Home » Blog » Investasi & Keuangan Pribadi » Prediksi Harga Emas 2022 dan Tips Investasinya

Prediksi Harga Emas 2022 dan Tips Investasinya

·
4 menit
Ilustrasi emas

Prediksi Harga Emas 2022 dan Tips Investasinya – Emas merupakan logam mulia yang paling banyak diminati oleh masyarakat, bukan hanya untuk digunakan sebagai perhiasan tapi juga untuk investasi.

Emas dikatakan sebagai salah satu instrumen investasi yang aman karena meskipun harga emas tergolong fluktuatif namun harga emas tidak pernah jatuh terlalu jauh, berbeda dengan instrumen investasi lain seperti saham yang pergerakan ahrganya sangat fluktuatif sehingga kerap kali membuat invetor harus sempat mengalami kerugian.

Bahkan, di tengah pandemi yang melanda dunia hingga tahun ini harga emas terbilang cukup stabil dan sempat mengalami kenaikan yang signifikan di awal tahun 2021.


Pergerakan Emas tahun 2021

Pada awal Januari 2021 harga emas berada di angka Rp. 969.000 / gram.

Angka ini mengalami peningkatan yang signifikan jika dibandingkan langsung dengan harga pembukaan di awal tahun 2020 yang berada di angka Rp. 771.000 per gram.

Setelah itu, tanpa harus menunggu hingga memasuki minggu kedua, harga emas kembali naik ke angka Rp. 981.000 tepat pada tanggal 6 januari 2021.

Performa positif di awal tahun 2021 berhasil meyakinkan masyarakat bahwa performa emas akan kian gemilang hingga akhir tahun.

Namun, seperti yang kita ketahui bersama bahwa harga emas dipengaruhi oleh banyak faktor sehingga pada akhir maret 2021 harga emas mengalami penurunan ke level Rp. 903.000 per gram.

Di bulan berikutnya harga emas terus mengalami perubahan harga naik turun sampai di puncak kenaikan harga di pertengahan november 2021 hingga menyentuh angka Rp. 956.000.

Memasuki bulan desember, harga emas kembali turun ke angka Rp. 925.000 per gram dan terus mengalami perubahan hingga tanggal 24 desember 2021 berada di angka Rp. 933.000 per gram

Harga Emas

Sumber: hargaemas.com


Prediksi Harga Emas 2022

Dilansir dari Kontan.co.id, Wahyu Tribowo Laksono yang merupakan Analis Central Capital Futures memperkirakan bahwa harga logam mulia di tahun 2022 akan berada di level Rp. 1.000.000 per gram.

Sedangkan untuk emas fisik diperkirakan akan berada di posisi Rp. 1.100.000 hingga Rp. 1.200.000 per gram di tahun 2022.

Analisis lainnya terkait harga emas dunia datang dari BMO Capital Markets yang memperkirakan harga emas akan berada di kisaran USD 1.700 – USD 1.800 per troy ons di sepanjang tahun 2022.

Sedangkan Trading Economics, memperkirakan harga emas rata-rata akan berada di level USD 1.963 per troy ons.

Prediksi harga emas kali ini bisa dikatakan cukup variatif mengingat keadaan ekonomi dunia sedang dalam masa pemulihan.

Para analis juga menyebutkan bahwa prediksi harga emas kemungkinan akan berfluktuasi secara signifikan sehubungan dengan pergolakan kondisi ekonomi.


Tips Investasi Emas

Meskipun harga emas cenderung stabil, tapia da beberapa hal yang kamu harus perhatikan ketika ingin berinvestasi emas agar investasimu semakin aman dan menguntungkan:

  • Tentukan Tujuan

Emas merupakan instrument investasi yang cocok untuk jangka panjang, oleh karena itu apabila kamu ingin berinvestasi jangka pendek mungkin emas bukan menjadi pilihan yang tepat.

Investasi emas sangat cocok jika ditujukan untuk dana pensiun, karena apabila bicara dana pensiun mungkin kamu masih memiliki setidaknya 20 tahun sebelum masa pensiun kamu.

Jika diakumulasikan, dalam jangka waktu 20 tahun keuntungan yang akan kamu dapatkan dari emas bisa dikatakan sangat besar, hal ini tentunya berkaitan dengan perubahan harga dari emas itu sendiri dan juga efek compounding.


  • Pantau Harga Secara Berkala

Meskipun tergolong aman tapi bukan berarti kamu tidak memantau pergerakan harga emas.

Lagipula, di zaman sekarang mengecek pergerakan harga emas bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan karena kamu bisa saja mengecek melalui smartphonemu.

Untuk meningkatkan keuntungan dari investasi emas, kamu bisa membeli emas ketika harganya sedang turun dan menjual kembali ketika harga sedang naik.

