusi.


5. Bangun Reputasi Baik Anda Kembali

Membangun reputasi baik adalah kunci dari semua poin di sini. Artinya, setelah melakukan poin-poin di atas, selanjutnya Anda akan membangun reputasi Anda kembali dengan berbagai hal dimulai dari datang lebih pagi, menyelesaikan tugas dengan baik dan benar, menuai prestasi dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pasti Untung! Ini 5 Tahap Meningkatkan Penjualan Bisnis di Bulan Ramadhan

Saat reputasi Anda kembali baik, maka tidak akan ada seorangpun yang akan mengingat reputasi buruk Anda karena reputasi yang baiklah yang saat itu Anda miliki.

Selain beberapa poin di atas, sebenarnya masih ada beberapa poin yang bisa Anda terapkan dimulai dengan mengganti penampilan Anda agar terlihat lebih segar, lebih bersih, rapi serta terlihat lebih berwibawa.

Dengan demikian, Anda akan datang ke kantor dengan rasa penuh antusiasme yang tinggi. Anda tidak akan berpikir mencari pinjaman modal untuk membangun usaha jika reputasi Anda sudah kembali positif.

Baca Juga: Muhammad Sadad: Bisnis Rugi Puluhan Juta Hingga Raup Omzet Miliaran Lewat Erigo Store

Yang Anda butuhkan adalah terus menjaga image atau reputasi tersebut dengan meningkatkan kinerja.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.