Ini Dia Tips Investasi Ala Lo Kheng Hong yang Bisa Bikin Untung! – Bagi Anda yang sudah terjun ke dunia investasi, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Lo Kheng Hong, orang yang sering disebut Warren Buffet-nya Indonesia.

Lo Kheng Hong lahir di Jakarta pada 20 Februari 1959. Ia adalah seorang investor yang sukses mencapai kebebasan finansial hanya dengan berinvestasi saham.

Selama perjalanannya berinvestasi, ia lebih memilih menjadi investor jangka panjang daripada jangka pendek.

Baca Juga: Jangan Boros, Terapkan 5 Tips Investasi untuk Anak Muda Ini!

Sebelum Lo Kheng Hong atau biasa disebut LKH terjun ke dunia investasi, awalnya ia adalah seorang pegawai. Ia baru memulai investasinya pada usia 30an.

Saat menjalani statusnya sebagai karyawan, LKH selalu tekun belajar bagaimana caranya berinvestasi yang baik dan benar. Kabarnya, kekayaan LKH sampai saat ini sudah mencapai triliunan rupiah.

Nah, jika Anda ingin mengikuti jejak sukses LKH, yuk ikuti tips investasinya berikut ini!


Ini Dia Tips Investasi Ala Lo Kheng Hong yang Bisa Bikin Untung!

1Tidak Ada Kata Terlambat untuk Berinvestasi

investor-perempuan-bersabar-sabar - belajar self-love - tips investasi untuk anak muda

Jangan pernah memikirkan usia ketika Anda ingin memulai sesuatu, termasuk berinvestasi.

Terkadang, pengalaman hidup malah bisa memberikan pelajaran penting yang bisa kita ambil sebagai langkah dan membuat strategi investasi yang baik.


2Pilih Perusahaan dengan ROE Tinggi

bermain saham - investasi saham untuk PNS - jenis-jenis reksa dana

ROE (Return of Equity) adalah istilah yang digunakan untuk mengukur return yang diperoleh oleh suatu perusahaan dari total equitas yang digunakan.

Semakin tinggi nilai ROE, maka kinerja perusahaan bisa dikatakan semakin bagus karena nilai profitabilitasnya tinggi.


3Perhatikan Tata Kelola Perusahaan

mengelola arus kas bisnis - cashflow bisnis -arus kas perusahaan - koinworks

Hal yang harus diperhatikan berikutnya adalah tata kelola perusahaan. Baik buruknya sebuah tata kelola perusahaan akan terlihat dari laporan keuangan dan harga saham perusahaan itu sendiri.

Baca Juga: Pahami 4 Tips Investasi untuk PNS ini Agar Bisa Cuan!

Jika laporan keuangan baik dan harga sahamnya tinggi, maka dapat dipastikan kalau perusahaan tersebut pasti memiliki tata kelola yang baik. Begitu pun sebaliknya.

Selain itu, tata kelola perusahaan juga sangat menentukan kinerja perusahaan di masa mendatang. Apalagi di dalam dunia investasi, dimana naik turun harga sahamnya tidak dapat diprediksi.


4Membandingkan dengan Perusahaan Kompetitor

meneliti investasi-Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan-5 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Dari Gaji ’15 Koma’ - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini! - tips investasi untuk anak muda - kegagalan bisnis - cara mengatur keuangan-menabung- 5 Cara Cerdas Mengatur Finansial untuk Freelancer

Nilai pasar suatu saham dan jumlah keuntungan yang diperoleh oleh seorang investor bisa dilihat dari PBV (prive per book value) dan PER (price earning ratio).

Kedua elemen ini dapat Anda jadikan sebagai alat ukur harga saham perusahaan, apakah saham tersebut overvalued atau undervalued.

Nah, untuk investasi jangka panjang, pilihlah perusahaan yang undervalued. Tapi perlu diingat bahwa keputusan ini membutuhkan analisis lanjutan untuk memastikan bahwa harga tersebut akan naik di kemudian hari.


5Kondisi Finansial Harus Mendukung

investasi-uang-5 Usaha Sampingan Tanpa Modal untuk Guru - stratgei investasi untuk ibu rumah tangga - strategi bisnis hewan kurban - cara membeli mobil

Sebenarnya dengan modal Rp100.000 saja, Anda sudah bisa membeli satu atau dua lot saham. Tapi, tentu saja keuntungan yang didapat sangat kecil, bahkan untuk membeli lot saham yang baru pun saja tidak bisa.

Maka dari itu, Lo Kheng Hong sangat menyarankan para investor untuk mempunyai kondisi finansial yang mendukung. Jangan pernah memakai uang orang lain atau pinjaman.


6Disiplin, Sabar, dan Fokus

tips investasi untuk PNS - Disiplin - Konsisten

Instrumen investasi saat ini sangat beragam, mulai dari saham, obligasi, reksadana, deposito, emas, valuta asing, hingga P2P Lending seperti KoinWorks.

Sistem berkonsep marketplace online yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK ini menyediakan wadah sebagai tempat pertemuan antara Pendana dan Peminjam.

Anda sebagai seorang Pendana bisa memberikan pinjaman kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Setiap bulannya, peminjam akan mencicil pinjamannya dan Anda akan mendapatkan pengembalian berupa pokok dan bunga.

Untuk keuntungannya, KoinWorks menawarkan imbal hasil hingga 21,32%. Selain itu, Anda dapat langsung memulai pendanaan hanya dengan Rp100.000 saja. Tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: Belum Pernah dan Ingin Mulai Berinvestasi? Ini 5 Tips Investasi untuk Pemula

Lo Kheng Hong memang hanya fokus pada satu instrumen investasi saja, tepatnya pada saham. Tapi, apapun instrumen yang Anda pilih kuncinya adalah disiplin, sabar, dan fokus. Karena memperoleh keberhasilan dalam berinvestasi tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini membutuhkan proses yang sangat panjang agar keuntungan yang Anda dapatkan bisa maksimal.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mulai berinvestasi agar bisa sukses di kemudian hari seperti Lo Kheng Hong, Warren Buffet-nya Indonesia.

Selamat mencoba ya!


Artikel lainnya:


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.