Dengan mengecek harga secara berkala, secara tidak langsung kamu akan memiliki kemampuan prediksi harga mingguan.


  • Pastikan Keaslian Emas

Tingginya permintaan emas terkadang membuka peluang bagi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk membuat emas palsu.

Oleh karena itu, pastikan selalu membeli emas di tempat yang terpercaya dan juga pantau pergerakan harga emas supaya kamu mengetahui perkiraan harga emas yang akan kamu beli.

Ingat! Jangan tergiur harga murah, karena emas asli tidak akan dibanderol jauh dari harga pasaran yang ada di masyarakat.


  • Tentukan Jumlah

Investasi erat kaitannya dengan komitmen, apalagi jika kamu ingin investasi untuk dana pensiun.

Jadi, ada baiknya kamu tetapkan jumlah minimal investasi emas kamu tiap bulannya.

Misalnya saja, dalam sebulan kamu harus sisihkan pendapatan untuk menabung emas minimal 1 gram.

Jika hal ini dilakukan secara konsisten, maka dalam satu tahun kamu sudah mempunyai tabungan pensiun sebanyak 12 gram.

Jika 1 gram seharga 1 juta saja, pada akhir tahun kamu sudah punya 12 juta, kan!


Mulai Investasi Emas

Melihat prediksi harga emas yang kian meningkat, maka memutuskan untuk segera berinvestasi emas adalah keputusan yang bijak.

Saat ini untuk memulai investasi emas kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang langsung banyak, karena sekarang sudah ada investasi emas digital.


KoinGold dari KoinWorks

KoinWorks merupakan sebuah platform yang memungkinkan kamu untuk melakukan jual-beli emas digital dengan sistem online yang mudah, dan nominal pembeliannya mulai dari Rp. 1000.

Melalui KoinGold, kamu bisa melakukan transaksi jual-beli emas dengan harga yang menarik sesuai keinginan, cepat dan tanpa ribet.


Keunggulan KoinGold

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh KoinGold, diantaranya :

  • Anti Ribet

KoinGold akan memaksimalkan transaksi jual-beli emasmu di mana saja dan kapan saja, karena semua prosesnya dilakukan melalui sistem online.

  • Mudah dan Menguntungkan

Dapatkan kesempatan untuk jual-beli emas dengan harga yang menarik dan juga tanpa dipotong biaya administrasi.

  • Sistem Real-Time

Seluruh transaksi yang kamu lakukan akan langsung terupdate di aplikasi KoinWorks, jadi kamu bisa mengecek seluruh informasi saat itu juga atau Real-Time

  • Mulai dengan Nominal Kecil

Kamu bisa memulai transaksimu hanya dengan Rp. 1000

  • Fitur Subscription

Melalui fitur subscription kamu bisa melakukan pembelian emas sesuai dengan jangka waktu yang kamu inginkan secara otomatis.

  • Fitur Auto Buy – Auto Sell

Melalui fitur Auto Buy dan Auto Sell kamu bisa melakukan jual-beli emas tanpa ribet hanya dengan satu kali klik saja.


Keamanan KoinGold

KoinWorks Super Finansial App telah tercatat sebagai penyelenggara Inovasi Keuangan Digital (IKD) dalam klister Aggregator di Otoritas Jasa Keungan (OJK) dengan nomor surat pencatatan No. S-87/MS.72/2020 tanggal 10 Februari 2020.

Yuk, investasi emas bersama KoinWorks sekarang!

Simulasi Pendanaan KoinWorks
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
Ketahui profil risiko investasi Anda
Profil Risiko

Berdasarkan hasil profiling kami, maka risiko investasi yang cocok untuk Anda adalah dengan imbal hasil hingga .

Jumlah dan Jangka Waktu Investasi

Masukkan jumlah dan jangka waktu pendanaan untuk mensimulasikan diversifikasi dan imbal hasil yang akan kamu dapat.

Rp ,00
Rp ,00
Perkenalkan diri Anda

Kami akan memberikan informasi mengenai promo KoinWorks setiap bulannya ke email Anda.

+62
Rekomendasi Diversifikasi

Dengan modal awal Rp dan tambahan Rp tiap bulan, maka rekomendasi diversifikasimu adalah sebagai berikut:

Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:

Dengan imbal hasil sebesar per tahun, setelah tahun maka perkiraan pengembalian uangmu adalah sebagai berikut

Rp,-

Mulai Mendanai

Mulai lakukan pendanaan di aplikasi KoinWorks sekarang dan dapatkan gratis KOIN (dana percobaan) sebesar Rp350.000,- untuk Anda gunakan di KoinP2P

Install Aplikasi KoinWorks
Gina Valerina
Beware of little expenses, a small leak will sink a great ship - Benjamin Franklin

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​