5 Cara Kreatif Memanfaatkan Pakaian Bekas – Sebagian besar orang pasti memiliki pakaian lama yang sudah tidak dipakai karena ukuran yang berbeda atau karena sudah tidak layak pakai.

Saat hal ini terjadi, Anda pasti berpikir untuk membuang pakaian tersebut dan tidak berencana untuk melakukan apapun terhadap pakaian bekas.

Berpikirlah secara kreatif, Anda bisa membuat pakaian tersebut menjadi menarik dan bermanfaat. Berikut ini 5 cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan pakaian bekas. Siapa tahu bisa jadi uang!


5 Cara Kreatif Memanfaatkan Pakaian Bekas

1Menggunakan Kaos Lama untuk Membuat Bantal

5 Cara Kreatif Mengubah Pakaian Bekas Jadi Hal yang Bermanfaat

Kaos lama sebagian besar terbuat dari katun yang sangat lembut dan bisa dimanfaatkan sebagai sarung bantal.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah memotong lengan baju, isi dengan isian bantal, dan jahit bagian bawahnya. Ada banyak sekali isian bantal yang tersedia secara online dan bisa Anda beli.


2Membuat Pakaian untuk Hewan Peliharaan

5 Cara Kreatif Mengubah Pakaian Bekas Jadi Hal yang Bermanfaat

Jins yang telah lama mungkin saja tidak lagi cocok untuk Anda gunakan, tetapi pakaian tersebut mungkin saja lucu untuk digunakan oleh hewan peliharaan. Manfaatkan keahlian menjahit untuk membuat celana anjing atau membuat pakaian untuk kucing peliharaan.


3Membuat Bandana Atau Ikat Kepala

5 Cara Kreatif Mengubah Pakaian Bekas Jadi Hal yang Bermanfaat

Bandana atau ikat kepala adalah aksesoris yang sangat mudah dibuat dengan menggunakan pakaian bekas.

Hal yang perlu dilakukan adalah memotong pakaian bekas menjadi potongan panjang agar bisa diikat di kepala.

Bandana tersebut bisa digunakan saat akan pergi keluar atau saat akan pergi berolahraga. Bandana memiliki manfaat agar rambut Anda tidak berantakan saat berolahraga atau saat melakukan aktivitas yang kain.


4Tidak Ada Salahnya untuk Menjualnya

Cara Cerdas Menghemat Anggaran Belanja Pakaian

Jika pakaian bekas tersebut masih sangat layak untuk dipakai, maka tidak ada salahnya untuk menjualnya.

Baca juga: 5 Cara Membeli Mobil Sendiri Meski Gaji Hanya 4 Jutaan!

Masih banyak sekali orang yang bersedia untuk membeli pakaian bekas dengan harga yang terjangkau. Apalagi jika pakaian tersebut masih layak dipakai dan berasal dari brand yang terkenal.


5Menyumbangkan Pakaian Bekas Kepada Mereka yang Membutuhkan

preloved-barang bekas-beli-belanja

Tidak semua orang bisa membeli pakaian baru, banyak diantara kita masih sangat membutuhkan bantuan dari orang lain. Jika Anda memiliki pakaian yang masih sangat layak untuk dipakai, sebaiknya sumbangkan pakaian tersebut kepada mereka yang membutuhkan.

Atau saat sedang terjadi bencana di suatu tempat, Anda bisa mengirimkan pakaian bekas layak pakai untuk para korban bencana. Memberikan sebagian rezeki kepada orang lain dan membantu mereka yang membutuhkan adalah salah satu perasaan yang luar biasa.

Dengan melakukan 5 cara kreatif di atas, Anda telah bisa memanfaatkan pakaian bekas untuk bisa digunakan kembali.

Itu artinya, Anda tidak perlu lagi membeli pakaian baru untuk hewan peliharaan, tidak perlu membeli sarung bantal baru, dan juga tidak perlu membeli bandana. Dengan demikian, pengeluaran Anda bisa dihemat dan uangnya bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain yang jauh lebih bermanfaat.

Misalnya saja, uang yang pada awalnya digunakan untuk membeli pakaian kucing bisa digunakan untuk berinvestasi. Berinvestasi tidak harus dimulai dengan dana yang besar, sebab melalui KoinWorks investasi bisa dimulai dengan dana Rp100.000 saja.

Belum lagi Anda berpotensi untuk mendapatkan imbal hasil yang sangat tinggi mencapai 21,32% per tahun.

Dengan berinvestasi, Anda bisa memenuhi berbagai kebutuhan di masa depan dengan mudah, misalnya saja untuk memenuhi dana liburan, dana pendidikan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Mau Tampil Maksimal Tanpa Biaya Mahal? Ini Triknya!

Tidak hanya itu saja manfaat yang bisa dirasakan, saat berinvestasi di KoinWorks secara tidak langsung Anda ikut membantu perekonomian Indonesia semakin berkembang. Hal ini bisa terjadi karena dana yang diinvestasikan melalui KoinWorks akan dimanfaatkan untuk pelaku UMKM mengembangkan usahanya.

Investasi yang sangat menarik bukan?

Daripada uang yang dimiliki hanya Anda habiskan untuk hal yang tidak bermanfaat dan habis pakai, lebih baik digunakan untuk berinvestasi di KoinWorks.

Demikianlah 5 cara kreatif yang bisa dilakukan dengan pakaian bekas. Jangan langsung membuang pakaian bekas, sebab 5 hal di atas bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan pakaian bekas. Semoga pembahasan di atas bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda yang telah membacanya.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.